KALIURANG PARK Botanical Garden, Harga Tiket & Wahana

Kaliurang Park botanical garden merupakan wisata keluarga yang berada di lereng Gunung Merapi. Taman Kaliurang yang sudah terkenal sejak 90-an tersebut kini memiliki wajah baru dengan perombakan hampir menyeluruh. Kini memiliki berbagai macam wahana modern dan pastinya menawarkan keseruan.

Jogja adalah salah satu tujuan favorit para traveller untuk berlibur. Beragam destinasi ada disana baik itu wisata kuliner, alam maupun sejarah dan budaya. Ngomongin soal wisata alam, tentunya tak bisa dilepaskan dari kawasan Kaliurang. Berada di lereng Gunung Merapi, kawasan tersebut menyuguhkan udara segar serta berbagai macam destinasi.

Di era 1990-an sampai 2000-an nama Taman Kaliurang begitu moncer. Tempat wisata yang dulunya hanya memiliki wahana jadul seperti perosotan dan ayunan perlahan mulai ditinggalkan seiring dengan muncul wisata baru yang lebih kekinian.

Untuk mengikuti perkembangan jaman, akhirnya taman tersebut dirombak total secara menyeluruh dan dilakukan rebranding dengan nama Kaliurang Park Botanical Garden. Sejumlah wahana permainan yang lebih modern dihadirkan guna menambah daya tarik pengunjung.

Harga Tiket Masuk Kaliurang Park Botanical Garden

Wisata kaliurang park secara resmi dibuka untuk publik pada 22 april 2023 lalu bersamaan dengan momen libur lebaran. Buat kalian yang penasaran dengan wajah baru wisata kaliurang Jogja, berikut informasi mengenai harga tiket masuknya:

JENIS TIKET HARGA
Tiket Masuk  Rp 30.000
High Rope  Free
Terapi ikan  Free
Taman labirin merah  Free
Video & foto 360  Free
Rumah Lebah  Free
Edukasi Sampah  Free for group
Virtual Reality  Rp 15.000
Mountain Slide Salju  Rp 15.000
Flying Fox  Rp 25.000
Jemparingan  Rp 15.000
Eco Print  Rp 20.000
Kolam Mandi Salju  Rp 10.000
Baca Juga  Cafe De Slili Gunung Kidul - Review Harga Menu Dan Lokasi

 

Catatan pengunjung:

  • Harga diatas adalah harga promo

Fasilitas

Setelah direvitalisasi, taman kaliurang memiliki beragam fasiltas dan wahana menarik diantaranya:

  • area parkir
  • toilet
  • camp ground
  • picnic zone
  • outbound
  • virtual reality
  • mountain slide
  • photobooth 360
  • high rope
  • flying fox
  • spot foto
  • jemparingan
  • wisata edukasi
  • resto
  • ruang pertemuan
  • musholla
  • pendopo
  • food stall
  • dll

Jam Buka

Jam Operasional
08.00 17.00 WIB

 

Wahana Kaliurang Park Botanical Garden

Kaliurang park memiliki luas sekitar 4 hektar. Lokasinya yang berada di wilayah pegunungan tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu ada beberapa wahana penunjang lain yang baka membuatmu betah bermain disini.

Mengusung tema wisata edukasi, hiburan dan kebudayaan destinasi wisata terbaru di Jogja ini cocok untuk berbagai kalangan. Sebuah tempat wisata yang menyandingkan antara alam, heritage dan juga modernitas.

Botanical Garden

Ada banyak tanaman langka dan bersejarah yang berada disini. Seperti pohon kantil yang menjadi saksi perjuangan raja raja kraton Jogja. Selain itu disini tumbuh kurang lebih 100 spesies tanaman langkah.

taman yang indah via httpskaliurang-park-botanical-garden.business.site
taman yang indah via httpskaliurang-park-botanical-garden.business.site

Wahana Permainan Yang Menantang

Jika kalian suka dengan hal hal yang menantang adrenalin, disini tersedia beberapa wahana yang bisa dicoba. Diantaranya ada perosotan sepanjang kurang lebih 100 meter yang dinamai mountain slide. Para pengunjung bisa duduk diatas penampang yang berbentuk bulat dan kemudian meluncur sembari berputar. Untuk safety, juga dilengkapi helm pengaman.

mountain slide kaliurang park
mountain slide kaliurang park

Seanjutnya ada juga flying fox dengan panjang lintasan 72 meter dan berada pada ketinggian 8 meter yang mana akan menerobos hutan pinus. Wahana lain yang bisa kamu coba adalah high rope dimana pengunjung akan melewati jembatan tali yang menghubungkan antar pohon.

Baca Juga  Obelix Hills Jogja, Harga Tiket dan Wahana April 2024

Wahana Edukasi

Selain wahana yang memicu adrenalin, ada beberapa wahana edukasi. Salah satunya adalah edukasi membatik ecoprint yang diaplikasikan pada berbagai media seperti tas. Ada juga wahana edukasi permainan panahan tradisional bernama Jemparing. Sementara itu jika kalian datang secara rombongan bisa juga belajar pengelolaan sampah.

Spot Foto

Kaum milenial memang gemar berfoto foto. Di wisata kaliurang park ini juga menyediakan berbagai spot foto baik untuk pribadi, konten maupun prewedding. Bahkan ada juga wahana photobooth 360 yang mana berfoto atau membuat video dengan kamera yang bisa berputar secara 360 derajat.

Lokasi Kaliurang Park Botanical Garden

Alamat lengkapnya terletak di Jl. Astomulyo No. 59 Area Hutan, Kel. Hargobinangun, Pakanewon, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju kesana dari kota Jogja tentunya sangat mudah, hanya perlu menyusuri jalan Kaliurang. Untuk lebih jelasnya tinggal buka saja di googlemaps.

Demikian tadilah beberapa informasi mengenai kaliurang park botanical garden, wisata baru yang lagi viral dan jadi salah satu rekomendasi saat liburan ke Jogja. Menawarkan indahnya alam dan juga berbagai wahana modern. Simak juga referensi wisata di jogja lainya di travelandword.com

Beri Tanggapan:

4.3/ 5. dari 17 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Blogger, Writer dan Travel Enthusiast. Lulusan Sarjana Teknik namun lebih tertarik dengan dunia online. Makan dan jalan jalan adalah kegemaranya