Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Lokasi Dan Rute Ke Terasering Panyaweuyan Majalengka

lokasi wisata terasering panyaweuyan majalengka

Siapa yang menyangka area perkebunan menjadi wisata yang menarik dan viral di instagram? Kalau nggak percaya, cobalah ke lokasi Terasering Panyaweuyan Majalengka, dan kamu akan menemukan jawabanya. Spot yang satu ini tengah hits dikalangan traveler utamanya kaum milenial. Kontur tanah yang berundak dan berpola yang diselimuti tanaman hijau memang menciptakan lanskap yang luar biasa. Selain menikmati pemandangan, juga bisa sekaligus menyaksikan aktivitas warga yang tengah berkebun.

Berada di lereng Gunung Ciremai, lembah panyaweuyan juga menawarkan udara sejuk khas pegunungan. Dengan kontur tanah yang memiliki kemiringan 25 hingga 40 derajat, membuat para petani disana bertani dan berkebun dengan sistem terasering. Lekuk lekuk terasering yang melingkari bukit terlihat begitu indah. Tak heran jika kemudian banyak pemuda pemudi yang hunting foto disini lantas diunggah di sosial media. Al hasil foto foto terasering panyaweuyan kerap viral dan menghiasi feed instagram.

Wisata terasering panyaweuyan argapura ini selain menjadi jujukan para wisatawan, tentunya menjadi sumber penghasilan warga lokal. Oleh sebab itu, saat hunting foto jangan sampai menggagu aktivitas meraka yaa. Ada berbagai jenis tanaman yang ada disana seperti ubi jalar, bawang merah dan bawang putih. Tidak seperti terasering pada umumnya, disini kamu tidak akan menemukan tanaman padi.

rute ke terasering panyaweuyan argapura majalengka
Jalan menuju puncak terasering panyaweuyan argapura majalengka

Lokasi lembah panyaweuyan di Majalengka ini sebenarnya sudah ditemukan sejak era 80’an, akan tetapi kembali muncul ke permukaan belakangan ini. Hal itu dipicu oleh video Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang diunggah di akun instagram pribadinya. Dengan follower yang mencapai jutaan, tak heran jika langsung viral. Kedepanya tempat ini bakal di rebranding sehingga tidak hanya warga lokal namun juga sampai mancanegara. Beberapa usulan nama yang tengah dipersiapkan diantaranya majalengka eksotik dan sunda land. Menarik untuk ditunggu!

Lokasi Wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka

Alamat lengkapnya terletak di 3 desa yakni desa sukasari kidul, sukasari kaler dan desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Untuk menjelajah hingga puncak bukit, pemkab Majalengka juga sudah membangun tangga permanen. Di bagian puncaknya juga terdapat bangunan kayu dan panggung untuk beristirahat sekaligus hunting foto.

Waktu terbaik jika datang kesini tentunya saat pagi dan sore hari. Saat pagi hari kamu bisa mendapati udara yang sejuk dan jika beruntung kabut tipis yang menyelimuti kawasan terasering memberikan aksen yang epic untuk di jepret dengan mata lensa. Begitu juga dengan sore hari, paduan warna langit kuning kemerahan dengan hijaunya terasering membuat hasil fotomu kian cantik.

Rute Ke Lembah Panyaweuyan Argapura

Kabupaten majalengka sendiri memang lokasinya cukup strategis, sebab memiliki 2 exit tol sekaligus. Jika kalian dari arah barat (jakarta, depok, bekasi dll) silahkan keluar di gerbang tol ertajati (km 158). Sedangkan jika dari arah timur (tegal, purwokerto, cirebon dll) bisa keuar di gerbang tol sumberjaya (km 174).

wisata majalengka hits terbaru

Rute ke terasering panyaweuyan Majalengka dari exit tol kertajati adalah melalui Pasar Kadipaten dan dilanjutkan dengan jalan raya Kadipaten – Majalengka. Jika sudah masuk kota majalengka, kalian akan menemukan bundaran Cigasong, silahkan ambil arah Kecamatan Maja. Selanjutnya arahkan perjalanan ke kecamatan Argapura. Jika bingung tanya warga setempat, pasti sudah tahu. Sementara itu rute dari exit tol sumberjaya menuju wisata panyaweuyan adalah melewati jalan raya cirebon – bandung. Pada lampu merah pertama silahkan ke kanan ke arah Jatiwangi. Dari jatiwangi dilanjutkan ke arah Majalengka- Cigasong – Maja – Sukasari.

Jalanan di kota Majalengka sendiri umumnya sudah bagus, namu begitu memasuki Sukasari, baru mulai diuji. Jalanan yang cukup sempit harus bergantian saat berpapasan dengan mobil dari lawan arah. Tak hanya itu saja kiri anan jalan juga dijumpai tebing yang curam. Oleh sebab itu, pastikan mobil atau kendaraan dalam kondisi fit utamanya rem, kopling dan juga penerangan.

Harga Tiket Masuk Wisata Panyaweuyan Majalengka

Untuk menikmati wisata di Majalangka yang lagi hits dan viral di intagram ini, kamu cukup membayar retribus sebesar Rp 5 ribu saja / orang. Selain itu membayar parkir kendaraan Rp 5 ribu untuk mobil dan Rp 2 ribu untuk sepeda motor.

Terakhir, kami sarankan untuk datang pada weekday saja. Sebab karena tengah nghits, kemungkinan bakal terjadi kemacetan menuju lokasi wisata. Mengingat jalananya yang sempit, tentu hal itu sedikit membahayakan. Selamat berlibur dan tetap patuhi protokol kesehatan ya!

Avatar
Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *