Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Gerbang Samudra Raksa Kulon Progo, Review Lokasi Dan Tiket Masuk

gerbang samudra klangon

Lokasi Gerbang Samudra Raksa yang berada di perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Magelang baru saja selesai dibangun. Bangunan yang berupa kapal pesiar tersebut menjadi salah satu gerbang masuk ke kawasan wisata Borobudur. Tempat ini juga menjadi rest area, bagi para pelancong dari luar kota yang butuh istirahat. Selain itu, tentunya bangunanya yang unik bisa menjadi spot asiik untuk hunting foto. Selengkapnya silahkan simak ulasan berikut.

Dalam beberapa hari belakangan ini, di jagad media sosial sedang ramai dengan destinasi baru berupa kapal berukuran raksasa dengan dua layar diatasnya. Di bagian bawahnya terdapat ornamen ornamen berbentuk lengkungan yang menggambarkan ombak samudra. View sungai progo dan pepohonan disekitarnya pun kian menambah cantik dan “adem” di pandang. Destinasi tersebut tak lain adalah gerbang samudra raksa yang secara administratif berada di kalibawang, Kulon Progo.

Keberadaan gerbang tersebut tentu menjadi salah satu trigger untuk menggelorakan wisata jogja di sisi utara. Hal itupun terlihat pada antusiasme pengunjung yang berdatangan dalam beberapa waktu terakhir. Kebanyakan yang datang ingin hunting foto dengan latar belakang kapal raksasa tersebut. Saat ini memang pengunjung belum boleh masuk ke rest areanya karena memang belum seutuhnya rampung. Kedepanya destinasi ini bisa menjadi tempat untuk menggelar berbagai event, kulineran dan tentunya untuk berwisata.

Menjadi Salah Satu Gerbang Masuk Wisata Borobudur

Proyek ini adalah salah satu dari program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Rencananya akan ada empat gerbang masuk kawasan wisata borobudur dengan ikon yang berbeda beda. Namun yang baru dibangun saat ini memang baru gerbang samudra raksa. Sedangkan ketiga lainya adalah Gerbang Kembanglimus Borobudur dengan ikon Gajah, Gerbang Palbapang Mungkid yang mengusung ikon Singa serta gerbang Blondo dengan ikon Pohon Kalpataru. Tidak asal, ikon ikon yang digunakan diambil dari relief yang ada di candi borobudur.

Keempat gerbang ini berjarak sekitar 7 km dari lokasi candi borobudur. Keempat gerbang bakal menyambut wisatawan dari berbagai arah. Proyek ini ditargetkan akan rampung di akhir tahun 2021 dengan total anggaran mencapai Rp118 miliar.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, kapal samudra raksa diambil dari sebuah relief yang berbentuk kapal kayu bercadik khas Nusantara. Ikon ini diambil sebagai representasi kebudayaan bahari pada zaman dahulu. Selain sebagai gerbang,  tempat ini juga berfungsi untuk istirahat wisatawan khususnya yang dari Bandara YIA menuju wisata Borobudur. Oleh karenanya, disini juga ditata menjadi rest area serta public space terbuka. Nantinya akan ada pusat informasi, pusat kuliner, pusat oleh oleh, deck view point, tempat ibadah, area parkir, toilet dan juga tempat pembuangan sampah.

Lokasi Gerbang Samudra Raksa Kulon Progo

Lokasi tepatnya berada di dusun klangan, Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Kalau dari kenteng silahkan ke utara terus sekitar 15 km. Kalau sampai di pasar jagalan, silahkan ke utara sedikit lagi. Lokasinya persis sebelum jembatan yang menghubungkan kulon progo dan magelang. Jika masih kesulitan, buka saja google maps karena sudah tersedia disana,

Harga Tiket Masuk

Karena destinasi ini berupa gerbang masuk dan rest area, tentu saja tidak ada retribusi masuk. Apabila sudah selesai dibangun, kamu bisa nongkrong dan menikmati kuliner ataupun berbelanja oleh oleh disana.

Foto Foto Gerbang Samudra Raksa

gerbang samudraraksa malam hari
gerbang samudraraksa malam hari
gerbang wisata borobudur
gerbang wisata borobudur
wisata baru di kali bawang kulon progo
wisata baru di kali bawang kulon progo
lokasi gerbang samudra raksa
lokasi gerbang samudra raksa

Akhir Kata

Sekian dulu ya review wisata terbaru bernama gerbang samudra raksa di Kulon Progo ini. Bagi yang sudah penasaran, langsung saja meluncur ke lokasi. Kamu bisa hunting foto dengan latar belakang kapal berukuran raksasa.

 

Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *