Eco Edu Park Panbil Nature Reserve Batam, Info HTM & Lokasi

Eco Edu Park Panbil Nature Reserve – Batam lagi lagi punya destinasi wisata terbaru yang bakal menemani akhir pekanmu. Sebuah destinasi yang menggabungkan antara wisata alam dan edukasi. Cocok banget buat liburan bersama keluarga, mengajak sang buah hati. Ada juga sejumlah fasilitas yang cocok untuk anak anak muda ataupun generasi milenial.

Setelah sukses membangun villa, hotel, industrial di kawasan hunian yang ada di tengah kota Batam, Panbil Group memperkenalkan pusat rekreasi keluarga bernama Panbil Nature Reserves Eco Edu park. Memadukan antara wisata alam yang masih asri dengan wisata edukasi.

Selain sebagai pusat rekreasi, tujuan dari pembangunan wahana edukasi bernuansa alam ini adalah untuk ikut berpartisipasi dalam meningkatkan UMKM khususnya di Batam. Ini tentu menjadi hal yang gak kalah penting pasca recovery pandemi yang berlangsung selama 2 tahun terakhir.

Panbil Nature Reserve atau yang bisa disingkat PNR juga sebagai upaya konservasi alam baik itu satwa maupun hutan. Dalam pengelolaanya Panbil juga bekerjasama dengan KLHK melalui Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam dengan tetap mengedepankan kaidah pelestarian lingkungan.

Review Eco Edu park Panbil Nature Reserve Batam

Eco edu park batam berdiri di kawasan perbukitan dengan luas area mencapai 200 hektar. PNR menyuguhkan ragam wahana dan atraksi wisata yang menggabungkan antara petualangan, hiburan, serta ilmu pengetahuan. Berikut sejumlah daya tarik yang ditawarkan:

Kebun Binatang

Selepas pintu masuk, para pengunjung akan memasuki area satwa. Diantaranya ada taman kelinci, kubah merak albino paviliun burung hingga kolam ikan koi terbesar yang ada di Batam. Di tempat ini, para pengunjug juga bisa berinteraksi seperti memberi makan dan tentunya dalam pengawasan petugas.

eco edu park batam
eco edu park batam

Animal Ecounters

Pada jam jam tertentu, para pengunjung bisa mengenal lebih dekat dengan sejumlah satwa yang ada disana. Seperti berfoto dengan burung makaw, berang berang, hingga ular.

The Atrium

Setelah puas berfoto foto dan mengelilingi kawasan satwa, kamu bisa singgah di The Atrium. Ini adalah sebuah bangungn one stop venue yang mana akan memanjakan lidah para pengunjung dengan suguhan beragam kuliner. Bisa dibilang ini adalah pusat kuliner yang memiliki beragam ritel kuliner seperti resto, gerai es krim maupun coffee shop.

lokasi panbil nature reserve batam
lokasi panbil nature reserve batam

The atrium ini dibangun dengan konsep homey dengan balutan seni mural bertemakan A Fortunate Universe dimana menggambarkan beragam flora dan fauna disana. Tempatnya nyaman dan asik untuk bersantai.

Aktivitas Outdoor

Kedepanya juga akan dikembangkan sejumlah aktivitas outdoor di panbil nature reserve batam. Seperti jangle trekking, hiking, bersepeda, obeservasi flora fauna dan lain sebagainya. Salah satu contohnya adalah berinteraksi dan mengamati rusa yang ada di penangkaran yang berada di tengah hutan.

Harga Tiket Masuk Eco Edu Park Batam

Menariknya lagi, selama masa pembukaan para pengunjung tidak dipungut biaya atau dengan kata lain tiket masuknya gratis. Namun kami belum mengetahui apakah akan gratis selamanya atau nantinya akan ada retribusi. Maka dari itu mumpung HTM Panbil Nature Reserve ini masih gratis, buruan gih.

Lokasi Eco Edu Park Panbil Nature Reserve

Alamat lengkapnya berada di jalan Ahmad Yani, Muka Kuning, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau. DI sekitaran jalan ahmad yani tepatnya di samping damkar tumenggung juga sudah tersedia spanduk petunjuk jalan. Jika masih bingung, silahkan ikuti google maps dibawah ini.

Jam Operasional

Pada dasarnya wisata terbaru di batam ini buka setiap hari namun ada perbedaan jam buka pada hari biasa dan akhir pekan. Berikut jadwal lengkapnya

  • Jam Buka Hari Biasa: 07.00 – 22.00 WIB
  • Jam Buka Sabtu, Minggu dan Hari libur: 09.00 – 11.00 WIB
  • Jadwal interaksi satwa: 16.00 – 18.00 WIB

Demikian tadilah informasi mengenai eco edu park panbil nature reserve wisata alam dan edukasi terbaru yang ada di kota Batam. Buat kalian yang belum kesini, segera ajak teman temanmu mumpung tiket masuknya masih gratis.

You cannot copy content of this page