Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Tiket Masuk Dan Alamat Sanghyang Kenit Rajamandala Bandung

wisata alam terbaru di rajamandala bandung barat

Sanghyang Kenit Rajamandala di Kabupaten Bandung merupakan destinasi wisata yang tercipta secara tak sengaja. Pesona keindahan tersebut tersingkap setelah dibangunya Pembangunan Listrik Tenaga Air atau PLTA Rajamandala Cisameng. Bebatuan purba yang lama tergenang air kini jadi terlihat. Tak hanya keindahan aliran sungai dengan bebatuan purba saja, disini pengunjung juga melakukan wisata susur goa.

Jika dibandingkan dengan sanghyang tiokoro maupun sanghyang heleut, lokasi Sanghyang Kenit Bandung ini terbilang masih baru. Belum banyak wisatawan yang berkunjung. Padahal potensi wisata yang ada didalamnya luar biasa. Ada banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari berburu foto, bermain air hingga wisata yang menantang adrenalin yakni menyusuri goa sanghyang kenit.

PLTA Rajamadala sendiri adalah program terbarukan dari PLN yang ramah lingkungan. PLTA tersebut beroperasi sejak mei 2019 lalu. Akibat dibendungnya sungai citarum yang dialirkan ke PLTA, membuat aliran sungai di sanghyang kenit mendangkal. Arus sungaipun menjadi tenang, mengalir diantara bebatuan purba di kanan kirinya. Tempat wisata alam di kabupaten bandung inipun dibuka secara resmi pada bulan Juni 2019.

Terkait penamaan sanghyang kenit sendiri memang belum ada kejelasan. Namun ada desas desus yang beredar di masyarakat. Konon kata sanghyang bersal dari 2 kata yakni sang dan hyang yang berarti agung dan luhur. Sedangkan kenit berati melingkar. Hal itupun diperuat dengan bentuk goa yang bulat serta arus air sungai citarum yang melingkar (berputar) ketika keadaan normal. Mitos lainya menyebutkan bahwa dahulu ada tradisi penyembelehan kambing putih dengan sabuk warna hitam di badanya atau yang disebut Hewan Kendit. Terlepas dari kedua mitos tersebut, tempat ini memang menyimpan potensi yang luar biasa indanya.

Harga Tiket Masuk Sanghyang Kenit Rajamandala

Untuk menikmati keindahan alam purba di Kabupaten Bandung Barat ini, tak perlu merogoh kocek dalam dalam. Pengelola hanya mematok tarif htm sanghyang kenit sebesar Rp 8.000,- saja plus uang parkir Rp 2.000,-. Jadi dengan Rp 10 ribu saja kita sudah bisa menikmati keindahanya dan tentunya berburu foto foto keren.

Alamat

Lokasi Sanghyang Kenit terletak di Cisameng, rajamandala Kuon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tak sulit untuk menemukan sungai purba ini, dari Padalarang silahkan melewati jalan raya padalarang menuju Rajamandala. Belok ke arah PLTA saguling kemudian dari Gapura PLTA telusuri saja jalan tersebut hingga menemukan pertigaan. Beloklah ke kanan menuju Desa Cisameng, lurus terus hingga bertemu perempatan PLTA Rajamandala. Dari perempatan jaraknya tinggal 200 meter lagi.

Baca juga: Wayang Windu Bike Park

Sementara itu jika kamu berasal dari luar kota, bisa keluar di Exit Tol Padalarang. Dari sini kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan rute sama seperti yang dijelaskan diatas tadi. Jalan menuju sanghyang kenit ini masih searah dengan sanghyang heleut, sanghyang tikoro dan juga sanghyang poek. Kamu juga akan menjumpai baliho berukuran besar di kanan jalan. Jika masih bingung, tenang saja ada google maps yang sudah cukup akurat untuk diikuti.

Aktivitas Seru Di Wisata Sanghyang Kenit Bandung

Ada banyak kegiatan seru yang bisa kalian lakuan disini. Berikut beberapa diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Alam Purba Sungai Citarum

menikmati keindahan bebatuan purba
menikmati keindahan bebatuan purba via @indoflashlightjabar

Dibalik sungai citarum yang sedikit tercemar, ternyata ada keindahan dibaliknya. View dinding dinding tebing yang begitu megah dengan hamaran bebatuan purba bakal membuat sobat traveler takjub. Menyusuri setiap sudut dengan menapaki bebatuan sepanjang sungai bisa kalian lakukan.

2. Hunting Foto

tiket masuk sanghyang kenit bandung

Di era saat ini, memang berburu foto seperti menjadi hal wajib saat mengunjungi sebuah tempat wisata. Betul tidak? berfoto dengan latar belaang bebatuan purbapun terlihat instagramable, cocok buat mengisi feed IG jika kamu sudah kehabisan stok foto.

3. Susur Goa

susur goa sanghyang kenit rajamandala
susur goa sanghyang kenit rajamandala

Mau yang lebih menantang? cobalah mencoba susur goa sanghyang kenit. Namun untuk mencoba wahana ini sebaiknya datang rombongan karena minimal harus ada 5 orang. Untuk tarifnya sendiri adalah Rp 150 ribu/ orang sudah termasuk helm, pelampung dan juga pemandu. Penelusuran goa akan melewati jalur yang menantang melewati celah celah gua yang sempit nan licin. Beberapa jalur masih tergenang air setinggi perut dan juga dihuni beberapa jenis ikan seperti gabus dan baung.

Kegiatan susur goa memakan waktu sekitar 45 menit. Goa purba ini juga tersambung dengan sanghyang tikoro. Perjalanan yang memakan tenaga, akan terasa paripurna dengan menyantap nasi liwet di bantaran sungai.

4. River Tubing

river tubing
river tubing

Jika aliran sungai sedang tinggi, kamu juga bisa melakukan river tubing dari sanghyang tikoro menuju sanghyang kenit.

5. Camping

tempat camping di cisameng bandung barat
tempat camping di cisameng bandung barat

Kegiatan seur lainya yang bisa dilakukan di lokasi sanghyang kenit saguling adalah camping. Jika malas membawa peralatan dari rumah, pengeloka juga menyewakan peralatan camping. Berikut Pricelist selengkapnya:

  • Sewa tenda 25k – 40k /hari
  • Kompor 15k /hari
  • Sleeping bag 10k /hari
  • Flysheet 15k /hari
  • Matras 5k /hari
  • Hammock 5k / hari
  • Headlamp 5k /hari
  • Gas baru 20k

Gimana sobat traveller, keren kan wisata alam terbaru di Bandung Barat ini? Ohya untuk jam bua sanghyang kenit rajamandala sendiri yakni setiap hari mulai pukul 7 pagi dan tutup jam 5 sore. Selamat berlibur:)

Avatar
Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *