Jangan Remehkan Georgia!

Awalnya, aku tidak pernah bermimpi untuk mengunjungi Georgia. aku tidak benar-benar menyadari tentang negara ini sampai akhirnya aku tinggal di Istanbul. Sejak aku tinggal di Turki, yang secara geografis berbatasan dengan Georgia, sehingga minat untuk mengunjungi negara itu muncul. Georgia sendiri dapat dicapai dari Istanbul dengan perjalanan bus 24 jam. Tapi rasanya, aku tidak tahan dengan perjalanan darat selama24 jam, Untung saja aku masih memiliki opsi promo tiket pesawat.

Singkat cerita, aku mengunjungi Georgia bersama orang tuaku musim panas ini. Mereka bersikeras untuk pergi ke sana dan negara-negara Asia Tengah lainnya. Sejujurnya, aku tidak senang dengan perjalanan ini pada awalnya. Bagiku, Eropa Timur atau Barat lebih menggoda daripada Kaukasus. Namun, Anda tidak akan pernah tahu jika Anda tidak pernah mencoba. Jadi akupun memutuskan untuk mencobanya.

Untuk pemegang paspor Indonesia, Anda harus mengajukan permohonan e-visa dari situs web mereka. Harganya 20 USD + 2% biaya layanan. Anda hanya perlu mengunggah file Anda di situs web mereka, membayar biayanya, dan menunggu sekitar 5 hari kerja. Aku mengambil penerbangan dari Istanbul ke Tbilisi dengan Pegasus Air dan perjalanan itu sekitar dua jam, langsung. Rencana pertama aku adalah pergi ke Trabzon dan melanjutkan perjalanan darat dari sana. Tetapi aku mendengar petugas imigrasi di perbatasan cukup ketat. Aku membaca di banyak blog bahwa cukup menghabiskan 3 malam di Tbilisi untuk pemula. Aku juga tidak membuat rencana perjalanan, seperti yang biasa aku lakukan .

Hari 1: Berjalan Malam di Marjanishvili Square & Freedom Square

Kami tiba di apartemen sekitar jam 5 sore dan kami tidak punya banyak energi untuk pergi ke suatu tempat yang jauh. Apartemen kami terletak di dekat Marjanishvili Square. Itu hanya alun-alun khas Eropa yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan tua. Aku hanya mengambil beberapa foto di sana, lalu kami memutuskan untuk pergi ke Freedom Square dengan metro. Metro Georgia benar-benar mengingatkan aku pada metro Moskow, karena sangat mirip, mulai dari arsitektur, tanda, hingga kereta yang mereka gunakan.

Freedom Square hanya berjarak satu stasiun dari Marjanishvili. Nama Freedom Square digunakan setelah runtuhnya Kekaisaran Rusia dan ketika Georgia menjadi republik, kembali pada tahun 1918. Lapangan itu dikelilingi oleh bangunan-bangunan penting di negara itu, seperti Balai Kota Tbilisi, bekas kantor pusat Bank of Georgia, JW Marriot Tbilisi , dan kantor pemerintah daerah lainnya. Di tengah alun-alun, Anda akan melihat Patung St. George, yang didedikasikan untuk kebebasan dan kemerdekaan Georgia.

Selama perjalanan di Freedom Square, ada beberapa musisi jalanan. Saksofon, gitar akustik, dan suara yang luar biasa membuat malam itu benar benar meriah. Aku hanya menghabiskan waktu duduk di bangku, mendengarkan musisi jalanan, dan menikmati suasana malam Eropa. Pada malam pertama aku di Tbilisi, aku pikir Georgia tidak buruk sama sekali.

Hari 2: Menjelajahi Pegunungan Kaukasus di Kazbegi

Bahkan jika Anda hanya memiliki beberapa hari di Tbilisi, Anda benar-benar harus pergi ke Kazbegi, karena Anda tidak akan menyesal! Kazbegi adalah sebuah daerah di Pegunungan Kaukasus dan dinamai demikian lantaran terdapat gunung terbesar di sana, yakni Gunung Kazbeg. Nama lain untuk area Kazbegi adalah Stepantsminda. Daerah itu terletak di timur laut Georgia dan dibutuhkan tiga jam dari Tbilisi. Tapi perjalanannya sama sekali tidak membosankan, karena pemandangan di sepanjang jalan sangat mencengangkan!

Untuk sampai ke Kazbegi, aku menyewa mobil dengan sopir. Tuan rumah apartemen aku merekomendasikan pengemudi ini dan biayanya 200 Lari  atau sekitar $69 US untuk sewa (termasuk semuanya). Anda juga dapat naik taksi atau bus antar-jemput dari luar stasiun metro Didube untuk pilihan yang lebih murah.

Jadi, kami berkendara di sepanjang Jalan Militer Georgia, yang menghubungkan Georgia dan Rusia. Dan aku harus mengatakan bahwa pemandangannya sangat indah! aku pikir itu adalah perjalanan darat paling indah yang pernah aku lakukan. Selama perjalanan, Anda dapat berhenti lalu mengambil beberapa foto. Pemberhentian pertama adalah Waduk Zhinvali, waduk air buatan yang terletak di sungai Aragvi. Ya, itu buatan, tetapi permukaan airnya berwarna pirus sempurna. Tidak banyak yang bisa dilakukan di sini, karena kami baru saja menepi ke pinggir jalan. Jika Anda ingin berbelanja oleh-oleh, Anda dapat menemukan satu atau dua kios yang menjual cenderamata khas Georgia. Tapi aku jamin Anda akan memiliki foto yang luar biasa di sini!

Perhentian kedua adalah Kompleks Kastil Ananuri. Ketika aku membaca, kastil adalah rumah bagi dinasti feodal Aragvi selama abad ke-18 dan merupakan saksi dari banyak pertempuran di Georgia. Di dalam kompleks, Anda juga dapat menemukan dua gereja, Gereja Perawan dan Gereja Maria Diangkat ke Surga (Ghvtismshobeli). Pemandangan dari tempat parkir sangat cantik, tetapi begitu Anda masuk ke dalam kompleks, Anda akan menemukan lebih banyak tempat menarik untuk berfoto ria.

Berikutnya adalah monumen persahabatan Georgia – Rusia. Monumen berbentuk silinder dibangun oleh pemerintah Uni Soviet untuk memperingati 200 tahun Threaty of Georgievs. Monumen itu sendiri menghadap ke Lembah Iblis dan Gunung Kaukasus dan menggantung di tebing 600 meter. Itu terlalu indah, bahkan saya melihat pasangan menikah di tepi tebing. Di sini, Anda dapat menemukan banyak penduduk setempat yang menjual suvenir dan makanan ringan, juga menawarkan Anda pengalaman paralayang. Saya tergoda untuk mencoba, tetapi saya tidak punya banyak waktu di sana dan saya percaya orang tua saya tidak akan mengizinkan saya.

Dan perhentian terakhir dari perjalanan kami di Kazbegi adalah Gereja Trinity Gergeti. Mereka mengatakan itu karena  salah satu gereja paling indah di dunia. Dan saya harus setuju dengan itu. Ini adalah salah satu gereja terindah yang pernah saya kunjungi. Gereja ini terletak di atas salah satu puncak tertinggi di Kaukasus pada ketinggian 2.167 meter. Untuk sampai ke gereja, Anda bisa berjalan kaki tiga jam atau naik jip. Tentu saja, saya memilih naik jip karena lebih cepat dan tidak terlalu melelahkan. Setelah sampai di jip park, kita harus mendaki lagi sebentar untuk mencapai gereja. Tapi tidak masalah, karena saya bisa menikmati pemandangan indah pegunungan hijau. Pemandangan itu membuat saya merasa seperti berada dalam dongeng. Sayang sekali saya tidak datang selama musim dingin karena saya yakin itu akan lebih indah ketika gunung-gunung tertutup salju tebal!

