Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Lokasi Dan Tiket Masuk Pemandian Goa Ergendang Deli Serdang

htm pemandian air panas goa ergendang

Pemandian Goa Ergendang merupakan destinasi yang cukup dekat dengan medan dan tengah ramai diperbincangkan. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandian air panas alami dan juga sebuah goa. Sangat cocok untuk merefleksi badan dan juga fikiran yang sudah terkuras akibat rutinitas yang membosankan. Airnya yang jernih berwarna kebiruan dengan suasana yang masih asri benar benar memberikan kesegaran hakiki. Yuk simak ulasanya lebih dalam berikut ini.

Mengunjungi tempat wisata alam memang menjadi daya tarik tersendiri. Ada banyak tentunya pilihan wisata alam di sumatera utara yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya di lokasi pemandian goa ergendang Deli Serdang yang bisa ditempuh dalam waktu 2 jam dari kota medan. Akses jalanyapun terbilang baik karena sudah beraspal dan sebagian cor beton mulus.

Destinasi ini memang sudah ada sejak lama, namun kurang terjamah lantaran dulu aksesnya cukup susah. Hanya populer di kalangan para pecinta alam saja. Padahal keindahanya gak kalah sama danau linting yang lebih populer. Namun kini jalan menuju goa ergendang sudah membaik dan tanpa kendala berarti. Jalan besar ke cave and hot spring ergendang bisa dilalui baik roda dua ataupun roda empat.

Wisata Goa ergendang memiliki kolam air panas dari sumber alami. Uniknya, kolam tersebut berada didalam goa. Berendam di air  panas tentunya bisa membuat tubuh jadi relax. Tak hanya itu saja, mata kitapun akan dimanjakan dengan dinding goa yang terlihat begitu eksotis. Terlebih saat ada cahaya matahari yang masuk dari atas goa. Karena bersumber dari mata air, sudah pasti airnya begitu jernih. Bahkan saking jernihnya warnanyapun biru cerah. Berfoto foto juga bisa jadi kegiatan seru yang bisa kalian lakukan.

Harga Tiket Masuk Wisata Goa Ergendang Deli Serdang

Tempat wisata yang satu ini terbilang cukup murah meriah. Sebab htmnya hanya Rp 10.000,- saja per pengunjung.

Alamat Pemandian Goa Ergendang

Alamat lengkanya berada di Desa Penungkiren, Sinembah Tanjung Muda (STM) Hilir, Deli Serdang, Sumatera Utara. Sinembah Tanjung Muda atau yang disingkat STM ini sendiri terdapat 2 wilayah yakni hulu dan hilir. Kedua kecamatan yang diapit oleh medan dan tanah karo tersebut memang dikenal sebagai daerah tujuan wisata.

Jika dari medan, kalian harus menempuk jarak sekitar 40 km yang bisa ditempuh dalam waktu 1,5 hingga 2 jam. Adapun rutenya yakni Medan – delitua – jalan besar sibiru biru – desa penungkiren.

Sejarah Dan Misteri Goa Ergendang

Penduduk STM baik hulu maupun hilir didominasi oleh etins karo. Hal itupun terlihat dari penamaan goa ergendang yang berarti Menabuh gendang. Konon pada waktu waktu tertentu terdengar suara tabuhan gendang dari dalam goa. Ada juga mitologi yang menyebutkan bahwa goa ini dulu digunakan untuk pemandian khusus putri raja. Sayangnya memang tak ada bukti bukti yang ditemukan untuk menguatkan mitos tersebut.

Adapun untuk pemandian air panasnya sendiri, memang sengaja dibuat oleh warga desa penungkiren. Airnya dialirkan dari sumber air panas penen menggunakan pipa. Meski mengandung belerang, namun airnya tidak memiliki bau sama sekali seperti pemandian air panas alami pada umumnya. Sejak 2016 silam, di area goa dibangun beberapa kolam dengan kedalaman yang bervariasi.

Sebelum ramai menjadi destinasi wisata seperti saat ini , goa ini lebih dulu dikenal dengan sebutan goa penen. Dikawasan tersebut kalian juga bisa menemukan banyak goa lho, diantara ada goa erci, goa lobar, goa terusan, goa pelangkah, dan goa siayaken.

Galeri Foto

view babatuan goa yang eksotis
view babatuan goa yang eksotis
lokasi wisata goa ergendang
lokasi wisata goa ergendang
kolam air panas di deli serdang
kolam air panas di deli serdang
kolam didalam goa
kolam didalam goa
wisata hits di deli serdang
wisata hits di deli serdang
pemandangan yang asri
pemandangan yang asri

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai wisata goa ergendang deli serdang. Semoga bisa menjadi referensi wisata buat kamu yang tinggal di sumatera utara, khusunya di medan, deli serdang dan sekitarnya.

Avatar
Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *