Jembatan Kaca Bali, Harga Tiket & Aktivitas Seru

Jembatan Kaca Bali atau yang juga disebut Glass Bridge Bali merupakan wisata terbaru yang berada di Kabupaten Gianyar. Jembatan yang dibuka sejak akhir tahun 2022 lalu itu kini jadi salah satu destinasi favorit baik para traveller lokal maupun mancanegara.

Rasanya tak perlu dipertanyakan lagi, Pulau Bali memang jadi tujuan favorit untuk berlibur. Daya tarik utamanya tentunya adalah pantai, wisata alam dan juga kearifan lokal masyarakatnya. Kendati demikian sejumlah tempat wisata di Bali juga dibangun secara modern.

Seperti halnya jembatan kaca Gianyar yang berada diatas sungai Petanu ini. Jembatan tersebut menghubungkan 2 daerah yakni Banjar Tegenungan dan Banjar Belangsinga. Sebelum berkunjung kesana, yuk ketahui beberapa fakta menarik berikut ini:

Aktivitas Seru Di Jembatan Kaca Gianyar Bali

Wisata jembatan kaca memang sudah tidak begitu asing ditelinga. Meskipun beberapa yang ada di Indonesia hanya sebatas gimmick untuk berfoto foto saja. Melalui media mainstream ataupun media sosial, kita juga kerap disuguhkan konten tentang jembatan kaca terpanjang yang ada di China.

Satu satunya jembatan kaca di Indonesia yang tidak sekedar gimmick tapi memang melintang diatas sungai dan menghubungkan 2 wilayah adalah glass bridge bali ini.

Jembatan Kaca Terpanjang Di Asia Tenggara

Fakta menarik yang pertama adalah jembatan tersebut memiliki panjang hingga 188 meter. Hal itu membuatnya dinobatkan sebagai jembtan kaca terpanjang se Asia Tenggara. Adapun lebarnya sendiri adalah 2,2 meter dan memiliki ketinggian dari permukaan sungai mencapai 66 meter.

Baca Juga  Woods Pererenan Bali, Info Harga Menu & Lokasi
jembatan kaca bali terpanjang se asia tenggara (pict via ig @sevendrone)
jembatan kaca bali terpanjang se asia tenggara (pict via ig @sevendrone)

Soal keamanan tak perlu khawatir, karena sudah teruji dengan beban 10 ton. Selain itu juga dibatasi maksimal 500 pengunjung yang berada diatas jembatan dalam waktu yang sama.

Kemudian ada beberapa rules yang harus dipatuhi oleh setiap pengunjung. Diantaranya memakai alas kaki yang sudah disediakan, tidak boleh merokok, tidak boleh membawa minuman serta tidak boleh loncat loncat atau lari.

Menguji Adrenalin

Kamu yang pobia ketinggian, destinasi ini bisa jadi tempat untuk menaklukan ketakutanmu. Berada diatas kaca seolah memberikan sensasi melayang diudara. Lihatlah kebawah, terlihat aliran sungai dari atas ketinggian.

v
Glass Bridge Bali East Entrance (foto via googmaps michael santoso)

Adrenalin akan semakin terpacu pada salah satu bagian jembatan yang memberikan ilusi kaca retak. Ketika kaki dipijakan ke kaca, kaca tersebut terlihat retak dan mengeluarkan bunyi “kreek”. Tapi itu hanyalah ilusi saja, tidak benar benar retak.

Menikmati Alam Yang Asri

Sungai petanu terlihat eksotis dari jembatan ini. Aliran sungai yang cukup deras serta pepohonan yang masih rimbun memberikan daya tarik tersendiri. Ditambah lagi dengan panorama air terjun tegenungan.

view sungai petanu (foto via google maps dhillan kara)
view sungai petanu (foto via google maps dhillan kara)

Selain menikmati lanskap tersebut dari atas jembatan, pengunjung juga bisa trekking, menyusuri sungai petanu dan menikmati air terjun tegenungan dari jarak dekat.

Fasilitas Lengkap

Di bagian depan sebelum memasuki jembatan, kamu bisa mendapat area foodcourt untuk bersantai dan menikmati makanan/minuman. Wisata the glass bridge bali akan dibangun secara bertahap. Kedepanya akan banyak fasilitas pendukung lainya seperti resto, toko oleh oleh, taman bunga, perosotan dan juga kolam renang.

Harga Tiket Masuk Jembatan Kaca Bali

Obyek wisata baru di gianyar Bali ini menerapkan tarif retribusi yang tidak murah. Ada beberapa kategori tiket masuk yang diterapkan. Yakni untuk wisatawan asli bali, domestik indonesia serta wisatawan asing. Harganya dipatok mulai Rp 50.000,-. Berikut pricelistnya:

Baca Juga  Harga & Fasilitas Lake Garden Bali
Harga Tiket Masuk
Wisatawan Asli Bali
HTM Anak-anak Rp 50.000,-
HTM Dewasa Rp 100.000,-
Wisatawan Domestik Indonesia
HTM Anak-anak Rp 75.000,-
HTM Dewasa Rp 150.000,-
Wisatawan Asing/ Mancanegara
HTM Anak-anak Rp 125.000,-
HTM Dewasa Rp 250.000,-

Lokasi Jembatan Kaca Bali

Karena berada di dua wilayah, destinasi ini memiliki 2 pintu masuk yakni pintu masuk timur dan pintu masuk barat. Untuk pintu masuk timur lokasinya berada di Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar (google maps).

Sementara itu untuk pintu masuk barat, berada di Jl. Ir. Sutami No.6, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Jam Buka

Destinasi wisata ini buka setiap hari pukul 08.00 sampai 18.00 WITA

Kedepanya akan ada rencana untuk penambahan beberapa aktivitas wisata di Jembatan kaca Bali ini sehingga jam operasionalnyapun akan sampai malam hari. Gimana tertarik untuk menguji adrenalinmu disini?

Beri Tanggapan:

/ 5. dari pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

You cannot copy content of this page