Desa Wisata Cibuk Kidul Seyegan, Harga Tiket & Lokasi

Desa Wisata Cibuk Kidul – Bagi sebagian orang berkunjung ke daerah pedesaan yang asri dan dipenuhi dengan pepohonan hijau menjadi salah satu opsi untuk berwisata. Di Jogja tentu ada banyak sekali tempat yang menawarkan suasana tersebut.

Salah satu yang lagi viral adalah Desa wisata Cibuk Kidul yang berada di daerah Seyegan, Kabupaten Sleman. Salah satu pemicu tempat tersebut dikenal luas khususnya di jagad sosial media adalah keberadaan kereta luncur mini yang bisa membawa hingga 15 orang mengelilingi area persawahan dan perairan.

Wisata semacam ini tentu bisa jadi alternatif saat sudah bosan dengan tempat tempat wisata yang gitu gitu aja. Apalagi disana juga bisa jadi wisata edukasi khususnya dibidang pertanian.

Daya Tarik Desa Wisata Cibuk Kidul Seyegan

Desa wisata cibuk kidul ini merupakan destinasi wisata berbasis masyarakat yang memanfaatkan potensi area pertanian. Potensi tersebut berupa lawahan persawahan yang luas serta budidaya ikan dengan sistem minapadi. Sebelum berkunjung, simak beberapa daya tarik tempat wisata yang satu ini sebagai berikut

Suasana Pedesaan Yang Asri

Suasana Pedesaan Yang Asri
Suasana Pedesaan Yang Asri

Bagi mereka yang hidup diperkotaan, berkunjung ke daerah pedesaan yang asri tentu menjadi pengalaman yang asik. Disini kita akan disuguhkan dengan suasana desa yang begitu kental. Mulai dari area persawahan, pepohonan hijau nan rindang hingga berbagai pilihan kuliner tradisional yang menggoda.

Baca Juga  Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Santorini Jogja

Begitu juga dengan kehidupan masyarakatnya yang masih menjunjung tinggi keramah tamahan dan juga kearifan lokal. Rasakan kehidupan pedesaan tempoe doeloe yang masih kental terasa.

Sistem Pertanian Mina Padi

wisata edukasi pertanian
wisata edukasi pertanian

Tempat wisata ini juga bisa sekaligus menjadi wisata edukasi dibidang pertanian. Pasalnya sistem pertanian yang digunakan cukup unik dan berbeda dengan proses penanaman padi pada umumnya.

Yaps, sistem pertanian tersebut disebut dengan mina padi yang mana menggabungkan antara kolam dan sawah. Jadi dalam satu petak sawah, selain digunakan untuk bertani juga sebagai kolam ikan air tawar. Dengan begitu warga cibuk kidul bisa panen ganda yakni dari beras dan ikan.

Menariknya lagi, sistem ini juga meningkatkan produktivitas padi. Hal ini lantaran terhindar dari hama tikus. Selain itu ikan ikan di kolam bisa membersihkan gulma yang ada di padi.

Wahana Kereta Luncur

via ig @desawisata_cibukkidul
via ig @desawisata_cibukkidul

Ini adalah wahana yang membuat tempat tersebut menjadi viral. Ada beberapa wahana yang ditawarkan oleh desa wisata cibuk kidul, salah satunya adalah mina sepur. Sebuah kereta luncur mini yang mampu membawa sekitar 15 penumpang mengelilingi mina padi. Pengunjung bisa menikmati view sawah, ikan serta hembusan angin pedesaan.

Selain mina sepur, ada juga wahana bebanyon yakni berupa wisata tubing yang melintasi saluran irigasi. Nantinya pengunjung akan mendapatkan fasilitas beruba ban untuk meluncur dan helm sebagai pengaman.

Pasar Sore

Waktu yang pas untuk datang kesini adalah saat sore hari. Selain tidak begitu terik, juga akan digelar pasar sore yang menjual berbagai jajanan dan menu angkringan.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Cibuk Kidul

Sebenarnya tidak ada tiket masuk yang diberlakukan. Tiket diberlakukan untuk retribusi wahana mina sepur dan bebanyon. Adapun harganya bisa dilihat pada tabel berikut:

Baca Juga  Luma Roots Lightscape Kaliurang, Harga Tiket & Lokasi
Jenis TiketHarga
Tiket Mina SepurRp5.000
Tiket BebanyonRp5.000

Jam Operasional

HariJam Operasional
Senin-JumatBy reservation
Sabtu-minggu08.00 – 17.00 WIB

Lokasi Desa Wisata Cibuk Kidul

Alamat lengkapnya terletak di Cibuk Kidul, Margoluwih, Kec. Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya hanya 10 km dari pusat kota jogja. Untuk kesana kamu bisa melewati jalan godean, dan belok ke utara di perempatan munggur. Gunakan saja google maps untuk lebih mudahnya.

Demikian tadilah ulasan lengkap mengenai desa wisata cibuk kidul. Buat yang mau liburan murah meriah namun asik, tempat ini bisa jadi opsinya. Selamat liburan yaa.

Beri Tanggapan:

0/ 5. dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Blogger, Writer dan Travel Enthusiast. Lulusan Sarjana Teknik namun lebih tertarik dengan dunia online. Makan dan jalan jalan adalah kegemaranya