Cita Rasa Kuliner Makassar

photo 1

Selain dikenal dengan wisata pantainya yang indah, Makassar juga terkenal dengan kulinernya yang beraneka macam, mulai dari seafood hingga kue tradisional. Meskipun telah banyak restoran khas Makassar di Jakarta, tapi tentu sensasi menikmati hidangan di kota aslinya akan berbeda.

Berikut adalah beberapa restoran yang wajib dikunjungi saat fellow traveler berkunjung ke Makassar. Jadi siapkan perut kamu untuk menampung hidangan Makassar yang enak-enak ya!

  • Coto Makassar Tinggi Mae
coto-makassar

Coto Makassar merupakan salah satu makanan yang wajib dinikmati saat berkunjung ke Makassar (Foto: Fakhrah Punya Cerita)

Terletak di Jalan Gunung Tinggi Mae, warung coto ini memang tidak seterkenal warung coto lainnya. Tapi soal rasa, Coto Tinggi Mae boleh diadu. Campuran daging, kuah rempah yang khas, dengan pelengkap ketupat membuat rasanya semakin gurih dan lezat. Rasanya satu mangkok tidak akan cukup! Tenang saja, harga semangkuk Coto Tinggi Mae cukup terjangkau kok, yaitu sekitar Rp 13.000 sementara ketupatnya dihargai Rp 1.000 per buah. Murah kan? Kalau fellow traveler ingin mencicipi Coto Tinggi Mae ini, lebih baik datang saat pagi atau siang hari ya. Soalnya Coto Tinggi Mae ini cepet banget habisnya!

  •  Nyuk Nyang Pantai Indah
photo 1

Nyuk Nyang dan Pallubutung, dua kuliner khas Makassar

Nyuk nyang merupakan sejenis bakso, namun memiliki cita rasa yang berbeda. Kuah nyuk nyang lebih bening dibandingkan dengan bakso. Bakso di nyuk nyang juga memiliki bentuk kotak. Makan nyuk nyang rasanya tidak lengkap tanpa kehadiran buras, kudapan sejenis lontong yang terbuat dari beras dan santan. Selain buras, nyuk nyang juga dilengkapi dengan pangsit goreng.  Nah kalau fellow traveler ingin mencicipi nyuk nyang, silahkan mampir ke Restoran Pantai Indah yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 8 Makassar. Lokasinya sangat strategis, yaitu di sekitar Pantai Losari. Jadi fellow traveler bisa menikmati nyuk nyang dan pantai sekaligus deh!

  • Ayam Goreng Sulawesi
3163156_20130312035804

Ayam goreng sulawesi disajikan dengan sambal khas nerupakan salah satu makanan khas Makassar (Foto: Kaskus)

Ngapain jauh-jauh ke Makassar tapi makan ayam? Harusnya makan seafood dong! Eittss, jangan salah dulu, ayam goreng yang disajikan di Restoran Ayam Goreng Sulawesi ini tentu  berbeda dengan ayam goreng lainnya. Olahan ayam kampung yang digoreng dengan bumbu khas dan disajikan lengkap dengan sambal membuat nafsu makan bertambah. Selain ayam goreng, restoran Ayam Goreng Sulawesi juga menyajikan berbagai olahan seafood segar yang diambil dari nelayan lokal.  Restoran yang berlokasi di Jalan Pattimura No. 2 Makassar ini pun cukup besar. Pas untuk fellow traveler yang ingin makan-makan dengan keluarga besar

  • Sop Konro Karebosi
photo 2

Konro Bakar disajikan dengan kuah kaldu nan lezat

 Belum ke Makassar namanya kalau belum mencicipi sop konro! Salah satu restoran konro yang paling terkenal adalah Sop Konro Karebosi yang terletak di Jalan Gunung Lompobattang. Nama Sop Konro Karebosi sendiri diambil karena letak restorannya tidak jauh dari Lapangan Karebosi yang menjadi kebangaan kota Anging Mamiri ini. Sop konro sendiri terbuat dari iga sapi yang dicampur dengan kuah kaldu sapi dan beragam rempah-rempah. Selain sop konro, pastikan juga fellow traveler mencicipi konro bakar, yaitu iga sapi yang dibakar dengan bumbu kacang khas. Harga sop konro sendiri berkisar antara Rp 35.000 per porsi, sedangkan untuk konro bakar dipatok seharga Rp 38.000 per porsi.

  • Mie Titi
DSC00761

Meski mirip dengan Ifumie, tapi mie titi memiliki cita rasa yang khas (Foto: dailyStory)

Mie Titi merupakan mie khas Makassar yang terbuat dari mie kering dan disiram dengan kuah kental dengan campuran telur, ayam, bakso, sayur, dan ragam seafood seperti cumi dan udang. Penampilan mie titi memang sekilas mirip dengan ifumie, salah satu makanan khas China. Hal itu dikarenan mie titi memang resep yang diturunkan oleh seorang keturunan Tionghoa yang tinggal di Makassar. Restoran Mie Titi sendiri sudah memiliki banyak cabang, antara lain di Jalan Irian, Jalan Panakukkang, Komplek BTP dan masih banyak lagi. Untuk menikmati sepiring mie titi, fellow traveler harus merogoh kocek sebesar Rp 15.000 untuk ukuran besar dan Rp 14.000 untuk ukuran kecil. Rasa renyah mie titi pasti akan terkenang di lidah fellow traveler deh!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s