16 Tempat Wisata Di Pekanbaru Yang Lagi Hits 2023

Berbagai tempat wisata di Pekanbaru yang lagi hits berikut bisa kamu jadikan referensi liburanmu saat berada di Ibukota Provinsi Riau tersebut. Mulai dari wisata alam, themepark hingga tempat tempat nongkrong instagramable bisa kamu temukan.

Pekanbaru adalah kota terbesar di Riau sekaligus menjadi salah satu pusat ekonomi di Pulau Sumatera. Lokasinyapun sangat strategis karena berada di jalur lintas timur sumatera yang mana menghubungkan berbagai kota seperti Jambi, Padang, hingga Medan. Tak heran jika kota ini kerap dikunjungi pelancong dari berbagai daerah entah untuk keperluan bisnis maupun wisata.

Nah jika kalian sedang berada di kota bertuah tersebut, ada sederet tempat wisata di Pekanbaru yang bisa kalian kunjungi. Mulai dari yang menyuguhkan keindahan alam, hingga spot spot instagramable untuk berfoto foto.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Pekanbaru Paling Hits

Dalam beberapa tahun terakhir, tempat wisata dengan gimmick spot spot foto memang menjadi daya tarik utama. Seolah gak mau kalah dengan daerah lain, Di Pekanbaru kamu juga bisa menemukan beberapa tempat wisata yang hits dan instagramable. Tak jarang foto fotonyapun kerap viral di sosial media. Berikut beberapa diantaranya:

Riau Garden

Ini adalah salah satu wisata terbaru di Pekanbaru yang lagi hits. Riau Garden adalah sebuah wisata kuliner yang konsep shopping street utamanya adalah kuliner. Ada berbagai macam tenant kuliner dengan berbagai macam menu tentunya.

wisata terbaru di pekanbaru via IG @riaugarden.id
wisata terbaru di pekanbaru via IG @riaugarden.id

Tempat ini baru saja dibuka pada bulan desember 2022 lalu. Lokasinya berada di daerah panam, tak jauh dari pusat kota. Selengkapnya bisa dibaca: Riau Garden Pekanbaru.

  • Alamat:
  • iket Masuk:
  • Jam Buka:

Taman Bunga Impian Okura

Berwisata di taman bunga memberikan keseruan tersendiri. Bunga bunga cantik yang sedang bermekaran bisa jadi spot yang instagramable. Bagi warga pekanbaru bisa mengunjungi taman bunga yang terletak di tebing tinggi okura ini.

via ig @tamanwisataokura
via ig @tamanwisataokura

Bahkan taman ini merupakan pelopor taman bunga matahari di pekanbaru. Selain bunga matahari, terdapat pula beberapa jenis bunga lainya. Beberapa fasilitas yang ada disini antara lain ada camping ground dan juga area pemancingan.

  • Alamat: Tebing Tinggi Okura, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau
  • Tiket Masuk: Rp 5.000,-/ orang
  • Jam Buka: 09.00–17.00 WIB

Desa Wisata Okura

Gak cuma taman bunga, kamu juga bisa menjelajahi desa wisata okura yang sudah diresmikan sebagai desa wisata sejak 2010 silam. Masyarakatnya yang bersuku melayu-riau masih mempertahankan budaya dan juga nuansa tradisionalnya. Salah satunya adalah tempat tinggalnya yang berupa rumah panggung.

Ada banyak atraksi wisata yang bisa kamu lakukan mulai dari susur sungai ukai, berkuda hingga memanah. Ada juga atraksi budaya seperti tari zapin pecah duah belas hingga permainan tradisional gasing.

  • Alamat: TebingTinggi Okura, Rumbai Timur, Pekanbaru, Riau
  • Tiket Masuk: –
  • Jam buka: 24 jam

Asia Heritage Pekanbaru

Ini adalah salah satu wisata di pekanbaru yang paling hits. Tempat ini menyuguhkan berbagai spot spot yang instagramable, yang memenuhi selera anak muda sekarang. Ada banyak bangunan landmark dari berbagai negara seperti little kyoto, great wall, jeju village dll.

wisata di pekan baru paling hits by @asia.heritage
wisata di pekan baru paling hits by @asia.heritage

Selainitu tersedia juga berbagai wahana yang menarik seperti floating market, rainbow slide, kereta mini, dino park, dan masih banyak lainya. Berfoto foto dan bermain dengan beragam wahana menjadi daya tarik utamanya.

