Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Lokasi Bendungan Sindangheula Serang Banten Viral Di Medsos

Sejumlah foto dan video warga yang seluncuran di lokasi Bendungan Sindangheula Kabuaten Serang, Banten mendadak viral di media sosial. Padahal bendungan tersebut baru saja di bangun dan akan segera di resmikan. Bendungan dengan ketinggian sekitar 50 meter tersebut rupanya menarik perhatian para warga sekitar untuk berseluncur. Meski ada larangan, namun tetap saja banyak yang bandel.Bendungan tersebut dibangun memang bukan untuk wisata melainkan untuk emergency ketika sewaktu waktu banjir.

Bisa dilihat dalam foto tersebut, banyak warga yang meluncur dari atas ke bawah di bagian yang dialiri air. Memang hal tersebut terlihat mengasikan, akan tetapi tentu membahayakan. Struktur bangunan spilway terebut tidak didesain untuk seluncuran. Jika terdapat kerikil atau benda tajam bisa melukai badan. Belum lagi permukaanya yang tidak rata sehingga bisa mengikis kulit. Menurut informasi yang beredar, aksi ini sudah berlangsung selama sebulan terakhir. Setiap harinya ada puluhan bahkan sampai ratusan warga yang datang. Bahkan ada yang berjualan makanan dan minuman disekitar lokasi bendungan.

Beberapa upaya untuk melarang aksi ini sudah dilakukan, dari mulai larangan secara langsung,  sosialisasi ke tokoh masyarakat, hingga dibuat pagar. Akan tetapi rupanya banyak warga yang bar bar, pagar tersebut justru malah dirusak. Untuk program jangka panjang, bendungan sindangheula juga bakal diproyeksikan sebagai edukasi dan wisata. Tapi bukanlah untuk seluncuran, seperti apa yang terjadi saat ini.

Lokasi Bendungan Sindangheula

Sepertinamanya, bendungan yang sedang viral ini lokasinya berada di Desa Sndangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten. Bendungan dengan kapasitas 9,26 juta m3 ini adalah Proyek Strategis Nasional yang difungsikan sebagai peningkatan kebutuhan air baku di Kabuaten Serang, Kota Serang serta Kota Cilegon. Bendungan ini mampu menyuplay air sebanyak 800 liter setiap detiknya. Pembangunanya sendiri sudah dimulai sejak 2015 dan telah melakukan pembebasan lahan seluas 154,60 hektar. Saat ini sudah 100% rampung proses pembangunanya dan akan segera diresmikan.

Nah jadi mohon kesadaranya ya gaes, lokasi bendungan sindangheula bukanlah tempat wisata. Jangan lagi melakukan aksi berbahaya dengan seluncuran apalagi sampai merusak fasilitas yang sudah dibangun. Jika mau kesana, boleh boleh saja tapi cukup dengan menikmati pemandangan dan berfoto foto saja.

Avatar
Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *