Pulau Merak Kecil, Panduan Lokasi & Biaya

Banten, sebuah provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa, menyimpan beragam pesona alam yang memukau. Salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan adalah Pulau Merak Kecil, sebuah pulau kecil yang terletak di Teluk Merak. Pulau ini menjadi magnet bagi para wisatawan yang mencari ketenangan, keindahan alam, dan petualangan yang tak terlupakan.

Cilegon Banten memiliki potensi pariwisata luar biasa untuk menarik para investor. Salah satunya adalah di pulau merak besar maupun pulau merak kecil yang sekarang mulai dikembangkan jadi tempat pariwisata unggulan di Banten khususnya cilegon.

Destinasi wisata inipun belakangan mulai dikenal luas dan ramai dikunjungi para traveller. Begitu juga di sosial media, foto maupun videonya acap kali viral. Buat yang berencana liburan ke sana, yuk simak dulu panduan wisata dari travelandword berikut:

Keindahan Alam Pulau Merak Kecil

Baik pulau merak besar ataupun kecil, lokasinya tak jauh dari daratan. Pengunjung bisa menyebrang dengan perahu nelayan dalam beberapa menit aja. Pilihan lainya juga bisa naik dengan speed boat.

pulau merak kecil
pulau merak kecil via maps terang abadi

Pantai Pasir Putih

Pulau Merak Kecil menawarkan pantai berpasir putih yang memikat dengan air laut yang jernih dan ombak yang tenang. Pantai ini menjadi tempat ideal untuk bersantai, berjemur, atau bermain air. Pemandangan matahari terbenam di pantai ini juga sangat mempesona.

Hutan Bakau

Selain pantainya, pulau ini juga memiliki hutan bakau yang lebat. Wisatawan dapat menjelajahi hutan bakau yang menakjubkan ini dengan berjalan kaki atau menggunakan perahu kayu tradisional. Hutan bakau adalah rumah bagi berbagai jenis satwa, seperti burung-burung langka dan kepiting. Ini adalah tempat yang sempurna bagi pecinta alam dan fotografer.

Baca Juga  Mangrove Cimanceuri Lontar Tangerang, Info Lokasi Dan Tiket Masuk

Terumbu Karang

Pulau Merak Kecil juga memiliki terumbu karang yang indah. Ini adalah surga bagi penyelam dan snorkeling. Di bawah permukaan air, Anda akan menemukan kehidupan laut yang beragam, termasuk ikan-ikan warna-warni dan biota laut lainnya. Wisatawan dapat menyewa peralatan snorkeling di sekitar pulau atau bergabung dengan tur penyelaman yang diselenggarakan oleh operator lokal.

Harga Tiket Masuk Pulau Merak Kecil

Sebenarnya tidak ada tarif retribusi, namun kamu perlu membayar biaya penyebrangan yang sangat terjangkau. Tarif retribusi diberlakukan bagi yang mau menginap/ camping saja. Berikut pricelistnya:

Jenis TiketHarga
Tiket Penyebrangan Pulang-PergiRp15.000
Tiket Penyebrangan Pulang-Pergi (Camping)Rp30.000
Tiket Camping PelajarRp10.000
Tiket Camping UmumRp20.000
Sewa Alat snorkeling Rp50.000
Paket lengkap snorkeling (5 orang)Rp420.000

Aktivitas Di Pulau Merak Kecil Banten

Selain menikmati keindahan alam, ada banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan di Pulau Merak Kecil. Beberapa di antaranya termasuk:

Berenang Dan Snorkeling

Berada di selat sunda, membuat ombak disini cenderung landai. Kamu bisa berenang menikmati jernihnya air dan bibir pantai. Jika takut berenang, kamu bisa menyewa pelampung yang disewakan oleh pengelola.

via ig @anakpulo
via ig @anakpulo

Selain berenang, snorkeling menjadi aktivitas yang sayang dilewatkan begitu saja. Apalagi jika kalian datang rame rame, bisa mengambil paket snorkeling yang meliputi alat snorkeling, pelampung, transportasi/penyebrangan, foto video underwater, air mineral serta pemandu.

Berkemah

Pulau ini memiliki area perkemahan yang nyaman di sepanjang pantainya. Ini adalah pilihan yang populer bagi wisatawan yang ingin merasakan alam secara lebih dekat. Berkemah di bawah bintang-bintang sambil mendengarkan deburan ombak adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Ada dua pilihan untuk camping di pulau merak kecil yakni membawa tenda dan peralatan sendiri dimana kalian hanya perlu datang dan bayar registrasi yang murah meriah. Atau bisa mengambil paket camping mulai dari Rp 125 ribu – Rp 200 ribu. paket ini meliputi tenda, nesting, dan alat penerangan. Tersedia juga penyewaan berbagai alat camping lainya seperti flysheet, hammock, kompor dll.

Baca Juga  Kampung Kecil Cilegon, Review Lokasi & Daftar Menu

Mengelilingi Pulau Dan Nikmati Sunset

Kegiatan seru lainya adalah mengelilingi pulau dengan wahana banana boat ataupun naik perahu. Tentunya untuk menikmati wahana ini dikenakan tarif tersendiri yaa.

sunset di pulau merak kecil
sunset di pulau merak kecil

Sebelum pulang, menikmati sunset dikawasan pantai menjadi moment yang jangan sampai terlewatkan. Moment ini akan sangat indah jika berada di sisi barat pulau karena langsung menghadap ke matahari sehingga seolah terbenam di lautan.

Rute Dan Lokasi Pulau Merak Kecil

Secara administratif, lokasinya berada di kalurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten. Nah untuk titik penyebranganya berada di belakang Polsek Pulomerak Cilegon. disana terdapat dermaga sederhana yang menjadi titik awal penybrangan ke pulaumerak kecil.

Pengunjung dari Jakarta, bisa naik bus dari kampung rambutan ataupun tanjung priok lalu turun di terminal merak. Kemudian bisa dilanjutkan menggunakan angkot merah ke arah polsek pulomerak.

Fasilitas

Karena ini masih tergolong wisata baru, jadi fasilitasnyapun terbatas. Untuk fasilitas dipulau ada toilet dan mushola. Sayangnya airnya adalah air asin, belum tersedia air tawar. Maklum saja karena lokasinya memang berada ditengah laut sehingga masih sulit untuk mencari air tawar.

Tips Berkunjung

Nah bagi yang mau berwisata kesana, silahkan simak beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan bawa air minum dan makanan yang cukup.
  • Pastikan Anda mengenakan outfit yang sesuai. Gunakan pakaian yang tidak tebal dan longgar untuk kenyamanan. Bawa juga pakaian ganti ataupun pakaian renang.
  • Gunakan tabir surya dan topi untuk melindungi diri dari sinar matahari yang kuat.
  • Jika Anda merencanakan berkemah, pastikan untuk membawa peralatan camping yang cukup atau bisa menyewa kebutuhan peralatan camping disana.
  • Hargai alam sekitar dan jangan meninggalkan sampah. Bantu menjaga keindahan Pulau Merak Kecil dengan merawatnya dengan baik.

Pulau Merak Kecil di Banten adalah surga tersembunyi yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Dengan akses yang mudah dan beragam aktivitas yang dapat dinikmati, ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan diri dari hiruk-pikuk kota dan merasakan kedamaian alam.

Beri Tanggapan:

0/ 5. dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Blogger, Writer dan Travel Enthusiast. Lulusan Sarjana Teknik namun lebih tertarik dengan dunia online. Makan dan jalan jalan adalah kegemaranya