13 Tempat Wisata Di Sentul Bogor Terbaru 2023

Berbagai tempat wisata di Sentul, Bogor menjadi pilihan favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Dengan jarak tempuh yang relatif dekat, traveller akan disajikan dengan pemandangan alam yang begitu asri. Belum lagi sejumlah wisata baru yang terus bermunculan di kawasan sentul city.

Sentul sendiri merupakan sebuah kota mandiri berwawasan green living yang beada di kecamatan Babakan madang. Dulunya tempat ini juga dikenal dengan bukit sentul karena memang berada di wilayah pegunungan. Luasnya mencapai 3.000 hektar dan memiliki beragam destinasi seperti wisata pedesaan, wisata kuliner, wisata edukatif, theme park, dan lain sebagainya.

Buat kalian yang mau cari rekomendasi tempat wisata di Sentul yang lagi hits, berikut ini sudah kami rangkum beberapa spot wisata yang bisa kalian kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Sentul Yang Lagi Hits

Obyek wisata di sentul didominasi oleh cafe ataupun resto yang menyediakan space untuk nongkrong dan menikmati alam. Selain itu tersedia juga berbagai macam resort bagi yang mau staycation maupun short escape. Destinasi semacam ini memang banyak digemari para warga kota yang mendambakan kesejukan alam. Berikut beberapa tempat tersebut:

Mandapa Kirana Resort

Diurutan pertama, kami merekomendasikan mandapa kirana resort untuk kamu kunjungi. Memang tempat ini adalah sebuah penginapan atau resort. Namun disana terdapat area yang bisa didatangi oleh pengunjung (bukan tamu menginap).

via IG @mandapakirana
via IG @mandapakirana

Rasakan sensasi berlibur layaknya di Bali. Hal itu lantaran vibesnya memang didesain ala ala bali, salah satunya adalah spot ala pura lempuyangan. Disini kalian bisa menemukan infinity pool yang menghadap ke perbukitan dan persawahan. Tersedia juga restoran untuk menikmati berbagai menu pilihan.

  • Alamat: Jl. Raya Bojong Koneng, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor
  • Harga tiket: Mulai Rp 50.000,-
  • Jam buka: setiap hari (kecuali senin) 09.00–19.00 WIB

Pahrayangan Hill Warung Khas Sunda

Ini adalah wisata terbaru di Sentul yang lagi hits dan ramai. Sesuai namanya, ini merupakan rumah makan dengan menu masakan khas sunda. Salah satu menu andalanya adalah ayam goreng kampung yang dilengkapi dengan kremesan. Asiknya tersedia 3 pilihan sambal yang bisa dipesan yakni sambal mangga, sambal goreng dan sambal kecombrang.

Tempat Wisata Di Sentul Bogor Terbaru via google pahrayangan hills
Tempat Wisata Di Sentul Bogor Terbaru via google pahrayangan hills

Alasan lain kenapa tempat makan di Sentul ini begitu ramai adalah, lokasinya yang menghadap ke area perbukitan hijau. Para pengunjung bisa menikmati secara lahap sembari disuguhkan pemandangan yang menyegarkan mata.

  • Alamat: Jl Air Terjun No.11, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor
  • Harga: Mulai Rp 12 ribuan
  • Jam Buka: 08.00 – 21.00 (weekday) dan 08.00 – 22.00 (weekend)

Goa Agung Garunggang

Gua ini cukup ramai diperbincangkan di kalangan traveller lantaran tekstur dan bentukna yang unik. Bebatuan di gua garunggung ini memiliki tekstur mirip seperti Grand Canyon. Tak hanya tampilan luar saja yang menawan, bagian dalam gua juga terdapat banyak monolit di bagian langit langitnya.

Baca Juga  Kopi Tepian Sentul, Review Lokasi Dan Menu
Tempat Wisata Di Sentul Bogor Terbaru via @goagarunggang
Tempat Wisata Di Sentul Bogor Terbaru via IG @goagarunggang

Untuk mencapai goa ini setiap pengunjung harus melakukan trekking dari area parkir. Jalanya relatif datar dan disekitarnya juga terdapat area persawahan hijau.

  • Alamat: Jl. Ptp Terusan, Cigobang, Desa Karang Tengah, Kecamatan babakan, Madang
  • Tiket Masuk: Rp 20.000,-/ orang
  • Jam Buka: setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB

Sawah Segar Sentul

Sawah segar merupakan wisata kuliner yang berada di area sawah. Bangunanya di balut dengan suasana tradisional dan pedesaanyang begitu asri. Salah satunya adalah pada bagian bangunan utama yang berbentuk pendopo. Terdapat pula beberapa gazebo untuk pengunjung yang mau bersantai dan menyantap aneka menu.

via @sawahsegardua
via @sawahsegardua

Diantara area persawahan terdapat jalan yang sudah dikeraskan. Para pengunjung bisa menjelajah sawah dan berfoto foto. Sebuah tempat dimana kamu bisa merasakan suasana pedesaan tapi tidak begitu jauh dari Jakarta.

  • Alamat: Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor,
  • Harga Menu: Rp 15 ribu – Rp 150 ribu
  • Jam buka: Setiap hari (kecuali senin) 10.00–18.00 WIB

Richie The Farmer

Tempat wisata di sentul yang satu ini menawarkan pedesaan ala amerika. Lokasinya berada pada ketinggian 700 mdpl memberikan pemandangan alam pegunungan yang memukau. Selain itu tentunya juga dibalut udara yang terasa menyegarkan paru paru.

via ig @richiegarden
via ig @richiegarden

Richie The Farmer menawarkan penginapan dan juga restoran. Tersedia 6 rumah/ villa dengan desain aesthetic yang bisa disewa. Tempat ini juga bisa disewa untuk acara seperti wedding maupun foto prewed. Jika ingin one day trip di sentul, kamu bisa datangi restonya saja yang menyediakan makanan seperti chicken katsu, nasi timbel, german bockwurst sausage dll. (baca: Harga Penginapan Richie The Farmer)

  • Alamat: Jl. Gunung Batu, Cijayanti, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor,
  • Harga Menu: Mulai Rp 20 ribuan
  • Jam buka: setiap hari 08.00–17.00 WIB

Tumbuhejo Farm Sentul

via @bogortrending, @tumbuhejo
via @bogortrending, @tumbuhejo

Sama seperti richie, tumbuhejo farm juga menawarkan penginapan dan juga restoran. Namun selain villa disini tersedia camping ground. Selain itu, lokasinya cukup dekat dengan sejumlah wisata alam seperti goa garunggang dan juga Curug Leuwi Hejo.

  • Alamat: Jl. Desa,Karang Tengah, Babakan Madang
  • Harga: –
  • Jam Buka: Setiap hari 07.30–15.30 WIB

Resto Kebun Teduh

Tak sekedar resto, tempat ini bisa jadi pilihan liburan bersama keluarga. Tersedia 5 area terpisah yang bisa kamu tempati seperti area joglo, kawuryan bawah, kawuryan atas, pendopo bawah serta area puri ibu. Kelimanya memiliki fungsi dan tipikal yang berbeda. Untuk puri ibu misalnya yang menyediakan tempat lebih private.

via ig @restokebunteduh
via ig @restokebunteduh

Suasana yang ditampilkan cukup hommy, sesuai tema yang diusung yakni “memori pulang ke rumah nenek”. Tersedia juga live music pada moment moment tertentu

  • Alamat: Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor
  • Harga menu: Rp 15 ribu – Rp 85 ribu
  • Jam buka: Setiap hari 10.00–18.00 WIB

Pasar Ah Poong

Ada yang unik dari wisata kuliner di Sentul yang satu ini. Konsepnya dibuat seperti pasar apung yang ada di Banjarmasin. Hanya saja yang dijual disini adalah makanan dan minuman. Tersedia lebih dari 80 jenis kuliner yang bisa kamu temukan.

Tersedia space di daratan (cafe) ada juga yang terletak diatas sungai cikeas. Kuliner yang dijajakan adalah makanan nusantara. Tentunya ini akan memberikan pengalaman berwisata kuliner yang unik.

  • Alamat: Jl. MH. Thamrin No.Kav.8, Cipambuan, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor
  • Harga: Muai Rp 7 ribuan
  • Jam Buka: Setiap hari 10.00–20.30 WIB
Baca Juga  Villa Khayangan Bogor, Harga Tiket & Penginapan

Jungleland Adventure Theme Park

Meski bukan wisata baru, namun destinasi ini masih rekomended untuk kamu kunjungi. Sebuah theme park terbesar yang ada di kawasan sentul city, Bogor. Memiliki lebih dari 33 wahana permainan yang bakal menguji adrenalinmu.

via junglean-land.com
via junglean-land.com

Rasakan sensasi naik bianglala tertinggi di Indonesia sembari menikmati view alam pegunungan di sekitar sentul. Wahana lain yang tak kalah menantang adalah mega drop, yang bakal membawamu naik turun dengan kecepatan tinggi.

  • Alamat: Kawasan Sentul Nirwana, Jalan Jungleland Boulevard No. 1, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor
  • Harga tiket: mulai Rp 100 ribuan
  • Jam buka: 10:00 – 17:00 (weekday) & 09:00 – 18:00 (weekends)

Villa Bamboo Sentul

Seperti namanya, ini merupakan sebuah penginapan dimana menghadirkan suasana alam yang asri. Lokasinya berada di belakang seklah tinggi intelijen negara. Selain villa, pengunjung juga bisa menginap di glamping.

via thebamboosvilla
via @thebamboosvilla

Salah satu villa di sentul yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Pasalnya memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti kolam bermain, play ground, wisata petik buah, mandi di sungai, flying fox, paintball hingga arung jeram.

  • Alamat: Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • Harga: Mulai Rp 400 ribuan

Teras Wangun Sentul

Suasana back to nature begitu melekat di tempat wisata di sentul yang satu ini. Lokasinyapun dekat dengan sebuah curug, memberikan nuansa yang alami. Daya tarik utamanya adalah cafe atau restoran dengan view alam hijau..

via teras_wangun
via teras_wangun

Selain itu juga menyediakan berbagai fasilitas sepreti tempat untuk rapat, pesta kebun hingga prewedding. Tersedia juga fasilitas camp ground jika ingin bermalam disini.

  • Alamat: Wangun Landeuh RT.04/RW.08 Karang Tengah, Sentul, Kec. Babakan Madang, Bogor
  • Harga: –
  • Jam buka: Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Kampoeng Koneng

Kompoeng koneng adalah sebuah restoran yang mengusung konsep ala kampung. Suasana pedesaan begitu kental terlihat pada bangunan bangunan bermaterialkan bambu, kayu dan jerami.

via @kampengkoneng
via @kampengkoneng

Selain kulineran, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Diantaranya memancing, membatik,melukis, kelas memasak, membuat tembikar dan masih banyak lainya.

  • Alamat: Jl. Tapos, RT.03/RW.04, Sentul Selatan, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor
  • Harga:
  • Jam Buka: Setiap hari 09.00–17.00 WIB

Edensor Hills Villa, Resort & Cafe

via instagram @travelerien
via instagram @travelerien

Daya tarik dari tempat ini adalah suasananya yang dibuat mirip seperti pedesaan eropa. Kamu bisa menemukan beberapa villa dengan nuansa eropa. Tersedia juga fasilitas resto dan cafe bagi kalian yang mau liburan tanpa harus menginap. Ada banyak menu yang menggoda seperti grilled fish, chciken crispy, hainan chicken rice dan masih banyak lainya. Lokasinyapun sangat dekat dengan sejumlah tempat wisata lain seperti pemandian air panas gunung pancar.

  • Alamat: Jl. Air Terjun No.11, Bojong Koneng, Sentul, Bogor
  • Harga Menginap: Mulai Rp 500 ribuan
  • Jam Buka Resto : 10.00-20.00 (Weekdays ) dan 08.00-21.00 (Weekend)

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di sentul bogor paling hits untuk referensi liburan 2023 ini. Mulai dari cafe, resto, wisata alam, hingga resort yang keren bisa kalian temukan di Sentul City.

Navia Azzahra

Blogger, Writer dan Travel Enthusiast. Lulusan Sarjana Teknik namun lebih tertarik dengan dunia online. Makan dan jalan jalan adalah kegemaranya