  • Alamat: Jl. Yos Sudarso No.Km.12, RW.5, Muara Fajar, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru
  • Harga tiket: Rp 30.000,-/ orang
  • Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB
Baca Juga  Riau Garden Pekanbaru - Daftar Tenant, Lokasi & Fasilitas

Asia Farm Hayday

Sesuai namanya, tempat wisata ini mengusung konsep agrowisata yang bisa jadi sarana edukasi bagi anak. Lokasinya hanya sekitar 15 menitan saja dari pusat kota. Ada berbagai aktivitas untuk bermain dan belajar yang bisa dilakukan seperti peternakan, pertanian hingga perikanan.

pict from ig @asiafarm.id
pict from ig @asiafarm.id

Selain sebagai wisata edukasi, asia farm hayday juga menampilkan puluhan spot yang instagramable. Diantaranya ada kincir angin, rumah hobit, monumen corona, area peternakan seperti di Shaun The Sheep, dan lain sebagainya.

  • Alamat: Sail, Kec. Sail, Kota Pekanbaru, Riau
  • Harga Tiket: Mulai Rp 25.000,-/ orang
  • Jam Buka: Setiap hari 08.00–18.00

Taman Rekreasi Alam Mayang

Ini adalah wisata hits di pekanbaru sepanjang masa. Taman ini memiliki beragam wahana seperti taman bermain anak, sepeda air, mancing, outbound dan lain sebagainya. Lokasinya cukup teduh denagn pepohonan rindang disekitarnya

from instagram @alammayangpekanbaru
from instagram @alammayangpekanbaru
  • Alamat:Jl. Imam Munandar taman rekreasi alamayang No.depan, Tengkerang Tim., Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru
  • Harga tiket: Rp 20.000,-/ orang
  • Jam Buka: Setiap hari 8.00 – 17.30 WIB

Borneo Waterpark

Ini adalah wisata rekreasi air yang memiliki wahana utama kolam air dengan beberapa wahana. Diantaranya ada kids pool, lazy river, kolam ombak, kolam renang busa dan tentunya adalah seluncuran.Total ada 15 wahana baik untuk anak anak maupun dewasa.

pict by @borneowaterpark
pict by @borneowaterpark

Meski secara administratif lokasinya berada di kampar, namun cukup dekat diakses dari pekanbaru. Hanya berjarak sekitar 10 km saja dari pusat kota.

  • Alamat: Jl. Karya Bersama No.14, Tanah Merah, Kec. Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau
  • Harga Tiket: Rp 35.000,- / orang
  • Jam Buka:  09.00-18.00 WIB

Labersa Riau Fantasi

Tempat wisata ini juga masuk dalam wilayah kabupaten kampar. Namun hanya berjarak 11 km saja dari pusat kota. Jadi kami merekomendasikan destinasi ini khususnya bagi yang mencari wisata air atau waterpark di Pekanbaru.

pict via @laberas_riaufantasi
pict via @labersa_riaufantasi

Labersa memiliki 5 jenis kolam yang berbeda diantaranya lazy river pool, kolam balita, kolam dewasa, crocodile pool, dan kolam petualangan. Tersedia juga beberapa perosotan dengan bentuk dan ukuran yang berbeda beda.

  • Alamat: Jl. Labersa, Simpang Tiga, Kec. Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau
  • Harga tiket: Rp 60.000,-/ orang
  • Jam Buka: Setiap hari 10.00–18.00 WIB

Agrowisata Pelangi

Agrowisata pelangi memiliki berbagai tanaman seperti kelengkeng, pepaya, anggur, dan berbagai jenis sayuran. Selain itu tersedia beberapa jenis permainan seperti flying fox, karpet terbang, ATV, hingga outbound.

by @agrowisatapelangi
by @agrowisatapelangi

Tempat wisata ini awalnya adalah perkebunan karet. Di tahun 2020 lalu disulap jadi wisata yang asri. Suasananya sejuk karena dikelilingi pepohonan.

  • Alamat: Jl. Lintas Sumatra, Kulim, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru
  • Harga Tiket: Rp 15.000,-/ orang
  • Jam Buka: Setiap hari 08.00–18.00 WIB

Agrowisata tenayan raya

Agrowisata tenan raya bisa jadi opsi untuk wisata keluarga di Pekanbaru. Memiliki luas 6 hektar, tempat ini menawarkan wisata pertanian seperti bercocok tanam. Traveller bisa bealjar dari pembibitan sampai panen, didampingi oleh pembimbing. Beberapa tanaman yang ada didalamnya antara lain jagung, kelengkeng, melon, manga, kebunjeruk dll.

agrowisata tenanan raya
agrowisata tenanan raya

Gak cuma wisata edukasi, namun juga dilengkapi dengan beberapa permainan yang menantang. Kamu bisa mengikuti paket outbound yang memiliki permainan seru seperti jembatan gantung, melewati rintangan diatas kolam dll.

  • Alamat: Jalan Kadiran Kulim, Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru Provinsi Riau
  • Harga tiket: mulai Rp 20.000,-/ orang
  • Jam Buka: 08.00–18.00 WIB
Baca Juga  Jam Buka Dan Tiket Masuk Taman Wisata Refi Pekanbaru

Rainbow hills pekanbaru

Rainbow hills alias bukit pelangi adalah salah wisata hits dan viral. Ini lantaranbukit tersebut memiliki tampilan warna warni bak pelangi. Oleh karenanya banyak anak muda yang datang untuk berfoto foto entah sekedar keperluan sosial media maupun untuk prewedding.

rainbow hills pict via googlemaps foto
rainbow hills pict via googlemaps foto
  • Alamat: Jalan Kemping, Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru
  • Harga tiket: –
  • Jam buka: 24 jam

Rumah Singgah Tuan Kadi

Mau cari wisata gratis di pekanbaru? Silahkan ke Rumah Singgah Tuan Kadi. Ini merupakan rumahpeninggalan Sultan Kerajaan Siak. Disini kamu bisa belajar sejarah kejayaan kesultanan siak.

wisata sejarah pekanbaru
wisata sejarah pekanbaru

Lokasinya berada di tepian sungai siak, sehingga kamu disini bersantai sembari menikmati sungai. Cocok untuk bersantai bersama keluarga saat sore hari. Bahkan kamu juga bisa menemukan beberapa penjual kerajinan tangan seperti tanjak tenun.

  • Alamat: Kp. Bandar, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru
  • Harga tiket: –
  • Jam Buka: 08.00–16.00

Pasar Bawah Pekanbaru

Meski ini adalah pasar tradisional, namun bisa menjadi salah satu destinasi saat kamu berkunjung ke pekanbaru. Banguanya terdiri dari 4 lantai dengan arsitektur melayu tionghoa. Ada banyak hal yang bisa kamu temukan di pasar tersebut. Gak cuma produk lokal, namun ada juga karpet timur tengah hingga keramik cina.

pasar bawah
pasar bawah
  • Alamat: Kampung Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau
  • Harga tiket: –
  • Jam Buka: 08.00–18.00 WIB

Langit Biru Coffee & Eatery

Pekanbaru juga memiliki tempat tempat nongkrong hits. Kamu bisa bersantai dan memesan berbagai makanan atau minuman dengan suasana yang sejuk dan comfy. Salah satunya adalah langit biru coffee & eatery.

cafe hits di pekanbaru by @langitbiru_coffee
cafe hits di pekanbaru by @langitbiru_coffee

Cafe ini memiliki area indoor dan outdoor dengan tema industrial. Simple dan elegan itulah kesan yang cukup menonjol. Areanya cukup luas dan memiliki fasilitas wifi.

  • Alamat: Jl. Hangtuah IV, Suka Maju, Kec. Sail, Kota Pekanbaru
  • Harga: mulai Rp 18.000,-
  • Jam Buka: –

Malabar Coffee pekanbaru

Ini adalah cafe terbaru di pekanbaru yang lagi hits. Sebuah tempat nongkrong denga space yang sangat luas. Terdiri dari indoor dan juga outdoor. Desain cafenya aesthetic, cocok nih buat yang suka foto fotoan.

pict by @heinz.cp @malabar.pku
pict by @heinz.cp @malabar.pku

Untuk urusan menu juga sangat beragam, yang menjadi signature menunya adalah malabar coffee dan black pink.

  • Alamat: Jl. Kaharuddin Nst, Maharatu, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru
  • Harga: Mulai Rp 12.000,-
  • Jam Buka: Setiap hari 10.00 – 01.00 WIB

Kampung Kecil Pekanbaru

Kampung kecil merupakan sebuah restoran keluarga yang menghadirkan suasana ala perkampungan sunda. Nuansa tradisional begitu kental pada bangunan bangunanya yang menggunakan kayu dan bambu. Ada deretan gazebo yang bisa dipilih oleh setiap pengunjung. Disekeliling gazebo tersebut terdapat kolam ikan dengan air yang super jernih.

kampung kecil palembang
kampung kecil palembang
  • Alamat: Jl. Rajawali No.43, RT.03/RW.04, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau
  • Harga: Mulai Rp 5 ribuan
  • Jam Buka: 10.00–21.00 WIB

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di pekanbaru yang sedang hits dan bisa jadi referensi tempat liburan di tahun 2023 ini. Tentu saja masih ada banyak destinasi lain yang bisa kalian explore dari wisata sejarah, wisata alam maupun wisata kuliner.

Beri Tanggapan:

/ 5. dari pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

You cannot copy content of this page