SOLO SAFARI Harga Tiket April 2024

Solo Safari adalah nama baru dari Taman Satwa Taru Jurug (Jurug Solo Zoo). Tempat wisata ini dibuka pada 27 Januari 2023. Menghadirkan konsep dan pengalaman baru yang dikemas lebih modern dan kekinian. 

Berwisata di kebun binatang selalu menghadirkan pengalaman yang seru. Kita bisa menambah wawasan beragam jenis hewan sekaligus berinteraksi denganya. Selain itu tentunya bisa mengenalkan kepada anak anak tentang hewan hewan tersebut yang sebelumnya hanya dilihat di foto ataupun gambar.

Beberapa waktu belakangan, warganet cukup ramai membahas tentang Solo Safari sebuah destinasi baru di Kota Surakarta. Jika kalian berencana liburan keluarga, yuk simak ulasan lengkap mengenai destinasi tersebut mulai dari wahana, fasilitas beserta besaran harga tiket masuknya berikut:

Daya Tarik Solo Safari Zoo

Bagi warga Solo, tentu sudah tidak asing dengan nama Taman Satwa Taru Jurug yang biasa disingkat TSTJ. Tempat tersebut telah direvitalisasi sejak bulan september 2022 lalu. Di awal tahun 2023 ini akhirnya waktu yang ditunggu tunggu telah tiba. Mas Gibran, sapaan akrab dari Wali Kota Solo menyebutkan soft opening akan dilakukan pada tanggal 27 Januari 2023.

Kebun binatang terbesar di Surakarta itu di rebranding dengan nama Solo Safari. Sebagai informasi, TSTJ Surakarta telah beroperasi sejak tahun 80-an. Kini tempat tersebut telah dilakukan peremajaan dan tentunya dengan berbagai perubahan yang dilakukan.

Solo Safari mengusung konsep petualangan dan hiburan yang fokus pada pelesatarian satwa endemik di Indonesia. Dari pertama kali masuk area wisata, pengunjung akan disambut dengan lanksap yang indah dan luas. Area lobby utamanyapun didesain dengan kelas dunia.

Baca Juga  Pinea Forest Mangli, Harga Tiket & Lokasi

Asian Panorama

Secara umum, solo safari zoo dibagi menjadi beberapa zona. Zona pertama adalah asian panorama yang berisi berbagai satwa dari benua Asia diantaranya ada komodo, Anoa, Beruang Madu, Binturong, Tapir dan lain sebagainya.

foto musang pandan via @jurugsolozoogalerysatwa
foto musang pandan via @jurugsolozoogalerysatwa

Menjelajah Primate Island

Selanjutnya kamu bisa menemukan danau buatan yang memiliki beberapa pulau pulau kecil. Disanalah terdapat hewan hewan primata seperti Owa Agilis Jawa, Siamang, serta Orang Utan. Untuk menjelejah tempat tersebut, tersedia jembatan yang melintang diatas danau.

foto orang utan via @jurugsolozoogalerysatwa
foto orang utan via @jurugsolozoogalerysatwa

Ada Satwa Khas Afrika

Zona selanjutnya adalah bernama African Savannah yang tentunya berisi berbagai koleksi hewan dari benua afrika. Diantaranya ada Elang, Gnu, Sitatunga, Watusi, Singa dll.

hewan sitatunga di solo safari via @jurugsolozoogalerysatwa
hewan sitatunga  via @jurugsolozoogalerysatwa

Menyaksikan Animal Show

Ini adalah wahana baru dari safari zoo. Kamu bisa menyaksikan berbagai pertunjukan yang menarik. Ada 3 show yang bisa kamu saksikan dengan jadwal yang berbeda. Ketiganya yakni Animal Show, Otter Show dan Elephant Show.

Daftar Harga Tiket Masuk Solo Safari Zoo Terbaru

Meski beberapa warganet mengeluhkan mengenai harga tiket, namun sebenarnya harganya masih lebih murah dibanding tempat serupa ditempat lain. Hal itupun juga tak lepas dari biaya operasional kebun binatang mulai dari makanan, dokter serta zookeeper. HTM solo safari ini terdiri dari beberapa kategori dengan rincian sebagai berikut:

Jenis TiketWeekdaysWeekend
Tiket Reguler DewasaRp55.000Rp75.000
Tiket Premium DewasaRp90.000Rp110.000
Tiket Reguler AnakRp45.000Rp60.000
Tiket Premium AnakRp65.000Rp80.000

Catatan Tambahan:

  • Tiket reguler adalah tiket masuk kawasan, pertunjukan edukasi satwa dan interaksi bersama satwa
  • Tiket premium adalah tiket masuk kawasan, pertunjukan edukasi satwa,, interaksi bersama satwa, welcome drink, akses area premium di makunde bistro, souvenir, buggy car
  • Tiket anak berlaku untuk usia 2 tahun keatas dengan tinggi badan maksimal 120 cm.
  • Harga tiket mungkin berbeda saat long weekend.

Lokasi Solo Safari

Alamat lengkapnya berada di Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tentunya tak sulit untuk menemukanya, karena tempat tersebut telah lama dikenal dengan nama taman satwa taru jurug. Lokasnya berjarak sekitar 6 km dari pusat kota surakarta tepatnya di sebelah selatan Universitas Sebelas Maret.

Baca Juga  Bukit Bejagan Jepara, Harga Tiket & Daya Tarik

Jam Operasional

HariJam Operasional
Senin-Jumat08.30 – 16.30 WIB
Senin-Minggu08.00 – 16.30 WIB
Animal Show09.00, 10.30, 14.30 WIB
Otter Show09.45, 11.00, 13.30 WIB
Elephant Show10.30, 15.30 WIB

Aktivitas Seru Di Solo Safari Zoo

Tempat wisata baru di Solo ini menawarkan banyak keseruan. Ada berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh setiap pengunjung. Diantaranya adalah sebagai berikut

Interaksi Dengan Hewan

Berfoto dengan hewan lucu atau memberikanya makan bisa jadi hal yang seru. Namun jangan asal memberi makan ya, ada aturanya. Pada beberapa hewan sudah ada paket “feeding”. Salah satunya adalah meerkat feeding dengan harga Rp50 ribu/ slot.

baca juga: Locananta bloc solo

Bertemu Siamang

Ada fakta menarik dimana solo safari ini adalah satu satunya kebun binatang dengan pulau primata yang disertai danau buatan yang cukup luas. Disana menjadi habitat siamang, kera primata yang memiliki suara merdu. Siamang memang memiliki ciri khas keras dan lantang, mereka menggunakan suara untuk mempertahankan teritoriti mereka.

Fantastic Picnic

Gak cuma bertemu dan berinteraksi dengan beragam hewan saja. Namun kamu juga bisa liburan ala ala picnic. Solo safari menyediakan paket fantastic picnic yang sudah dilengkapi dengan berbagai properti. Untuk harga paketnya sendiri start from Rp99 ribu.

Ikuti Event Event Terbatas

Solo safari kerap menghadirkan event terbatas pada moment moment tertentu. Seperti fun decorating cupcakes hallowen dimana mengjak pengunjung untuk menghias cupcakes ditemani satwa. Ada banyak event lainya yang terus digelar. Kamu bisa ikuti instagram @solosafari.id untuk mencari informasi mengenai event event seru lainya.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai mengenai SOLO SAFARI. Sebuah tempat wisata keluarga berupa kebun binatang dengan konsep petualangan yang seru dan pastinya memberikan pengalaman liburan berkesan.

Beri Tanggapan:

5/ 5. dari 22 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Blogger, Writer dan Travel Enthusiast. Lulusan Sarjana Teknik namun lebih tertarik dengan dunia online. Makan dan jalan jalan adalah kegemaranya