Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Rute Dan Lokasi Gunung Tumpeng Sukabumi (Gunung Koneng)

gunung koneng ciletuh ciemas sukabumi

Apa yang terlintas dibenak kalian melihat foto diatas? Sebagian mungkin mengira itu adalah Pulau Tidar yang berada di NTT. Tapi ternyata bukan lho, tempat ini berada di Jawa Barat. Foto diatas diambil di Lokasi Gunung Tumpeng Sukabumi. Baru pertama kali mendengar? atau justru sudah berkunjung kesana? Spot yang satu ini memang lagi hits dan viral di medsos. Setelah sempat ditutup untuk menanggulangi penyebaran Covid 19 beberapa waktu lalu, kini Gunung Tumpeng Ciletuh sudah dibuka kembali untuk wisatawan.

Gunung tumpeng atau yang juga disebut gunung koneng ini berada di kawasan wisata Ciletuh Geopark Pelabuhan Ratu. Dinamakan gunung tumpeng lantaran beberapa bukit disana berbentuk kerucut layaknya nasi tumpeng. Selain menikmati view yang diajikan, tempat ini juga menjadi salah satu tempat camping terbaik di Sukabumi.

Pemandangan di gunung tumpeng ini memang cantik luar biasa. Kalian akan disuguhkan bukit, lembah dan lautan ditempat yang sama. Dan yang paling menakjubkan adalah saat momen sunset dan sunrise. Kala pagi hari, sinar mentari mulai malu malu menampakan dirinya dibalik perbukitan hijau. Begitu juga dengan sore harinya, perpaduan antara bukit yang hijau dengan langit senja yang mulai temaram begitu menentramkan hati dan pikiran. Oleh sebab itu, cara terbaik untuk berlibur disini adalah dengan camping. Datanglah sejak sore hari, dan mulai membangun tenda sembari menunggu matahari terbenam.

lokasi gunung koneng ciletuh
lokasi gunung koneng ciletuh

Yang perlu diperhatikan saat berkunjung kesini adalah kondisi kendaraan kalian. Sebab selepas jalan utama, kalian akan menjumpai medan yang cukup sulit. Jalanan dengan bebatuan koral dan bertanah akan mengantarkan kita hingga sampai lokasi. Kalo kondisi jalan dalam kondisi basah bakalan lebih menyulitkan lagi. So, pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi fit. Terutama kondisi ban, kalau sudah gundul/ tipis jangan dipaksakan dari pada membahayakan diri sendiri.

Lokasi Gunung Tumpeng Sukabumi

Secara administratif lokasinya berada di Dusun Cikondang 2 RT04, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kalau dari Sukabumi kota lumayan jauh yakni bisa ditempuh dalam waktu 2 hingga 3 jam. Tapi selama perjalanan dijamin gak bakal ngebosenin, sebab bakal disuguhi view bukit dan pantai yang cuantikkk.

Rute Menuju Gunung Koneng Ciemas

Akses jalan menuju gunung tumpeng bisa melewati jalur loji. Jalur ini lebih baik ketimbang melewat jalur cigaru. Adapun rutenya adalah setelah melewati puncak gebang, nanti akan menjumpai sebuah pertigaan (sebelum puncak darma). Dari sini ambilah ke arah kiri yakni arah Ciemas (disana sudah terdapat plang petunjuk arah yang jelas). Butuh waktu sekitar 30 menitan untuk menuju lokasi. Patokanya adalah Kantor desa Girimukti. Dari kantor desa, tinggal berjalan kurang lebih 1,5 km lagi.

gunung tumpeng ciemas
gunung tumpeng ciemas via instagram

Seperti yang saya katakan sebelumnya selepas jalan utama, medanya lumayan sulit. Oleh sebab itu untuk roda empat kami sarankan menggunakan jenis offroad, jika tidak pastinya akan kesulitan. Sementara itu untuk roda dua bisa sampai ke lokasi. Jika kendaraan kalian kurang mumpuni, cukup parkiran saja di balai desa. Selanjutnya bisa menggunakan jasa ojek setempat.

Kini setelah beberapa tempat wisata di buka seperti Gunung Tumpeng Sukabumi ini, bukan berarti bisa bebas berwisata. Lakukanlah adaptasi kebiasan baru atau new normal dengan mengenakan masker, membawa handsanitizer dan tentunya jaga jarak sesama pengunjung. Selepas dari sini, bisa sekalian mengunjungi tempat wisata di sukabumi yang indah lainya seperti Pantai Karang Gantungan.

Avatar
Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *