Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Puncak Botorono Petarangan Temanggung – Review, Lokasi & Tiket

wisata puncak botorono petarangan

Puncak botorono atau yang juga disebeut puncak petarangan merupakan wisata yang sedang naik daun di Temanggung. Gunung botorono sendiri adalah gunung kecil di kaki Gunung Sumbing yang menawarkan landscape keindahan alam yang memukau. Kamu bisa menikmati view kota tembakau tersebut dari atas ketinggian. Ditambah lagi dengan berbagai macam spot hasil kreasi warga setempat bakal membuat feed instagramu makin cakep!

Kabupaten Temanggung memiliki 2 gunung kembar yang cukup ikonik. Gunung yang dimaksud tentu saja adalah Gunung Sindoro –  Sumbing. Dua gunung ini berdiri berdekatan dan menjadi salah saut gunung favorit para pendaki. Tak hanya itu saja, dikakinya terdapat beberapa gunung kecil yang juga memiliki view tak kalah cantiknya. Bahkan kita bisa menikmati puncak sumbing atau sindoro secara lebih dari gunung gunung tersebut. Salah satunya ya di bukit botorono ini.

Kehadiran wisata gardu pandang di temanggung ini tentu saja kian melengkapi destinasi di kota ini. Sebelumnya nama Temanggung di sektor pariwisata sudah cukup “harum” dengan sejumlah destinasi alam disana. Sebut saja seperti embung kledung, lembah posong hingga yang terbaru Embung Bansari. Jika kamu sedang bimbang mau liburan kemana, Temanggung cukup rekomended untuk masuk dalam prioritasmu!

Review Wisata Puncak Botorono Temanggung

Puncak Botorono juga dikenal dengan sebutan puncak petarangan karena merujuk pada lokasinya yang berada di Desa Petarangan (berbatasan dengan desa kruwisan). Gunung ini telrihat molek dari jalan parakan – wonosobo. Tak sedikit pengendara yang berhenti sejenak sekedar menikmati keindahanya ataupun mengabadikanya dengan ponsel mereka.

Berada di daerah pegunungan, tentunya udara disini sangat sejuk. Sejumlah flora dan fauna menghiasi kawasan gunung botorono. Salah satunya adalah monyet ekor panjang yang kerap bermain main di antara pepohonan. Warga memang sengaja membiarkanya, karena dika diperlakukan kasar justru akan menyerang ke pemukiman dan merusak tanaman. Oleh karenanya jika berkunjung kesana juga perlakukan mereka dengan baik.

Di bagian bawah gunung, bahkan kita bisa menemukan sumber air hangat yang disebut kali anget. Ini adalah sumber mata air alami yang tak pernah surut meski musim kemarau datang.

Kini, puncak botorono telah berkembang menjadi destinasi wisata kekinian. Terdapat sejumlah fasilitas dan spot foto yang siap menyambut para wisatawan. Diantaranya berbentuk kincir angin ala ala belanda, gardu pandang, serta sejumlah tepat duduk. Jika datang diwaktu yang pas, traveller bakalan disajikan dengan awan tipis yang menyelimuti sekitarnya yang membuat serasa diatas awan.

Jam Buka Dan Tiket Masuk Puncak Petarangan Temanggung

Hampir sama dengan wisata gunung lainya, destinasi ini juga jadi spot favorit untuk menikmati sunrise. Kamupun bisa datang kapan saja bahkan pada dini hari sekalipun karena disini buka 24 jam. Adapun HTM Puncak botorono sendiri adalah Rp 5.000,00 saja. Sangt murah bukan?

Rute Dan Lokasi Puncak Botorono

Tempat wisata terbaru di Temanggung ini cukup mudah dijangkau. Alamat lengkapnya berada di Desa Petarangan, Kwadungan Jurang, Kecamatan Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. Kalau dari kota temanggung tinggal ikuti saja jalan raya menuju arah wonosobo. Setibanyak di daerah kledung, perhatikan gapura desa petarangan. Itu menjadi pintu gerbang menuju lokasi wisata. Kamupun bisa membawa sepeda motor ke puncak. Berikut kami sertakan peta dari google map.

Galeri Foto

htm puncak petarangan
htm puncak petarangan
wisata gardu pandang temanggung
wisata gardu pandang temanggung
puncak gunung botorono
puncak gunung botorono
bukit botorono temanggung
bukit botorono temanggung
wisata terbaru di temanggung
wisata terbaru di temanggung

Akhir Kata

Wisata puncak botorono bisa menjadi awal perjalananmu menelusuri wisata di kabupaten temanggung. Dimuali dengan menikmati sunrise dari bukit tersebut, lantas kemudian menelusuri sejumlah wisata disekitarnya seperti embung kledung, posong dan lain sebagainya.

Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *