Rute & Lokasi Nepal Van Java Butuh Kaliangkrik Magelang

Nepal Van Java Kaliangkrik
Tiket Masuk:Rp10.000,-
Jam Buka:07.00 – 17.00 WIB
Nomor Telepon:081328152669
Alamat:Dusun, Butuh, Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56153

Dusun Butuh Kaliangkrik Di Magelang memiliki julukan Nepal Van Java. Bagi yang sudah menjajai pegunungan himalaya, pasti sudah akrab dengan pemandangan deretan rumah dengan kontur berundak dan berlatar belakang pegunungan. Tempat tersebut adalah Namche Bazaar yang menjadi titik keberangkatan saat mendaki Gunung Everest. Menariknya, view tersebut bisa kamu temukan di Indonesia yakni di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Semenjak foto fotonya tersebar di Media Sosial, dusun tersebut kini ramai pengunjung. Sebelum kesana, simak informasinya terlebih dahulu sebagai berikut.

Siapasih yang gak kenal dengan gunung sumbing? Gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah tersebut memiliki pesona tersendiri. Buat para traveler yang doyan mendaki gunung, pastinya gunung ini masuk dalam bucket list pendakian. bener gakk? Ternyata tidak cuma di puncaknya saja yang menawarkan keindahan, di kaki gunungnyapun gak kalah cantiknya. Kalau gak mau capek capek, naik gunung datang saja ke kaliangkrik Magelang.

Fakta Menarik Di Balik Nepal Van Java

Sebagai Basecamp Pendakian Gunung Sumbing

nepal van java kaliangkrik magelang
nepal van java kaliangkrik magelang

Sama halnya dengan Namche Bazaar, lokasi butuh kaliangkrik magelang juga menjadi salah satu titik keberangkatan pendakian gunung sumbing. Disini terdapat sebuah basecamp dengan nama basecamp kaliangkrik. Lokasi basecamp berada di antara perkampungan warga. Jika mau ke basecamp sudah ada beberapa plang petunjuk arah.

Dusun Tertinggi Di Magelang

jalan menuju dusun butuh kaliangkrik magelang

Dusun butuh yang berada di lereng gunung sumbing, diklaim sebagai dusun tertinggi di Kabupaten magelang. Sebab lokasi dusun butuh sendiri berada pada ketinggian 1600 meter diatas permukaan air laut. Oleh karenanya, view yang disajikanpun gak kaleng kaleng. Ada banyak spot yang keren untuk hunting foto. Salah satunya adalah spot yang berada di atas rumah warga, dari sini kita bisa mendapatkan view dusun butuh secara keseluruhan berlatar belakang gunung sumbing.

Baca Juga  Wisata Gading Paradise Kebumen - Review, Harga Tiket Dan Lokasi

Bekas Ladang

bekas lahan pertanian

Sebelum dibangun perkampungan, ternyata lahan disini merupakan ladang yang digunakan untuk menanam sayuran. Oleh sebab itu, rumah rumah yang dibangunpun mengikuti kontur tanah layaknya sebuah terasering.

Viral Di Medsos

Foto foto desa butuh di kaliangkrik viral di media sosial sejak pertengahan 2019 lalu. Menurut kepala dusun setempat, awalnya dipicu oleh seorang pendaki senior yang liburan ke dusun butuh. Ia lantas mengunggahnya di media sosial hingga kemudian viral.

Penduduk yang Ramah

Selain menyuguhkan pemandangan yang keren, para traveler juga bakal menjumpai keramah tamahan warga lokal. Bahkan pengunjung yang datang akan dianggap sebagai tamu yang mau bersilaturahmi. Untuk itu jadilah tamu yang baik ya, jaga kebersihan dan jaga sopan santun.

Lokasi Nepal Van Java Butuh Kaliangkrik Magelang

Nepal van java terletak di Dusun butuh desa Temanggung, kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten magelang. Sekitar 20 km sebelah barat dari kota magelang. Setidaknya butuh waktu 40 menit perjalanan dari magelang kota. Dusun ini memiliki penghuni 610 Kepala Keluarga dengan 2.500 jiwa. Mayoritas penduduk disana bermatapencaharian sebagai petani sayuran. Ada banyak sayuran yang ditanam sseperti ketnang, wortel, kol dan lain sebagainya.

Rute Menuju Nepal Van Java Butuh Kaliangkrik Dari Jogja

Buat para traveller yang berasal dari Jogja, silahkan melintasi jalan raya magelang. Lurus saja terus hingga sampai di Magelang Kota. Sesampainya di persimpangan (dekat artos magelang) silahkan belok ke kiri atau ke barat. Lurus saja hingga ketemu perempatan (kalau kiri arah purworejo), ambil yang lurus. Untuk mempermudah perjalanan, silahkan buka saja google maps dan ikuti rute menuju basecamp kaliangkrik.

Baca Juga  D'Victory Waykambang Edupark Batang, Harga Tiket & Jam Buka

Harga Tiket Masuk Nepal Van Java Magelang

Untuk berwisata disini, kamu cukup mengeluarkan biaya Rp 10 ribu saja untuk membayar retribusi. Itupun nantinya plus dapat souvenir berupa stiker. Kemudian jika ingin naik ojek, tersedia juga layanan ojek seharga Rp 35 ribu.

Gimana keren kan nepal van java ini? Jadi gak perlu jauh jauh ke nepal untuk mendapatkan view yang oke punya. Dengan low budget, wisata butuh kaliangkrik magelang memberikan pengalaman yang luar biasa. Yakin ga tertarik kesini?

Navia Azzahra

Blogger, Writer dan Travel Enthusiast. Lulusan Sarjana Teknik namun lebih tertarik dengan dunia online. Makan dan jalan jalan adalah kegemaranya

Leave a Comment