Jadi Gereja Gergeti Trinity adalah perhentian terakhir kami dan perjalanan kami ke Kazbegi yang indah, menawan, dan indah berakhir. Saya benar-benar tidak menyesal sedikit datang jauh-jauh ke Kazbegi, karena pemandangannya benar-benar luar biasa! Saya sarankan Anda untuk datang ke Kazbegi jika Anda mengunjungi Georgia!

Hari 3: Berjalan-jalan Keliling Kota

Karena ini adalah malam terakhir kami di kota, kami memutuskan untuk berjalan-jalan di sekitar Tbilisi. Kali ini, kami tidak menggunakan metro, kami menggunakan Bolt sebagai gantinya. Kadang-kadang Anda mendapatkan taksi asli, kadang-kadang Anda mendapatkan mobil pribadi, bagaimanapun, itu benar-benar murah! Jadi jika Anda bepergian dengan lebih dari dua orang, saya pikir lebih baik berkeliaran dengan Bolt daripada menggunakan metro.

Tujuan pertama kami adalah Shota Rustaveli Avenue. Kami berjalan dari stasiun metro ke Teater Opera Nasional Georgia, tetapi sayangnya, jalan itu ditutup hari itu karena beberapa penembakan atau sesuatu, saya tidak tahu karena ketika saya bertanya, mereka berbicara dalam bahasa mereka. Ketika jalan ditutup dan tidak ada kendaraan yang diizinkan, entah bagaimana itu mengingatkan saya pada Champ Elysees di Paris. Jika Anda seorang pecinta seni, Anda dapat mengunjungi Museum Seni Georgia atau Galeri Nasional. Tetapi jika Anda tidak, saya pikir hanya berjalan di sepanjang jalan sudah cukup. Karena kami tidak dapat menjelajahi jalan, jadi kami pindah ke pemberhentian kami berikutnya, daerah Old Tbilisi. Taksi kami berhenti di Rike Park, dekat stasiun kereta gantung. Kereta gantung akan membawa Anda ke Benteng Narikala, di mana Anda dapat melihat pemandangan 360 derajat kota dari atas bukit. Kereta gantung hanya berharga 1 Lari dan Anda dapat menggunakan kartu metro untuk mengendarainya. Sangat praktis, bukan?

Lalu kami turun lagi dengan kereta gantung dan menjelajahi Rike Park. Taman ini terletak di tepi kiri Sungai Mtkvari dan Anda dapat dengan mudah mengakses taman dengan melintasi Jembatan Perdamaian yang terkenal. Di sini, Anda dapat bermain catur raksasa atau grand piano besar, bermain dengan anak-anak di air mancur, atau hanya berkeliaran di sekitar taman. Anda juga akan melihat Gedung Konser dan Pameran Rike Park yang futuristik, tetapi selama kunjungan saya, saya pikir aula itu ditutup karena tidak ada seorang pun di sana dan pintunya juga tidak terbuka. Tapi, itu benar-benar tempat yang bagus untuk mengambil foto untuk umpan Instagram Anda!

Perhentian berikutnya adalah Holy Trinity Church atau yang biasa dikenal dengan Sameba dan merupakan katedral terbesar di Tbilisi. Karena terletak di atas bukit, kubah emasnya dapat dilihat dari titik mana pun di Tbilisi. Saya sangat suka getaran agung namun sakral dari gereja. Selama kunjungan saya, ada begitu banyak pasangan menikah di kapel. Saya bahkan melihat upacara pernikahan di dalam. Itu memang indah!

Setelah itu kami kembali ke Tbilisi Tua, tetapi kali ini di seberang sungai. Kami hanya berjalan-jalan di sana. Mengambil foto di depan Orbeliani Bathhouse yang terkenal, menjelajahi lorong yang indah, berdoa di Masjid Jumah – satu-satunya masjid di Tbilisi, makan siang di kafe-kafe yang indah di samping sungai, dan mengambil foto terakhir kami di jembatan. Malam itu begitu indah, begitu pula Tbilisi.