Mangrove Cimanceuri Lontar Tangerang, Info Lokasi Dan Tiket Masuk

Mangrove Cimanceuri Lontar – Jika dibandingkan dengan daerah lain di Banten, sektor pariwisata di Tangerang mungkin masih kalah pamor. Namun sebenarnya kota ini memiliki sejumlah tempat menarik untuk dikunjungi. Selain pesona kota modern, juga ada sejumlah wisata alam hingga wisata sejarah.

Baru baru ini ada sejumlah wisata baru di Tangerang. Kalau di Tangsel ada Ciater Beach, di sisi utara sedang ramai dengan wahana sepeda kayuh di mangrove muara cimanceuri lontar. Menikmati panorama keindahan hutan mangrove dari sepeda air bisa jadi alternaftif liburanmu.

Destinasi wisata ini diinisiasi oleh komunitas lingkungan hidup IMANU sejak bulan agustus 2021 lalu. Sungai cimanceuri dipilih lantaran memang memiliki pemandangan indah. Di kanan kiri sungai ditumbuhi beragam jenis mangrove yang rimbun.

Wisata Sepeda Air Mangrove Muara Ciamanceuri Lontar Tangerang

Dalam bahasa sunda CI memiliki arti sungai. Nah Ci Manceuri ini terbentuk dari 2 aliran sungai yakni ci dangdeur dan ci jengir. Keduanya menjadi satu dan mengalir ke barat laut hingga ke arah utara dan berakhir di laut jawa desa lontar, kecamatan kemiri, Tangerang.

Di muara cimanceuri ini tumbuh subur mangrove jenis Rhizophora atau yang lebih dikenal dengan nama pohon bakau. Tumbuhan dengan ciri akar tunjang besar, berkayu dan memiliki daun meruncing. Selain itu juga memiliki buah yang berkecambah.

hutan mangrove cimanceuri tangerang
hutan mangrove cimanceuri tangerang

Sekarang kamu bisa menikmati hijaunya tnaaman mangrove tersebut dengan sepeda air sejauh satu kilometer. Selama merasakan keseruan mengayuh sepeda air selama kurang lebih 15 menit tersebut, pengunjung juga akan dibekali dengan helm dan pelampung.

Adapun jenis sepeda air disini merupakan sepeda custom yang dibuat dengan pelampung, baling baling dan juga besi sebagai kerangkanya. Setiap perahu bia dinaiki oleh 2 orang. Dilengkapi dengan 2 pedal untuk mengayuh dan kemudi di bagian depan untuk mengarahkan laju sepeda air tersebut.

Jika masih kurang puas, tersedia juga wahana susur sungai dengan perahu motor. Tentu ini menjadi alternatif wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga maupun teman sejawat.

Harga Tiket Masuk Mangrove Cimanceuri Tangerang

Untuk saat ini HTM ke Mangrove Cimanceuri ini masih gratis. Para pengunjung hanya akan dikenakan biaya jika naik sepeda air atau perahu motor. Tarifnyapun masih sangat bersahabat yakni Rp 10 ribu baik sepeda air maupun perahu motor.

Lokasi

Lokasi dari hutan mangrove ini berada di Desa Lontar, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, Banten. Lokasinya tak jauh dari PLTU Lontar. Selengkapnya bisa disimak pada peta berikut ini.

Demikian tadilah ulasan mengenai wisata mangrove muara cimanceuri di Kabupaten Tangerang. Terima kasih telah membaca artikel dari travelandword, semoga informasi diatas bisa menambah referensi anda seputar destinasi wisata baru.

You cannot copy content of this page