Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Situ Cipanten Majalengka, Danau Super Jernih Yang Instagramable

Situ Cipanten Majalengka merupakan salah satu spot wajib yang harus kamu kunjungi ketika berkunjung ke kota angin tersebut. Seperti yang kita ketahui, berada di lereng gunung Ciremai membuat ada sederet tempat wisata alam di Majalengka yang keren abis. Seperti terasering panyaweuyan yang telah kami ulas sebelumnya. Kali ini giliran situ cipanten, sebuah danau dengan air yang super jernih serta berwarna kebiruan. Menjelajah danau dengan perahu kayuh serta menangkapnya dengan mata lensa adalah hal seru yang bisa kalian lakukan disini.

Wisata situ cipanten sebenarnya bukanlah wisata baru, namun sudah ada sejak tahun 70-an. Namun dalam perjalananya pamornya sempar meredup, bahkan pernah dikenal sebagai destinasi angker. Danau seluas 1 hektar ini, dahulu juga digunakan sebagai perikanan dan pengairan warga. Sumber air dari situ cipanten ini sendiri berasal dari 7 mata air, oleh karenanya tidak akan kering meski musim kemarau.

Belakangan, foto foto keindahan situ cipanten mulai tereskpos kembali di media sosial. Rupanya banyak kaum milenial yang berlibur dan hunting foto disana. Selain itu, memang dilakukan pembenahan oleh PemDes Gunung Kuning dan karang taruna setempat.

Danau situ cipanten Majalengka dikenal dengan warna dan kejernihanya. Warna airnyapun ternyata bisa berubah, yakni berwarna hijau tosca ketika musim kemarau dan berwarna biru saat musim penghujan. Yang lebih menakjubkan adalah kejernihan airnya. Sakin jernihnya, kamu bisa melihat ikan ikan yang berenang di dasar danau.

harga tiket masuk situ cipanten
Jernihnya danau situ cipanten via instagram

Cara terbaik untuk menikmati wisata hits di Majalengka ini adalah dengan menaiki perahu. Dengan harga cuma cuma, kamu bisa menjelajah danau sembari berburu foto. Lihat saja foto foto diatas, kece badai bukan? Selain itu ada pula wahana sepeda gantung, sepeda air outbound dan spot spot foto seperti perahu titanic, jembatan cinta dll.

Lokasi Wisata Situ Cipanten Majalengka

Danau ini tepatnya terletak di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Majalengka, Jawa Barat. Jika dari pusat kota majalengka kurang lebih berjarak 16 km dan bisa ditempuh dalam waktu setenga jam. Lokasinya juga tak begitu jauh dari jalan raya majalengka – Rajagaluh.

wahana sepeda gantung

Kabupaten Majalengka sendiri cukup mudah diakses, sebab dilalui jalan tol dengan pintu keluar kertajati dan sumberjaya. Selain itu, disini juga terdapat Bandara Internasional Kertajati. Jadi buat kamu yang dari luar kota dan ingin menjelajah sejumlah tempat wisata di Majalengka tentunya cukup mudah.

Harga Tiket Masuk

Soal tiket masuk tenang saja, cukup dengan retribusi sebesar Rp 5 ribu saja kamu sudah berlibur di situ cipanten majalengka. Murah banget kan? sementara itu jika ingin naik perahu dikenakan biaya Rp 5 ribu atau jika ingin naik wahana sepeda gantung perlu merogoh kocek Rp 20 ribu. Bagi yang ingin hunting foto di spot spot khusus juga dikenakan biaya lagi, namun masih sangat terjangkau kok.

So, Majalengka ini bisa jadi alternatif destinasi liburanmu jika sudah bosan ke Bandung ataupun Bogor. Dengan view alam pegunungan dan sederet wisata alam, tentunya bisa memberikan pengalaman baru yang berbeda. Untuk masalah akomodasi juga tak perlu khawatir, ada banyak ko penginapan di dekat lokasi situ cipanten. Terakhir, berang berang bawa ketupat, berangkat!!!

Avatar
Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *