Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Wisata Danau Laet Tayan 2020

lokasi wisata danau laet

Wisata Danau Laet menjadi salah satu wisata andalan di Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Sanggau. Foto fotonya kerap menghiasi timeline instagram. Hal itu juga tak lepas dari kreativitas pengelola yang memberikan sentuhan sentuhan kekinian. Bisa kita jumpai, disana ada banyak spot spot untuk berfoto yang digemari generasi milenial. Ditambah lagi dengan suasana disekitar danau memang sedap untuk dipandang. Jika punya waktu yang banyak, kamu juga bisa merasakan menginap di villa terapung danau laet !

Obyek wisata danau laet tayan hilir ini sebenarnya adalah kawasan hutan tadah hujan dengan kontur rendah sehingga tergenang air yang bermuara di sungai kapuas.  Luasnya mencapai 800 hektar, menyimpan berbagai jenis ikan air tawar. Tak sedikit pengunjung yang datang juga mancing di danau tersebut. Menariknya lagi di tengah tengah danau ini terdapat 12 pulau pulau kecil. Untuk menikmati keindahan tersebut, kamu bisa menyewa perahu yang disediakan oleh pengelola.

Lokasi danau laet kalbar ini bahkan pernah digunakan sebagai lokasi sebuah film yang disutradari oleh Deddy Mizwar lho. Kalau kalian pernah nonton film Tanah Surga Katanya, di bagian opening salman sedang mancing dengan adiknya. Danau tersebut ternyata adalah danau laet tayan ini. Obyek wisata yang tengah hits ini sejatinya sudah buka sejak 2017 lalu. Namun selama kurang lebih 3 bulan terakhir tutup karena pandemi. Kini di era new normal sudah buka kembali tentunya dengan penyesuaian dan ketentuan sesuai protokol kesehatan.

sampan

Di era tata kehidupan baru atau new normal, setiap pengunjung diwajibkan untuk menggunakan masker. Sebelum memasuki area wisata juga akan diperiksa suhu tubuh serta wajib cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Pengunjung yang masuk juga dibatasi hanya 150 orang saja dalam waktu yang bersamaan. Dengan aturan tersebut, semoga bisa mencegah penularan covid-19.

Harga Tiket Masuk Wisata Danau Laet Terbaru

Untuk berburu foto dan menikmati keindahan danau, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 20.000,- /orang. Dengan tiket tersebut, sudah bisa berfoto di spot spot seperti balon udara, bambu cinta dan lain sebagainya.

Lokasi Dan Rute

Alamat danau laet tepatnya berada di Desa Subah, Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalbar. Jika dari pontianak bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam hingg 2 jam perjalanan. Sudah ada banyak plang petunjuk arah menuju lokasi wisata danau laet.

Untuk rute ke danau laet dari pontianak tinggal melewati jalan menuju tayan sejauh 80 km. Jika sampai di simpang jalan pontianak taan (dekat rumah makan Pak Kimleng) masuk ke dalam sejauh 4 km. Patokan jalan masuknya adalah air mancur dekat jembatan RM. Pak Kimleng. Namun yang perlu dicatat, jalan menuju danau laet dari simpang tugu KB sejauh 4 km masih berupa tanah dan batu. Maka berhati hatilah jika datang setelah hujan, atau sebaiknya jangan datang kesini jika musim hujan.

Aktivitas Seru Di Wisata Danau Laet Tayan

Dengan luasnya yang mencapai 800 hektar, tentu ada berbagai macam aktivitas seru yang bisa dilakukan setiap pengunjung. berikut beberapa diantaranya:

Hunting Foto

spot foto wisata danau laet tayan
spot foto wisata danau laet tayan

Di era gadget saat ini, hunting foto tak bisa dilepaskan dari kegiatan wisata. Di tepi danau ada beragam spot spot kekinian untuk berfoto. Tinggal cari angel terbaik saja untuk mendapatkan foto yang kece. Selain di tepi danau, ada satu spot lagi yang jangan sampai terlewatkan yakni Jembatan suak oye. Jembatan tersebut dibangun ditengah tengah pepohonan, jadi ala ala mangrove gitu.

Keliling Danau Dengan Perahu

sewa perahu di danau laet kalbar
sewa perahu di danau laet kalbar

Untuk mengelilingi danau kamu bisa menyewa perahu seharga Rp 150 ribu. Harga ini tentu sudah sama tour guide, kamu akan diajak berkeliling selama kurang lebih 1 jam.

Camping Di Danau Laet

Aktivitas seru lainya adalah camping. Untuk harga tiket kemah adalah Rp 150 ribu/ kelompok dengan jumlah maksimal 20 orang.

Mancing

Danau ini menyimpan berbagai jenis ikan tawar. Untuk mancing sebenarnya gratis, namun jika ingin menyewa peralatan dikenakan biaya Rp 25 ribu.

Menginap Di Villa Terapung Danau laet tayan

villa terapung danau laet tayan
villa terapung danau laet tayan

Nah ini yang teraru dan sedang viral di medsos. Namun perlu diketahui villa apung tersebut masih proses pembangunan dan belum dibuka. Nantinya untuk menuju kesana bisa menggunakan speedboat dengan jarak tempuh sekitar 20 menit. Villa ini beda managemen dengan wisata danau laet, jadi untuk harga menginapnya belum diketahui.

Bersantai dan menikmati pemandangan

Di lokasi wisata danau laet kalbar, sudah dilengkapi gazebo gazebo yang bisa digunakan secara gratis (tanpa biaya tambahan) oleh setiap pengunjung. Bersantai sambil menyantap bekal bisa kamu lakukan disini.

Avatar
Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *