20 Makanan Khas Aceh Yang Harus Kamu Coba

Makanan Khas Aceh – Aceh, sebuah nama yang mengingatkan kita pada kekayaan budaya dan sejarah yang melingkupinya. Terletak di ujung utara Sumatera, provinsi ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari panorama keindahan Indonesia. Selain pemandangan alam yang memukau, Aceh juga menyajikan harta yang tak kalah berharga dalam bentuk kuliner.

Dalam dunia kuliner ini, kita akan menemukan bukti nyata bagaimana makanan khas dapat menjadi cerminan budaya yang dalam dan melekat pada identitas suatu daerah. Dikenal sebagai Serambi Mekah, Aceh memancarkan pesona unik dengan kekayaan budaya yang melibatkan unsur-unsur dari berbagai peradaban. Provinsi ini tidak hanya mengagumkan dalam hal alam, tetapi juga menjadi ruang bagi tradisi, seni, dan kuliner yang luar biasa.

Posisinya yang strategis sebagai pelabuhan perdagangan sepanjang sejarah memungkinkan pertemuan beragam budaya yang memberikan warna unik pada Aceh. Dalam perjalanan kuliner ini, kita akan menggali lebih dalam tentang bagaimana rasa makanan dapat menghubungkan kita dengan warisan budaya yang kaya dan bermakna.

Makanan khas memiliki peran sentral dalam membangun dan memelihara identitas budaya suatu daerah. Di Aceh, makanan bukan hanya soal memenuhi rasa lapar, tetapi juga berperan dalam upaya mempertahankan warisan nenek moyang. Setiap gigitan makanan khas Aceh adalah langkah kecil menuju pemahaman yang lebih dalam tentang cara hidup dan pandangan dunia masyarakat Aceh.

Bagaimana cara mengolah, memilih bahan-bahan, dan menggabungkan rempah-rempah yang unik adalah refleksi dari nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Aceh. Oleh karena itu, dalam perjalanan ini, kita tidak hanya berkenalan dengan rasa, tetapi juga melihat bagaimana makanan khas menjadi jembatan antara masa lalu dan masa kini, membawa kita dalam petualangan menakjubkan melintasi kekayaan budaya Aceh.

Ini Dia Makanan Khas Aceh Yang Wajib Kamu Cobain Saat Liburan

Keumamah

Keumamah
Keumamah

Keumamah merupakan makanan khas aceh yang berupa ikan tongkol atau tuna sebagai bahan dasarnya. Kemudian dikeringkan dibawah matahari lalu diolah dengan tambahan tepung terigu.

Proses pengeringan tersebut membuat ikan berwarna kehitaman sehingga juga sering disebut ikan kayu. Jadi ini adalah produk semi jadi, dimana kalian bisa olah dengan berbagai bumbu dan bahan lain.

Sie Reuboh – Makanan Khas Aceh

Sie Reuboh - Makanan Khas Aceh
Sie Reuboh – Makanan Khas Aceh

Sie reuboh merupakan makanan berbahan dasar daging sapi. Kemudian dimasak dengan rempah rempah dan cuka. Biasanya makanan ini jadi lauk sehari hari oleh masyarakat aceh. Sering juga dihidangkan saat bulan puasa.

Eungkot Paya

Eungkot Paya
Eungkot Paya

Selanjutnya ada eungkot paya yang mirip seperti gulai dengan dominan rasa asam pedas. Bahan utamanya adalah ikan di sungai atau rawa (ikan tawar). Seperti namanya engkot paya yang berarti ikan payau. Dimasak dengan aneka rempah khas aceh seperti bumbu kelapa ngoseng, ketumbar, santan, daun salam koja, serai, dll.

Kue Bhoi

Kue Bhoi
Kue Bhoi

Kue ini cukup dikenal di Aceh karena keunikanya. Bentuknya yang bervariasi mulai dari bunga hingga ikan menjadi daya tariknya. Teksturnya lembut didalam dan kering dibagian luat. Biasanya kue ini dijadikan untuk seserahan.

Baca Juga  20 Makanan Khas Medan Yang Harus Kamu Cobain

Rendang Aceh

Rendang Aceh
Rendang Aceh

Rendang Aceh adalah salah satu makanan khas yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di provinsi Aceh. Hidangan ini telah memikat lidah para pecinta kuliner dengan cita rasa yang kaya dan aroma yang menggugah selera. Rendang Aceh memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan rendang dari daerah lain di Indonesia. Daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi yang dimasak dalam santan dan campuran rempah-rempah khas Aceh.

