Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

10 Pantai Di Gunung Kidul Yang Sudah Buka

ngrawe Pantai Di Gunung Kidul Yang Sudah Buka

Beberapa pantai di Gunung Kidul sudah dibuka untuk wisatawan. Hal itu menyusul ujicoba yang telah dilakukan sejak 22 Juni 2020 lalu. Dalam tahan ujicoba tersebut, Pantai Baron dan Pantai kukup dibuka untuk wisatawan namun dengan jumlah terbatas dan tentunya mengikuti protokol kesehatan. Kini di pekan pertama bulan juli, Dinpar Kab. Gunungkidul menargetkan semua obyek wisata pantai sudah melakukan ujicoba. Namun demikian, jika lokasi masuk dalam zona merah akan dikaji ulang untuk meminimalisir penularan covid-19.

Selama ini deretan pantai di gunung kidul memang menjadi primadona bagi para pelancong. Dengan budget yang minimalis, wisatawan bisa menikmati hamparan pasir putih layaknya Pulau Dewata. Dengan panjang kurang lebih 70 km, kawasan pantai Gunungkidul menawarkan berbagai keunikan. Ribuan orang selalu memadati pantai pantai tersebut setiap pekanya. Namun karena pandemi, sejak maret 2020 lalu harus ditutup untuk sementara. Kini di era new normal, sudah mulai dibuka kembali.

Protokol kesehatan dilaukan secara ketat oleh petugas mulai dari pintu masuk. Ketika memasuki TPR, petugas akan mengarahkan setiap pengunjunguntuk mencuci tangan. Kemudian setelah itu akan diperiksa suhu tubuhunya. Jika normal maka selanjutnya bisa membeli tiket masuk. Tidak sampai disitu, pengunjung nantinya juga diwajiban untuk menunjukan kartu identitas dan juga nomor HP yang bisa dihubungi. Memang agak ribet, namun demi kebaikan kita bersama.

Selain protokol kesehatan yang diberlakukan, tentu dibutuhkan juga kesadaran bagi setiap pengunjung. Mulai dari menggunakan masker, membawa peralatan ibadah sendiri terutama sajadah, dan juga selalu menjaga jarak antar pengunjung. Nantinya juga ada petugas yang berkeliling untuk memantau wisatawan. Mereka yang kedapatan tidak menggunakan masker akan ditegur dan dipersilahkan untuk membeli masker.

Daftar Pantai Di Gunung Kidul Yang Sudah Buka Saat New Normal

1. Pantai Baron

Pantai Di Gunung Kidul Yang Sudah Buka baron
Pantai Di Gunung Kidul Yang Sudah Buka baron

Siapasih yang belum pernah nama pantai baron? Namanya begitu melegenda bagi warga jogja dan sekitarnya. Selain memiliki keindahan pantai, disini juga terdapat pasar ikan bagi kamu yang mau beli oleh oleh. Ditambah lagi dengan fasilitas penunjang yang kian lengkap, salah satunya adalah baron tehcno park. Cukup dengan tiket Rp 10.000,- kamu bisa berwisata di deretan pantai gunung kidul dari baron hingga indrayanti.

Alamat: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

2. Pantai Kukup

pantai kukup
pantai kukup

Selanjutnya adalah pantai kukup yang masih menjadi “tetangga” pantai baron. Salah satu keistimewaan dari pantai kukup ini adalah adanya pulau kecil yang terbung dengan sebuah jembatan. Mirip mirip dengan tanah lot yang ada di bali. Untuk tiket masunya masih satu kawasan dengan pantai baron.

Alamat:  Ngepung, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

3. Pantai Nguyahan

pantai nguyahan
pantai nguyahan

Pada jaman Belanda dahulu, di area pantai ini digunakan untuk produksi garam atau dalam bahasa jawa dissebut uyah. Oleh karenanya, sekarng dinamakan pantai nguyahan. Pantainya bersih, berpasir putih dan indah tentunya.

Alamat: Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul.

4. Pantai Ngobaran

pantai ngobaran
pantai ngobaran

Di dekat pantai nguyahan, ada sebuah pantai yang cukup  unik, namanya pantai ngobaran. Di pantai ini tedapat napak tilas raja Brawijaya V. Beliau melakukan upacara moksa alias bakar diri. Kobaran api itulah yang membuat pantai ini dinamakan pantai ngobaran.

Alamat: Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul.

5. Pantai Ngrenehan

pantai ngrenehan
pantai ngrenehan

Masih satu kawasan dengan pantai ngobaran dan nguyahan, pantai ngrenehan menjadi tempat berlabuh kapal kapal pencari ikan. Disini juga terdapat TPI atau tempat pelelangan ikan. Ada beberapa warung makan yang menyuguhkan menu ikan laut.

Alamat: Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul.

6. Pantai Siung

pantai siung
pantai siung

Salah satu keistimewaan pantai siung adalah gugusan batu karang yang membentang dari barat ke timur. Batu batu ini sudah begitu populer di kalangan pemanjat tebing.  Selain panjat tebing, kamu juga bisa camping disini.

Alamat: Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

7. Pantai Nglambor

pantai nglambor gunung kidul
pantai nglambor gunung kidul

Pantai di gunung kidul yang sudah buka lainya adalah pantai nglambor. Keunikan dari pantai ini adalah aktivitas snorkeling yang ditawarkan. Ombaknya tidak begitu besar lantaran sudah terhadang oleh gugusan batu karang.

Alamat: Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (sebelah barat pantai siung).

8. Pantai Jogan

Tak jauh dari pantai nglambor, kamu juga bisa menemukan sebuah pantai yang unik. Pantai jogan namanya, pantai yang memiliki air terjun langsung menuju laut.

Alamat: Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (sebelah barat pantai nglambor).

9. Pantai Timang

pantai yang sudah buka di gunung kidul, pantai timang
pantai yang sudah buka di gunung kidul, pantai timang

Kalau kamu suka buka instagram, pasti sudah gak asing dengan kereta gantung yang meluncur menuju pulau kecil ditengah laut. Kereta gantung tersebut berada di pantai timang yang kini sudah dibuka kembali. Lokasinya juga masih satu kawasan dengan pantai siung maupun pantai jogan.

Alamat: Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

10. Pantai Ngrawe

ngrawe Pantai Di Gunung Kidul Yang Sudah Buka
ngrawe Pantai Di Gunung Kidul Yang Sudah Buka

Pantai di gunung kidul yang sudah buka selanjutnya adalah pantai ngrawe. Pantai ini kerap viral di instagram lantaran tempatnya yang unik. Dipantai ini terdapat taman hijau  yang dilengkapi dengan tempat duduk untuk bersantai. Kren banget pokoknya!

Nah itulah beberapa pantai di gunungkidul yang buka di era new normal ini. Mungkin dari pembaca sekalian memiliki infomarsi pantai lainya yang juga sudah buka? silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah ya.

Avatar
Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Daftar Menu Dan Lokasi Tjangkruk Ngopi Jogja

Tjangkruk Ngopi merupakan satu dari sederet kedai kopi yang ada di Jogja. Cukup rekomended buat sekedar nongkrong ataupun mengerjakan tugas. Tempatnya mungkin gak jauh...
Avatar Navia Azzahra
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *