Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Bukit Pal Jepang Lombok – Info Lokasi, Tiket Masuk, Jalur Pendakian

Bukit Pal Jepang Sembalun merupakan destinasi di Lombok timur yang tengah hits dikalangan traveller utamanya yang gemar mendaki gunuung. Salah satu alasanya adalah karena pemandangan spektakuler yang disajikan tanpa harus mendaki jauh nan melelahkan seperti halnya mendaki gunung rinjani. Dari bukit kini kita juga bisa menikmati puncak rinjani, salah satu gunung tercantik di Indonesia.

Lokasi bukit pal jepang lombok ini sangat cocok buat para pendaki pemula. Sebab treknya tidak begitu berat dan puncaknya bisa digapai dengan melakukan pendakian selama 3 – 4 jam, tergantung fisik masing masing. Gak jauh beda sama gunung prau di jawa tengah yang juga begitu populer dikalangan pendaki pemula. Bukit ini bisa menjadi alternatif baru untuk menikmati keindahan pulau lombok dari ketinggian tanpa harus mendaki gunung rinjani yang butuh waktu 10 -15 jam pendakian.

Adapun ketinggian bukit pal jepang sembalun sendiri adalah 2300 meter diatas permukaan air laut. Dengan ketinggian tersebut, kita sudah bisa menikmati lautan awan (jika mendapati waktu yang pas). Beberapa view yang bisa kamu nikmati dari atas bukit antara lain separuh pulau lombok, gunung tambora di sebelah timur, keindahan sunrise yang seolah muncul dari lautan, dan tentunya gagahnya gunung rinjani di sebelah barat. Bahkan kita juga akan disuguhkan pemandangan yang memanjakan mata selama trekking menuju puncak.

Beberapa diantara kalian penasaran, latar belakang dari penamaan bukit tersebut. Konon tempat ini ditemukan oleh warga lokal yang sedang mencari kayu dan madu. Dinamakan pal jepang, lantara di bukit itu terdapat peninggalan Jeang berupa bangunan menara dua tingkat. Dahulu kala, dibukit inilah Jepang mendirikan pos pengintaian yakni sekitar tahun 1942-an. FYI, di desa sapit ini terdapat 5 pos pengintaian peninggalan Jepang antara lain yakni Bukit Lendong Goro di dusun Gubuk Baru dengan ketinggian 800 mdpl, Bukit Pepada 2.329 mdpl Bukit Pal Jepang Lembak 2300 mdpl, Dusun Montong Kemong Serta di Savana Propok.

Jalur Pendakian Bukit Pal Jepang Lombok

Untuk memulai pendakian, kamu bisa menuju e Langgar Pusaka di Kampung Lembak. Tempat ini sekarang sudah bisa diakses dengan kendaraan bermotor. Selanjutnya untuk melakukan pendakian ada 4 tahap yang akan kamu lewati. Keempat tahap tersebt yakni Perkampungan warga, Lahan Pertanian, Menerobos hutan dan melewati padang savana. Berikut jalur treking pendakian gunung pal jepang:

1. Memulai Perjalanan Dari Perkampungan Warga

Pendakian dimulai dari langgar pusaka menapaki jalan rabat ditengah perampungan warga. Kalian harus menempuh jalan sekitar 500 meter yang bisa ditempuh selama kurang lebih 10 menit. Kalian juga akan melewati beberapa spot seperti situs cagar budaya serta beberapa peninggalan masa lampau.

2. Melewati Lahan Pertanian

Tahap seanjutnya adalah melewati pertanian warga sejauh 1 km. Treknya sudah mulai menanjak dan cukup menguras tenaga. Ditengah tengah perjalanan kita akan dsambut view sawah dengan sistem terasering yang terhampar luas. Butuh waktu sekitar 30 menit untuk melintasi lahan pertanian tersebut. Jika mau lebih cepat bisa menggunakan jasa ojek dari langgar pusaka hingga batas hutan.

3. Menerobos Hutan

Pendakian selanjutnya dilalui dengan mereobos hutan sejauh 1,6 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Disini kita akan disuguhkan ragam flora mulai dari rerumputan, anggrek, tumbuhan liar hingga pohon pohon yang menjulang tinggi. Terdappat pula beberapa fauna semacam kera ekor panjang, kera hitam, koak kaok, ayam hutan serta berbagai jenis burung. Jika beruntung, pendaki bakal menemui rusa ditengah perjalanan karena masih banyak berkeliaran disana. Kicauan kicauan burung juga bakal menemanimu selama pendakian bukit pal jepang lombok.

baca juga: Taman Langit Lombok

4. Menggapai Puncak Melewati Savana

Di tahap keempat ini, jalur mulai terbuka. Selepas ujung hutan, kita akan disambut dengan panorama savana yang dipenuhi oleh rumput ilalang dan tanaman pakis. Sebelum menggapai puncak, kita harus melewati dua bukit dibawahnya terlebih dahulu. Bukit pertama ialah pelawangan pal jepang pada ketinggian 1.851 mdpl. Disini kita juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah. Setidaknya butuh waktu 30 menit dari ujung hutan untuk sampai di pelawangan.

Selanjutnya kalian akan dihadapkan dengan trek terjal hingga sampai di bukit jaran kurus pada ketinggian 2.100 mdpl. Dinamakan jaran kurus lantaran puncaknya yang lancip seperti punggung kuda berbadan kurus. Perjalanan diakhiri dengan menggapai puncak yang memakan waktu 40 menit. Jaraknya sebenaryna hanya 400 meter, namun karena treknya terjal jadi cukup memakan waktu yang lama. Di puncak bukit pal jepang lombok ini areanya sangat luas. Jadi jika fisik kuat, mending sekalian mendirikan tenda dipuncaknya saja.

Rute Dan Lokasi Bukit Pal Jepang Sampit

Secara administratif sebenarnya alamat bukit pal jepang berada di desa sapit, kecamatan suwela, Lombok Timur. Desa ini merupakan desa tertua di lombok timur. Sejak 2004 lalu, sapit sudah bukan menjadi bagian dari kecamatan pringgabaya namun sudah bergabung dengan kecamatan Suwela. Adapun rutenya jika dari kota mataram, kamu bisa mengarahkan perjalanan menuju sembalun. Tentunya kalian sudah gak asing karena sembalun merupakan tempat dinama basecamp gunung rinjani berada. Setelah melewati jalan wisata gunung rinjani, nanti akan menjumpai pertigaan (sebelum pos pesugulan) belok saja ke kanan kemudian melintasi jalan raya sapit.

Harga Tiket Masuk

Untuk melakukan pendakian kalian cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- saja. Disini kamu juga bisa menitipkan kendaraan dengan tarif Rp 10.000,-/malam untuk sepeda motor dan Rp 20.000,/malam untuk mobil.

Galeri Foto

menerobos hutan
menerobos hutan
jalur pendakian
jalur pendakian
jalur pendakian bukit pal jepang lombok
jalur pendakian bukit pal jepang lombok
rute menuju puncak bukit pal jepang
rute menuju puncak bukit pal jepang
lokasi bukit pal sembalun
lokasi bukit pal sembalun

view gunung rinjani yang indah
view gunung rinjani yang indah

Lombok memang menawarkan sejuta pesona. Khusus buat kamu yang mau soft trekking di Lombok, maka lokasi bukit pal jepang sangat rekomended. Dengan jarak tempuh 3 – 4 jam dan trek yang tidak begitu ekstrim kalian akan disuguhkan view yang spektakuler.

Avatar
Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *