Embung Bansari Temanggung – Review, Harga Tiket Dan Lokasi

Embung Bansari Temanggung menjadi destinasi baru yang sedang hits dikalangan travelers. Berada di lereng gunung sindoro, embung ini memiliki view yang cakep. Bahkan jika sedang cerah, kita bisa menyaksikan 9 gunung sekaligus. Salah satunya adalah gunung sumbing yang terlihat gagah dan begitu dekat. Lanskap itulah yang mengundang banyak orang penasaran akan keberadaanya. Jika kamu adalah salah satunya, silahkan simak dulu ulasan kami berikut.

Sejatinya embung adalah sebuah tempat untuk menampung air. Sama halnya dengan embung bansari yang fungsi utamanya adalah untuk menampung air hujan. Jadi ketika musim kemarau tiba, para petani disana tidak lagi kesulitan untuk mencari air. Sebagian besar masyarakat di kaki gunung sindoro ini bermata pencaharian sebagia petani sayur.

Kehadiran embung tersebut, tentu saja menjadi penolong petani agar sawahnya tidak kekeringan. Selain mengairi lahan, keindahan embung rupanya juga membuat banyak orang tertarik untuk berwisata. Kini embung bansari sudah menjadi salah satu obyek wisata favorit di kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Review Embung Bansari Temanggung

Lokasi embung bansari yang berada pada ketinggian sekitar 1300 mdpl, membuat udara disana sejuk bahkan cenderung dingin. Dari atas ketinggian ini, para pengunjung akan disuguhkan oleh lanksap pegunungan, persawahan, rumah warga, dan juga gemerlap lampu kota ketika hari berganti petang.

Ketika cuaca sedang bagus bagusnya, kamu bisa menikmati view 9 gunung sekaligus. Kesembilan gunung tersebut antara lain, sumbing, sindoro, merapi, merbabu, ungaran, telomoyo, prau, andong dan juga gunung muria.

Lanskap alam pegunungan yang memukau, mengundang banyak orang untuk mengabadikan momen baik dengan kamera HP maupun kamera DSLR. Tak jarang foto fotonya pun kerap viral di instagram. Salah satu spot yang paling banyak digunakan adalah spot dengan dengan latar belakang gunung sindoro.

Mengingat fungsi utamanya adalah sebagai tadah hujan, maka lokasi embung inipun berada diatas bukit jauh dari rumah penduduk. Dari perkampungan sekitar berjarak 3 km, melewati tanjakan dengan kondisi jalan yang berbatu dan beberapa diataranya masih tanah. Jika dalam kondisi hujan, tentunya akan cukup berbaya. Oleh karenanya sebelum kesini cek dulu kondisi kendaraan.

Jalan Menuju Embung Bansari Dari Parakan

Jika dari pusat kota temanggung kurang lebih berjarak 18 km dengan waktu tempuh 45 menit. Sedangkan jika dari kota parakan kurang lebih berjarak 8.5 meter dengan waktu tempuh 30 menit. Adapun rute selengkapnya, kamu bisa lihat di google maps. Bisa dari aplikasi ataupun melalui map dibawah ini:

Harga Tiket Masuk

Untuk saat ini belum diberlakukan tiket masuk,  bagi para pengunjung cukup membayar parkir kendaraan saja. Sebab embung seluas  0,5 hektar tersebut memang masih berproses untuk membangun sejumlah fasilitas pendukung.

Galeri Foto

wisata baru di temanggung
wisata baru di temanggung
sunrise yang indah
sunrise yang indah
city light temanggung
city light temanggung
jalan menuju embung bansari parakan temanggung
jalan menuju embung bansari parakan temanggung
htm embung bansari
htm embung bansari

Akhir Kata

Demikian tadilah review mengenai wisata embung bansari, wisata terbaru di temanggung yang memiliki view spektakuler. Tips jika mau kesana sebaiknya lihat kondisi cuaca. Jika cuaca tidak mendukung sebaiknya urungkan saja. Selain karena akses jalan yang licin juga viewnya pasti tidak seindah saat cerah. Kamu bisa mengunjung wisata di temanggung lainya seperti sinsu edupark.

Leave a Comment