Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Lokasi Dan Tiket Masuk Wahangan Cikalong Pandeglang

wisata baru di pandeglang

Lokasi Dan Tiket Masuk Wahangan Cikalong – Menyusuri setiap jengkal Banten, kita bakal menemukan banyak destinasi menarik. Di Pandeglang misalnya, daerah yang berada di ujung pulau jawa ini menyimpan beragam potensi wisata alam. Dari pantai, wisata pegunungan, air terjun hingga wisata susur sungai. Seperti yang baru baru ini viral di sosial media, ada satu aliran sungai di daerah cibaliung Pandeglang yang jadi destinasi baru. Selain menikmati keasrian alam, pengunjung bakal diajak menyusuri sungai dengan cara tradisional.

Tempat yang dimaksud adalah di lokasi wahangan cikalong atau sungai cikalong. Sungai yang membelah dua desa di kecamatan Cibaliung itu, jadi destinasi baru yang menarik untuk disambangi. Aliran air di sungai tersebut masih begitu jernih karena berasal dari mata air pegunungan. Kondisi alamnyapun begitu asri, benar benar bisa jadi tempat untuk “self healing” mengusir kepenatan akibat rutinitas yang membelenggu.

Masa pandemi Covid -19 tidak selalu berdampak negatif. Ada banyak yang memanfaatkanya untuk menciptakan wisata alternatif. Salah satunya adalah warga di kampung sudimanik, Cibaliung ini. Mereka berkreasi dengan membuat perahu rakit dari bambu. Mengajak pengunjung yang datang untuk menyusuri keindahan sungai menggunakan perahu rakit tersebut.

Sepanjang aliran sungai dengan rute sekitar 8 km, kita bakal disuguhkan pemandangan yang aduhai. Airnya yang begitu jernih membuat warnanya jadi hijau tosca. Sangat instagenic untuk dijadikan background berswafoto. Belum lagi dinding dinding batu yang berada di kanan kiri sungai. Bebatuan kapur itu menyerupai stalagmit dengan tetesan air di bagian ujungnya. Konon sungai cikalong merupakan aliran sungai bawah tanah yang tertutup oleh lorong goa. Namun kini hanya terlihat sisa sisanya saja yakni berupa tebing batu kapur yang berada di sekitar wahangan.

Harga Tiket Masuk Wahangan Cikalong

Sebenarnya untuk masuk ke area sungai kita hanya membayar biaya parkir saja. Namun jika ingin trip menggunakan rakit ada dua rute yang bisa kalian pilih dengan harga yang berbeda tentunya. Berikut pricelist selengkapnya

  • Harga naik rakit sorongan lojor Rp 5.000,00
  • Harga naik rakit lewi karet Rp 10.000,00
  • Paket makan: lele+sambal Rp 15.000,00/orang atau ikan mas//ayam+sambal Rp 20.000,00/orang

Selain wisata susur sungai, kalian juga bisa membawa tenda dan camping disana. Biaya untuk sewa tempat (camping ground) adalah Rp 10.000,00/orang

Rute Dan Lokasi

Alamat wahangan cikalong ini tepatnya berada di Desa sudimanik Kecamatan Cibaliung, Pandeglang Banten. Berada di ujung selatan kabupaten pandeglang, sekitar 90 km dari pusat kota. Namun akses jalanya sudah cukup baik.

Adapun rute yang bisa dilalui sebenarnya sudah ada di google maps, tinggal ikuti saja. Pokoknya langsung saja menuju ke daerah cibaliung. Nanti kalau sudah sampai di pertigaan dekat pasar cibaliung, lurus lagi sekitar 4 km yakni menuju desa sudimanik. Dari sini sudah ada plang menuju lokasi wisata wahangan. Jika bingung langsung saja bertanya kepada warga sekitar.

Galeri Foto

keindahan alam yang asri
keindahan alam yang asri
wisata perahu rakit
wisata perahu rakit
htm wahangan cikalong cibaliung
htm wahangan cikalong cibaliung
lokasi wahangan cikalong
lokasi wahangan cikalong

Nah sekian dulu ya ulasan mengenai wisata baru di pandeglang wahangan cikalong cibaliung. Buat kamu yang suka eksplore tempat tempat baru terutama di daerah Banten, destinasi ini cukup worth it. Bisa menikmati alam yang asri dan mencoba wahana susur sungai dengan perahu rakit.

Avatar
Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *