7 Wisata Mistis Di Jogja Tapi Instagramable, Kisahnya Bikin Penasaran!

Yogyakarta merupakan Daerah Istimewa karena sistem pemerintahanya yang menggunakan sistem monarki alias model kerajaan. Namun keistimewaanya tak hanya terletak disitu saja. Namun juga plurarisme yang ada didalamnya termasuk pilihan destinasi wisata yang beragam.

Destinasi wisata di Jogja terbilang komplit dari wisata alam, budaya, belanja, pantai, gunung hingga kuliner. Namun travelandword kali ini tertarik untuk mengulas tentang wisata mistis di Jogja. Ada banyak tempat tempat angker dan mistis namun masih menjadi wisata favorit hingga saat ini. Dimana sajakah tempat tersebut? berikut 7 diantaranya

1. Hantu Noni Belanda Di Benteng Vredeburg

misteri benteng vredeburg
misteri benteng vredeburg

Berada di jantung kota, yakni di titik 0 Km Jogja, benteng vredeburg nyatanya memiliki banyak cerita mistis. Bangunan yang berdiri tahun 1760 silam ini memiliki beberapa kisah mistis yang dialami oleh para traveler. Mulai dari penampakan tentara belanda, suara teriakan yang konon terdengar hingga pasar beringaharjo sampai hantu noni Belanda. Kendati demikian, arsitektur bangunan yang unik cukup menarik perhatian para traveler. Baik untuk mengenal sejarah ataupun sekedar hunting foto.

2. Hal Menyeramkan Di Panggung Krapyak!

panggung krapayak
panggung krapayak

Di Jogja sendiri memang banyak bangunan bangunan peninggalan sejarah. Satu diantaranya adalah panggung Krapyak. Bangunan berbentuk persegi ini menjadi tempat berlindung dan beristirahat kerapat keraton pada zaman dulu. Konon yang boleh masuk kesini adalah yang sudah mendapat izin dari juru kunci. Jika nekat, hal hal menyeramkan bisa terjadi!

3. Rumah Horor Di Kaliurang

pesanggrahann sarjanawiyata taman siswa
pesanggrahann sarjanawiyata taman siswa

Dilihat dari luar saja sudah namapak horor dan mistis. Namun disisi lain juga terlihat instagramable untuk dijadikan background foto. Rumah tersebut merupakan Pesanggrahan Sarjanawisata Taman Siswa yang sudah ada sejak zaman Belanda. Konon di lantai dua sering muncul penampakan Noni Belanda.

Baca Juga  Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Santorini Jogja

4. Gereja Ghotik Yang Menyimpan Kisah Mistik

gereja sayidan, wisata angker nan instagenic
gereja sayidan, wisata angker nan instagenic

Di tengah kota, tak jauh dari titik 0 km tepatnya di dekat jembatan sayidan ada sebuah bangunan bergaya Eropa. Foto fotonyapun kerap nampang di sosial media karena keunikan arsitekturnya. Setelah lama di kosongkan, beberapa orang yang tinggal didekatnya sering melihat penampakan yang muncul di dalam bangunan.

5. Plaza Ambarukmo, Bekas tanah Kerajaan Yang Sakral

plaza ambarukmo mistis
plaza ambarukmo mistis

Tak banyak yang tahu jika salah satu plaza termegah di Jogja ini memiliki kisah mistis. Salah satunya dialami oleh petugas cleaning service dimana melihat orang yang masuk ke toilet, namun setelah ditunggu lama tidak keluar keluar. Lokasi pembangunan mall sendiri memang menempati tanah yang dianggap sakral. Yakni pesanggrahan peninggalan Sultan Hamengkubuwono VII.

6. Parangkusumo, Gerbang Masuk Kerajaan Ratu Pantai Selatan

wisata mistis di jogja
wisata mistis di jogja

Pantai pantai di selatan pulau jawa memang erat dengan mitologi jawa bernama Nyi Roro Kidul yang menjadi penguasa pantai selatan. Konon salah satu pintu masuknya berada di Pantai parangkusumo. Di pantai inipun kerap dilakukan labuhan ketika bulan suro. Selain itu ada cerita lainya yang masih diyakini oleh masyarakat setempat. Konon Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau, sehingga traveler yang mau datang kesini disarankan untuk tidak menggunakan warna hijau karena bakal dibawa ke kerajaan pantai selatan

7. Rumah Kentang Kota Baru

rumah kentang
rumah kentang

Bagi warga jogja terutama yang berada di daerah Kotabaru, tentu sudah gak asing dengan rumah kentang ini. Konon ketika malam hari, seringkali terium bau kentang bakar. Warga sekitar mempercai aroma tersebut berasal dari makluk ganderuwo di sekitar lokasi. Kini menariknya bangunan tersebut tak lagi kosong, namun sudah dialih fungsikan menjadi kantor bank BTN.

Baca Juga  Lokasi Dan Harga Menu Geblek Pari Nanggulan Kulon Progo

 

Beri Tanggapan:

0/ 5. dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Blogger, Writer dan Travel Enthusiast. Lulusan Sarjana Teknik namun lebih tertarik dengan dunia online. Makan dan jalan jalan adalah kegemaranya

Leave a Comment