Proses memasak rendang Aceh sangatlah mendetail dan memerlukan kesabaran. Daging sapi direbus dalam santan kental bersama dengan rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, kunyit, cabai, dan daun jeruk. Rempah-rempah inilah yang memberikan cita rasa khas dan aroma yang menggugah selera pada hidangan ini. Proses pemasakan yang lama mengakibatkan daging menjadi begitu empuk sehingga hampir meleleh di mulut, dan rasa rempahnya meresap dalam setiap serat daging.

Kuah Pliek U

Kuah Pliek U
Kuah Pliek U

Kuah Pliek U adalah salah satu hidangan khas yang mencerminkan kekayaan rempah dan rasa unik dari kuliner Aceh. Hidangan ini telah menggugah selera banyak orang dengan kuah santan yang kaya, disertai dengan campuran rempah-rempah yang memberikan cita rasa pedas dan gurih yang khas.

Pada dasarnya, Kuah Pliek U adalah hidangan berbasis ikan yang umumnya menggunakan ikan jenis tongkol, tuna, atau kakap. Ikan segar tersebut direbus dalam kuah santan yang diperkaya dengan beragam bumbu seperti kunyit, lengkuas, bawang merah, dan cabai. Selain itu, kuah ini juga sering diberi tambahan daun kari yang menambah aroma segar pada hidangan.

Kuah Pliek U sering kali disajikan dengan nasi putih hangat dan pelengkap seperti telur rebus, tauge, dan perkedel ikan. Kombinasi tekstur lembut dari ikan, kuah santan yang kaya, serta rempah-rempah yang sedap membuat hidangan ini begitu dinikmati oleh siapa pun yang mencobanya. Keunikan Kuah Pliek U tidak hanya terletak pada rasa dan aroma, tetapi juga dalam cara penyajiannya yang menggambarkan betapa dalamnya akar budaya dan kekayaan kuliner Aceh yang terpancar melalui setiap gigitannya.

Mie Aceh

Mie Aceh
Mie Aceh

Namanya sudah begitu familiar, karena kudapan yang satu ini telah tersebar di berbagai daerah. Mie dengan kuah khas Aceh ini memiliki cita rasa unik yang berasal dari bumbu rempah seperti kayu manis, pala, dan jintan. Mie Aceh disajikan dengan daging dan sayuran, menghasilkan hidangan lezat dan mengenyangkan.

Sate Matang Aceh

Sate Matang Aceh
Sate Matang Aceh

Dalam hidangan ini, potongan daging sapi atau ayam yang telah dipotong kecil-kecil diolah dengan teknik khusus hingga mencapai tingkat kematangan yang sempurna. Yang membuat Sate Matang berbeda adalah kuahnya yang kental dan bumbu pekat yang memberikan cita rasa yang begitu kaya dan beragam.

Proses pembuatan Sate Matang dimulai dengan merendam potongan daging dalam campuran rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, bawang merah, dan bawang putih. Setelah direndam, daging kemudian ditusuk dan dipanggang hingga matang di atas bara api. Kuah khas Sate Matang dibuat dari campuran kacang tanah yang dihaluskan dan diberi tambahan bumbu-bumbu rempah lainnya. Kuah ini memiliki rasa gurih yang khas dan sedikit pedas, sangat cocok sebagai pelengkap untuk sate yang telah matang.

Ayam Tangkap

Ayam Tangkap
Ayam Tangkap

Ayam Tangkap adalah hidangan ayam yang digoreng kering dengan bumbu rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, dan bawang merah. Hidangan ini memiliki tekstur yang renyah dan cita rasa yang kuat. Ayam Tangkap sering kali disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal sebagai pelengkap. Hidangan ini adalah pilihan yang sempurna untuk para penggemar kuliner yang mencari sensasi rasa yang berbeda dan ingin merasakan kelezatan rempah-rempah khas Aceh dalam setiap gigitan. Dengan Ayam Tangkap, kita dapat merasakan bagaimana kekayaan bumbu dan keahlian memasak tradisional menghasilkan hidangan yang begitu memikat dan menggugah selera.

Baca Juga  20 Makanan Khas Medan Yang Harus Kamu Cobain

Kari Kepala Ikan

Kari Kepala Ikan
Kari Kepala Ikan

Kari Kepala Ikan adalah hidangan ikan segar yang dimasak dalam kuah kari khas Aceh. Kuah kari yang kental dan bumbu rempah yang melimpah memberikan cita rasa yang khas dan lezat.

Gulai Tunjang – Makanan Khas Aceh

Gulai Tunjang - Makanan Khas Aceh
Gulai Tunjang – Makanan Khas Aceh

Gulai Tunjang adalah gulai kaki sapi dengan bumbu rempah yang kaya. Daging kaki sapi yang dimasak hingga empuk dan terendam dalam kuah gulai menghasilkan hidangan yang gurih dan menggugah selera.

Kopi Gayo

Kopi Gayo
Kopi Gayo

Kopi Gayo adalah kopi Arabika berkualitas tinggi yang tumbuh di pegunungan Gayo. Kopi ini memiliki cita rasa yang khas dengan aroma yang menggoda.

Teh Tarik Aceh

Teh Tarik Aceh
Teh Tarik Aceh

Teh Tarik Aceh adalah teh yang disajikan dengan gaya tarik khas Aceh. Tekstur teh yang kental dan cita rasanya yang lezat membuatnya menjadi minuman yang nikmat.

Martabak Aceh

Martabak Aceh
Martabak Aceh

Martabak Aceh adalah martabak dengan isian gurih dan lezat seperti daging, telur, dan sayuran. Kulit luar yang renyah dan isian yang melimpah membuatnya menjadi camilan yang menggugah selera.

Lontong Balap

Lontong Balap adalah lontong dengan kuah kacang yang khas. Hidangan ini diberi tambahan tauge, lentho, dan rempah-rempah yang memberikan cita rasa yang lezat.

Wajik Aceh

Wajik adalah manisan ketan dengan rasa gula aren yang lezat. Hidangan ini memiliki tekstur kenyal dan cita rasa manis yang khas.

Boh Rom Rom (klepon)

Boh Rom Rom (klepon)
Boh Rom Rom (klepon)

Klepon adalah kue ketan dengan isian gula merah dan kelapa parut. Kulit luar yang kenyal dan isian yang manis menciptakan harmoni rasa yang enak.

Lempeng Kelapa – Makanan Khas Aceh

Lempeng Kelapa - Makanan Khas Aceh
Lempeng Kelapa – Makanan Khas Aceh

Lempeng Kelapa adalah salah satu hidangan istimewa dalam kuliner Aceh yang menawarkan sentuhan unik dari olahan kelapa yang lezat dan gurih. Hidangan ini sering kali dianggap sebagai camilan tradisional yang merakyat dan memberikan rasa kenangan masa kecil. Lempeng Kelapa terbuat dari bahan dasar kelapa parut yang kemudian diolah dan digoreng hingga menghasilkan tekstur yang renyah dan cita rasa yang menggugah selera.

Hidangan ini menawarkan kombinasi sempurna antara manisnya gula dan aroma harum dari kelapa yang tercium begitu menggoda. Rasa renyah dan lezat dari Lempeng Kelapa menjadikannya sebagai camilan yang sempurna untuk menemani momen santai atau sekadar sebagai jajan di antara waktu. Kelezatan hidangan ini tidak hanya berasal dari rasanya yang enak, tetapi juga dari simpelnya bahan-bahan yang digunakan, menghadirkan kenikmatan yang autentik dan khas dari kuliner Aceh.

Cumi Bumbu Aceh

Cumi Bumbu Aceh
Cumi Bumbu Aceh

Cumi Bumbu Aceh memiliki tekstur yang lembut dan empuk, sementara bumbu rempahnya memberikan sensasi rasa yang beragam di setiap gigitan. Hidangan ini sering kali disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai pelengkap dalam hidangan nasi atau mie. Cumi Bumbu Aceh merupakan pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin menjelajahi rasa autentik kuliner Aceh dengan sentuhan laut yang segar dan rempah-rempah yang khas.

Bubur Aceh

Bubur Aceh
Bubur Aceh

Bubur Aceh adalah bubur khas Aceh dengan rasa dan aroma rempah yang khas. Bubur ini disajikan dengan berbagai tambahan seperti daging, telur, dan rempah-rempah yang menghasilkan cita rasa yang beragam.

Dengan mencicipi berbagai makanan khas Aceh di atas, kamu akan dapat merasakan kekayaan cita rasa dan keunikan kuliner dari provinsi ini. Setiap hidangan memiliki ciri khasnya sendiri dan menceritakan kisah budaya yang tak ternilai harganya.

Astri Kurniawati

Mengisi waktu dengan jalan jalan dan kulineran ditengah kesibukan memperjuangkan masa depan :D