Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Ini Lokasi Gubug Serut Semarang Yang Tengah Viral

wisata sungai di gunung pati

Lokasi Gubug Serut Semarang – Ibukota Jawa Tengah ini memang memiliki destinasi yang beragam. Dari wisata seni budaya, sejarah, wisata alam, wisata kuliner dan lain sebagainya. Tak perlu merogoh kantong dalam dalam, sebab ada beberapa destinasi yang murah meriah bahkan tidak perlu membayar retribusi masuk. Kendati demikian bukan berarti tidak menawarkan keseruan. Coba saja kamu datang ke wisata gubug serut Gunung Pati yang tengah viral ini.

Baru baru ini media sosial tengah dihebohkan dengan sebuah wisata air dibelantaran sungai yang ada di Semarang. Dari video video yang beredar nampak puluhan orang sedang bermain air dan mandi disungai tersebut. Tak sedikit yang menggunakan ban sebagai pelampung sekaligus pengaman. Tak hanya anak anak, muda mudi hingga orang dewasa juga meramaikan destinasi tersebut. Setelah ditelusuri ternyata video tersebut berada di lokasi gubug serut di belantaran Kaligarang.

lokasi gubug serut unnes semarang
lokasi gubug serut unnes semarang

Tempat ini hanyalan aliran sungai biasa yang belakangan diketahui baru saja di poles oleh warga setempat secara swadaya. Aliran sungainya tidak begitu deras, pun demikian dengan kedalamnya yang cukup dangkal. Area sungainya cukup besar sehingga mampu menampung belasan bahkan puluhan orang untuk ceciburan. Warga setempat juga menyewakan ban yang bisa dijadikan sebagai pelampung sekaligus untuk wisata river tubing.

Di pinggir aliran sungai terdapat hamparan bebaturan serta pepohonan hijau yang cukup instagramable untuk dijadikan spot berswafoto. Beberapa gubug alias gazebo sudah dibangun oleh warga secara swadaya. Para pengunjungpun bisa berteduh dan juga bersantai di gubug gubug tersebut. Nah buat yang masih penasaran dimana letaknya, berikut penjelasan lengkapnya.

Lokasi Gubug Serut Semarang

Alamat lengkapnya terletak di jalan Persen raya, Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. Lokasinya dekat Unnes, ancer ancernya kalau dari unnes tinggal ke utara melewati jalan yang menurun menuju desa persen. Sesampainya di lapangan banaran masuk saja dan ikuti jalan tersebut. Nanti akan menemukan makam, silahkan lurus terus hingga mentok. Jika masih bingung lokasinya juga sudah tersedia di google maps, silahkan saja buka link: goo.gl/maps

htm gubug serut semarang
htm gubug serut semarang

Tiket Masuk

Seperti yang kami katakan tadi, destinasi ini cukup murah meriah karena tidak ada retribusi masuk. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja dan sewa ban pelampung (jika berminat).

ban pelampung
ban pelampung

Seputar Kaligarang

Sungai kaligarang seniri merupakan sebuah sungai yang mengalir dari banjir kanal barat. Ada sebuah mitos yang melekat pada sungai ini. Konon nama sungai tersebut erat kaitanya dengan perjalanan sunan kalijaga saat mencari kayu jati untuk pembangunan masjid agung Demak. Singkat cerita, sembari menunggu pasukan datang, sunan kalijaga beserta rombonganya beristirahat di tepi sungai sembari membuat api unggun untuk menghangatkan tubuh. Dalam bahasa jawa kegiatan tersebut dikenal dengan nggarang awak. Oleh sebab itulah kemudian dinamakan kaligarang hingga sekarang.

Saat ini kaligarang memiliki fungsi sebagai sistem pengendali banjir di kota semarang an juga sebagai sumber bahan baku air minum yang dikelola oleh PDAM Tirta Moedal Semarang. Kaligarang juga pernah jadi momok warga sekitarnya. Sekitar tahun 1990 terjaai banjir yang luar biasa dan menyebabkan kerugian materi dan korban jiwa. Banjir bandang di sungai kaligarang juga pernah terjadi berulang kai yakni tahun 1963, 1990, 2000, 2002, serta 2008. Namun dari beberapa peristiwa terebut yang paling membekas adalah tahun 1990.

 

Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *