Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Ini Lokasi Bukit Igir Kandang Clekatakan Pemalang Yang Lagi Viral

sunrise bukit igir kandang

Foto foto bukit igir kandang yang berada di desa clekatakan, Kabupaten Pemalang banyak menghiasi lini masa media sosial beberapa pekan belakangan. View pegunungan yang disajikan memanglah sangat nikmat baik dinikmati secara langsung maupun sebagai bahan unggahan di media sosial. Secara topografi, Pemalang memang berupa pegunungan dan sebagian wilayahnya berada di lerang Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah. Tak heran jika banyak spot spot wisata alam yang bisa dieksplore di Kabupaten Malang, Jawa Tengah.

Menikmati suasana pegunungan, menyuplay paru paru dengan udara sejuk hingga menikmati moment matahari terbit kerap jadi prolog pembicaraan para pelancong dewasa ini. Senada dengan hal tersebut, warga lokal pun saling berlomba lomba untuk membuka spot baru dengan berbagai macam kreatifitas. Seperti halnya dengan bukit igir kandang clekatakan ini, yang dulunya hanyalah gundukan tanah dan ladang milik warga. Namun kini berubah 180 derajat, dimana ratusan bahkan ribuan pengunjung memadati lokasi wisata terbaru di desa clekatakan, Pemalang tersebut.

tiket masuk wisata igir kandang pemalang
View gunung slamet dari lokasi bukit igir

Bukit igir kandang pemalang merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati gagahnya Gunung Slamet. Gunung setinggi 3428 mdpl itu terlihat begitu dekat dari wisata igir. Meneropong lebih jauh, beberapa gunung di Jawa Tengah pun terlihat diantaranya Gunung Sindoro, Guung Sumbing, Gunung Ungaran dan juga Gunung Prau. Sebuah view yang memukau dan memanjakan kedua bola mata. Maka dari itu membawa tenda dan bermalam di bukit igir merupakan pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan. Jadi kalau mau liburan kesini sebaiknya datang sore hari, lalu bermalam di tenda dan menikmati sunrise dipagi harinya. Gimana tertarik? eits tapi jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan yaa agar pandemi corona ini segera berakhir.

Lokasi Wisata Bukit Igir Kandang Pemalang

Obyek wisata igir tepatnya terletak di Dusun Kandanggotong, Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Di desa clekatakan sendiri sebelumnya sudah dikenal dengan wisata Bukit Melogi Cinta. Oleh sebab itu kalian pasti nggak kesulitan untuk menuju kesini. Akan tetapi jika belum pernah ikuti rute atau jalan menuju bukit igir berikut:

rute menuju bukit igir kandang clekatan
sunrise bukit igir kandang clekatakan

Dari kota pemalang silahkan arahkan kendaraan kamu menuju Pulosari. Selanjutnya terus keselatan menuju jalur pendakian Gunung Slamet via Desa Clekatakan. Kamu akan menemukan sebuah pertigaan, belok saja ke kanan. Setelah itu akan bertemu perempatan pertama, belok saja kekiri. Ikuti jalan hingga sampai di loket masuk wisata igir. Sementara itu bagi kamu yang datang dari purbalingga, silahkan menuju desa kutabawa, Desa Karangreja. Jika sampai di pasar kutabawa, silahan berjalan keutara sekitar 500 meter. Kamu akan menjumpai sebuah pertigaan (setelah jembatan & makam), belok kekiri dan ikuti jalan tersebut maka akan sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuknya sendiri masih terbilang murah meriah, yakni Rp 3 ribu/ orang dan biaya parkir Rp 2 ribu/ motor. Sedangkan jika kamu akan camping disini, akan dikenakan retribusi sebesar Rp 15 ribu/ orang serta untuk penitipan motor Rp 5 ribu/ malam. Dari loket masuk, kamu harus berjalan sekitar 10 menit untuk menuju punca bukit. Tidak begitu menguras tenaga, bisa sekalian olahraga ringan.

Sejarah & Mitos Igir Kandang

Igir dalam bahasa setempat bisa diartikan bukit. Konon bukit yang ada di Desa Clekatakan ini merupakan kandang kuda. Namun kuda yang dimaksud bukanlah kuda biasa melainkan kuda sembrani, yakni  Kuda yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai kuda yang bisa terbang. Sebelum area ini digarap oleh warga, dulunya kandang kuda tersebut masih terlihat. Namun kini sudah tidak ada lagi. Diceritakan juga, jika dulunya disini banya warga cina yang berkebun. Mereka menanam tembakau dan lebak. Mitos lainya yang beredar adalah jika kita mengambil rumput ataupun burung dari bukit, bakal mimpi buruk. Kamu boleh percaya atau tidak dengan mitos mitos tersebut, namun nggak ada salahnya untuk menghargai.

Bukit igir kandang yang memiliki luas lahan sekitar 8 hektar ini, memang sudah diproyeksikan menjadi wisata berkelanjutan. Pembangunan wisata juga sudah masuk dalam anggaran desa. Lokasi bukit igir juga sempat menjadi perhatian para mahasiswa Undip yang tengah melaksanakan KKN di Desa Clekatakan.

 

Avatar
Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *