Serunya Cave Tubing di Gua Pindul

DSC_0119 - Copy

Yogyakarta ternyata juga memiliki gua bawah tanah, tepatnya di Desa Beji, Kecamatan Karang Mojo, Kabupaten Gunung Kidul. Gua yang bernama Gua Pindul itu kini telah menjadi salah satu tempat tujuan wisata utama di Yogyakarta. Untuk sampai di Gua Pindul, fellow traveler harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta.

Di Gua Pindul, fellow traveler bisa menyusuri sungai yang berada di dalam gua dengan menggunakan ban atau yang biasa disebut dengan cave tubing. Gua Pindul sendiri memiliki panjang 350 meter dan terbagi menjadi 3 zona, yaitu zona terang, zona remang-remang, dan zona gelap abadi. Di dalam gua, pengunjung akan disajikan dengan berbagai macam bentuk stalagtit dan stalagmit.

DSC_0070 - Copy

Terpesona dengan keindahan stalagtit di Gua Pindul

Selain itu, terdapat berbagai macam mitos yang ada di Gua Pindul. Misalnya saja ada stalagtit yang dinamakan batu perkasa karena berbentuk seperti kelamin laki-laki. Mitosnya, pria yang memegang batu tersebut akan semakin perkasa. Ada juga mitos air mutiara yang jika menetes dan mengenai wajah wanita, maka ia akan semakin awet muda.

Kedalaman air sungai di Gua Pindul sendiri beragam, mulai dari 2 meter hingga 13 meter. Tapi tenang saja, petualangan fellow traveler di Gua Pindul dijamin aman karena disediakan life jacket dan pemandu profesional yang akan menjaga sekaligus menjelaskan mengenai keindahan Gua Pindul.

Di penghujung gua, fellow traveler bisa menguji adrenalin dengan cara melompat dari batu ke air dengan kedalaman sekitar 12 meter. Tenang saja, aman kok. Yang penting tahu lokasi mana yang bisa untuk melompat atau tidak, karena jika salah lompat, kalian bisa saja terbentur bebatuan.

DSC_0145 - Copy

Menguji adrenalin dengan melompat ke air

Untuk dapat menikmati petualangan di Gua Pindul, dikenakan tarif seharga Rp 35.000 per orang. Paket tersebut pun sudah termasuk dengan helm, ban pelampung, life jacket, sepatu karet, dan wedang jahe yang bisa dinikmati sebelum atau sesudah melakukan cave tubing. Cukup murah kan untuk pengalaman yang tak terlupakan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s