Melihat Reruntuhan Perang Troya

Kuda Troy

Fellow travelers pernah menonton film Troy yang dibintangi oleh Brad Pitt? Saya sendiri sih belum pernah nonton, sampai saya ‘dipaksa’ untuk menonton Troy di bus dalam perjalanan dari Selat Izmir ke Kota Canakkale, Turki.

Singkat cerita, Troy merupakan film yang menceritakan tentang perang Troya. Berdasarkan mitologi Yunani, Troy merupakan kota yang dihuni dengan damai oleh bangsa Akhaia. Namun semua berubah saat kakak beradik Paris dan Hector datang ke Spartan untuk menjalin kerja sama. Namun ternyata, si Paris ini jatuh cinta sama istri raja Spartan, Helen.

Eh si Helen ini malah kabur dan memicu peperangan antara Akhaia dan Spartan. Perang tersebut dimenangkan oleh pihak Spartan. Katanya, kunci kemenangan Spartan itu adalah kuda Troya. Kuda Troy ini digunakan oleh pasukan Sparta untuk bersembunyi. Rakyat Troya sendiri mengira kalau kuda ini cuma hadiah untuk raja, sehingga diletakkan di tengah kota. Eh pasukan Yunani yang sembunyi di dalam kuda Troy malah menyerang kota Troy saat tengah malam. Nah, kuda dan reruntuhan kota Troy sekarang bisa dilihat di Kota Canakkale, Turki.

Meskipun saya agak kurang ngerti dengan jalan cerita Troy ini, tapi saya kagum saat memasuki objek wisata Troy yang terletak di Desa Hisarlik, sekitar 30 km dari Kota Canakkale. Saat memasuki kawasan wisata, saya disambut oleh replika kuda Troy yang terkenal itu. Replika tersebut terbuat dari kayu dan memang sangat besar sekali, seperti yang diceritakan dalam legenda Perang Troy.

Meskipun sudah tidak sabar untuk berfoto dan naik ke atas kuda Troy, tapi saya dan rombongan lainnya harus terlebih dahulu menyusuri reruntuhan kota Troy. Sebenernya sih ya, cuma batu-batu aja gitu sepanjang mata memandang. Tapi sejarah dibalik batu-batu itu yang pantes dikagumi.

Salah satu sudut reruntuhan TroySisa-sia Yunani KunoMeskipun semuanya cuma batu-batu, tapi saya cukup lama menyusuri komplek reruntuhan itu karena terdapat banyak spot. Di setiap spot, tour guide saya, Fahri akan menceritakan sejarah perang Troy.

Setelah tiba di spot kuda Troy, saya langsung naik ke atas kuda Troy. Replika kuda Troy ini terdiri dari 2 tingkat, jadi kalau mau sampai puncak, kita harus 2 kali naik tangga kayu yang cukup suram. Di dalam replika kuda Troy pun cukup ramai, jadi saya agak takut kalau sewaktu-waktu kuda ini akan roboh hahaha.

Kuda TroyJadi jangan lupa untuk berkunjung ke Troy ya kalau mampir ke Kota Canakkale. You’re gonna be really fascinated by the history.

Advertisements

2 thoughts on “Melihat Reruntuhan Perang Troya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s