8 Fakta Menarik Pulau Jersey,Wilayah Inggris Yang Sempat Diduduki Nazi

Travelandword.com – Pulau Jersey, sebuah permata tersembunyi di Selat Inggris, merupakan bagian integral dari Wilayah Inggris di Pesisir Normandia. Meskipun ukurannya kecil, pulau ini penuh dengan sejarah, budaya, dan pesona alam yang unik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi enam fakta menarik tentang Pulau Jersey yang akan mengungkapkan kekayaan dan keragaman tempat ini.

Fakta Menarik Pulau Jersey

Pulau Jersey memiliki sejarah yang kaya. Berada di posisi strategis di Selat Inggris, pulau ini telah menjadi saksi bisu bagi pertempuran dan peristiwa penting selama berabad-abad. Sebagai bagian dari Kepulauan Channel, Pulau Jersey memiliki pengaruh Normandia yang kuat, terlihat dari jejak-jejak budaya dan arsitektur yang masih terjaga.

Keindahan Alam Pulau Jersey

Pulau Jersey menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Dari pantai berpasir putih hingga tebing-tebing curam yang menjulang, keanekaragaman alamnya memukau mata dan hati. Juga, Taman Nasional Pulau Jersey melindungi ekosistem yang langka dan khas, termasuk tanaman dan hewan yang hanya dapat ditemukan di pulau ini.

Hubungan dengan Inggris dan Prancis

Pulau Jersey memiliki hubungan yang kompleks dengan Inggris dan Prancis. Meskipun menjadi bagian dari Wilayah Inggris, pulau ini memiliki hubungan historis yang kuat dengan Normandia, Prancis. Ini tercermin dalam bahasa, budaya, dan kebijakan yang memengaruhi kehidupan sehari-hari penduduk.

Sempat Diduduki Nazi

Salah satu babak kelam dalam sejarah Pulau Jersey adalah ketika Nazi menduduki pulau ini selama Perang Dunia II. Sebagai bagian dari Kepulauan Channel, pulau ini berada dalam jangkauan pendudukan Jerman. Selama hampir lima tahun, penduduk Jersey mengalami pengaruh dan kendali Nazi sebelum pembebasan oleh pasukan Sekutu pada tahun 1945.

Baca Juga  GENTING HIGHLAND Malaysia, Harga Tiket & Aktivitas Seru

Penduduk Asli Keturunan Normand

Meskipun menjadi bagian dari Wilayah Inggris, Pulau Jersey memiliki hubungan yang kuat dengan warisan Normandia. Penduduk asli pulau ini memiliki keturunan dari suku Norman, yang memberikan pengaruh yang kuat pada budaya, bahasa, dan tradisi setempat.

Memakai Uang Kertas Pound

Salah satu fakta menarik tentang Pulau Jersey adalah penggunaan mata uangnya. Meskipun bukan bagian dari Inggris, pulau ini menggunakan uang kertas Pound Inggris sebagai alat pembayaran sah. Namun, ada juga koin-koin khusus Jersey yang memiliki nilai koleksioner yang tinggi.

Air Pasang Surut di Pulau Jersey

Pulau Jersey dikenal dengan air pasang surut yang luar biasa. Perbedaan antara pasang dan surut bisa mencapai hingga 12 meter, menciptakan pemandangan yang dramatis dan lingkungan pesisir yang berubah-ubah. Fenomena alam ini tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan, tetapi juga memiliki dampak pada aktivitas sehari-hari penduduk.

Wisata di Jersey

Pulau Jersey menawarkan beragam tempat wisata yang menarik. Pantai-pantainya yang indah, pemandangan tebing, dan taman-taman alam yang memikat menjadi surga bagi para wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Museum dan peninggalan sejarah juga menjadi daya tarik, termasuk sisa-sisa dari masa pendudukan Nazi yang mengingatkan akan masa lalu yang pahit.

Kuliner di Pulau Jersey

Pulau Jersey juga memiliki kekayaan kuliner yang patut dicicipi. Terletak di dekat laut, makanan laut segar adalah daya tarik utama. Mulai dari makanan laut yang lezat hingga produk susu lokal yang lezat, seperti keju Jersey yang terkenal, pengalaman kuliner di pulau ini akan memanjakan lidah para pengunjung.

Baca Juga  6 Fakta Menarik Kepulauan Turks dan Caicos Yang Harus Kamu Tahu

Itulah tadi beberapa fakta menarik pulau jersey dari sejarahnya yang kompleks, keindahan alamnya yang menakjubkan, dan warisan budaya yang kuat. Fakta-fakta menarik ini hanya menggaris bawahi pesona yang melekat pada pulau kecil ini, menjadi saksi bisu dari masa lalu yang penuh peristiwa dan kemajuan yang menarik.

Beri Tanggapan:

0/ 5. dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Mengisi waktu dengan jalan jalan dan kulineran ditengah kesibukan memperjuangkan masa depan :D