Where to Shop in Seoul?

Myeongdong

Cewe mana sih yang ga suka belanja? Sebagai cewe, saya pun suka belanja. Meskipun kadang-kadang finansial berbanding terbalik dengan barang-barang yang ingin dibeli, tapi retail therapy works on me even when it’s just window shopping. Nah, kemarin saya baru saja balik dari Seoul, Korea Selatan yang katanya surga barang-barang lucu dan kosmetik bagus. Seoul juga menjadikan shopping sebagai salah satu highlight dari kampanye pariwisata mereka, jadi banyak banget lokasi-lokasi belanja di Seoul, mulai dari yang high end brand sampe yang di lapak pinggir jalan.

Saat ke Seoul kemarin, saya ga mau ketinggalan untuk belanja-belanja lucu atau sekedar window shopping dong. Karena memang ada beberapa barang yang saya rencanakan untuk beli di Korea dan ditahan-tahan untuk ga beli di Jakarta, jadi saya pun memasukkan beberapa lokasi shopping di itinerary. So here some of the shopping area in Seoul based on my visit.

Myeongdong

Ini dia nih salah satu lokasi belanja paling hits di Seoul! Pokoknya I remind you, kalau kalian ke Korea Selatan, jangan di skip deh area Myeongdong ini. Saya aja sampai 3 kali bolak-balik ke Myeongdong dalam 7 hari perjalanan di Seoul. Yang pertama, saya mampir ke Myeondong pas baru banget nyampe Seoul. Kebetulan, transportasi ke Myeongdong dari hotel saya di area Sookmyung Women University itu masih satu line dan cuma selang 2 stasiun subway.

Myeongdong

Suasana malam di Myeongdong itu asik banget, karena lampu-lampu banner di setiap toko udah pada nyala dan ada ornamen-ornamen sisa natal kemarin yang bikin suasana makin joyful. Di sepanjang jalan itu, fellow traveler akan menemukan berbagai macam toko, mulai dari toko kosmetik, toko baju, department store, toko sepatu, dan juga berbagai macam café. Penjualnya pun ga cuma di toko besar aja, tapi banyak juga penjual yang menjajakan barangnya di gerobak-gerobak kaki lima. Yang bikin makin seru, di Myeongdong ini banyak banget jajanan, kayak gorengan-gorengan, pancake, toppoki, baked cheese, japchae, kebab, sampe tiram bakar. Semuanya enak!

Myeongdong 2

Myeongdong 3

Myeongdong 4

Tapi, yang menjadi highlight dari Myeongdong ini tentunya adalah jejeran toko kosmetik Korea, kayak Etude House, Nature Republic, Missha, The SIAM, Laneige, dan banyak banget merk-merk lainnya. Soal harga, emang sih harganya lebih murah dari di Jakarta, bisa sampe 2-3 kali lebih murah. Semuanya pun menawarkan berbagai macam diskon dan iming-iming free sample untuk setiap orang yang masuk tokonya. Jadi, kalau fellow traveler mau dapet sampel yang banyak, masuk aja ke tokonya bentar, dikasih sample, sok tanya ini itu, terus keluar lagi, it works loh 😛

Myeongdong 6

Buat yang mau belanja baju dengan harga diskonan, ada H&M, Forever 21, atau Uniqlo. Ya emang sih ada di Jakarta, tapi percaya deh ada beberapa item yang harganya jauh beda sama barang-barang di toko serupa di Jakarta. Untuk sepatu, bisa mampir ke Les More atau ABC Mart. Sepatu Vans Disney edition yang di Jakarta katanya bisa seharga 1.3 lebih, disana cuma sekitar 6000 KRW alias 600 ribuan rupiah. Adik saya juga beli Asics di Les More, cuma 7.500 KRW, pas di cek untuk harga Jakarta, 2 jeti bo. Mayan kan? Kalau pengen belanja ala ala anak muda masa kini, ada Lotte Young Plaza yang terletak di area belakang Myeongdong. Di department store ini, fellow traveler akan menemukan barang-barang anak muda, mulai dari international brand sampai local brand/designer store. Semua barangnya pun unik-unik! Intinya, siapin uang lebih deh kalo ke Myeongdong ini!

Myeongdong 5

How To Get To Myeongdong: Myeongdong Station (Exit 6)

#TravelAndWordTip: Go to Seoul Global Cultural Center in M-Plaza Building (5th floor) for free Hanbok experience (eventho I didn’t try this, but I think you should if you have time)

Dongdaemun

Nah ini nih tempat kedua saya khilaf dan menghamburkan Won untuk belanja. Dongdaemun ini memang terkenal sebagai salah satu tempat belanja di Seoul sejak zaman dulu. Berbeda dengan Myeongdong yang menyajikan brand kosmetik atau brand fashion yang terkenal, di Dongdaemun ini (menurut saya) lebih banyak department store lokal dan penjual grosiran, kayak di ITC gitulah. Karena saya anaknya emang cuma mampu belanja di ITC, jadi lumayan banyak sih belanja di sini.

Dongdaemun

Saat tiba di Dongdaemun, saya langsung memasuki Pyounghwa Clothing Market karena itu mal yang terdekat dari exit saya. Tinggal menyebrang dari JW Marriot Dongdaemun, jalan melewati Cheonggyecheon Stream, masuk deh ke Pyounghwa. Tapi disini saya sih ga lama, karena barang-barangnya lebih ke model tua dan menurut saya sih ketinggalan jaman, selain itu harganya cukup mahal.

Saya pun beranjak ke mal sebelahnya, yaitu Doota. Mal ini konsepnya hampir sama dengan Lotte Young Plaza yang di Myeongdong, yaitu kebanyakan menjual produk-produk edgy karya desainer lokal. Lucu-lucu sih bajunya, cuma ya itu mahal.

Terus saya pindah lagi ke sampingnya, yaitu Migliore. Nah disini nih saya lumayan menang banyak! Ga cuma saya, si Bunda pun menang banyak. Karena memang lagi winter, rata-rata koleksinya pun kebanyakan sweatercoat, atau hoodie. Untungnya, bajunya lumayan banyak yang ukuran besar, ga seperti yang saya bayangkan ukuran baju Korea yang kecil-kecil itu. Tapi ga cuma baju aja loh, ada juga tas, sepatu, aksesoris, dan baju pria. Semuanya dipisahkan oleh lantai yang berbeda.

Untuk belanja souvenir, saya punya toko rekomendasi di Migliore ini. Kalau ga salah nama tokonya Victory deh, letaknya di lantai 4, tepat di samping kiri eskalator. Kenapa saya rekomendasikan toko ini? Karena menurut saya harganya murah, barangnya beragam, penjualnya ramah, dan bahkan sampe dikasih bonus! Saya sampe 2 kali balik ke toko ini untuk beli oleh-oleh dan di kedua kedatangan itu, saya dikasih bonus banyak banget dan disuguhin teh!

Dongdaemun 4

Puas belanja di Migliore, saya jalan-jalan di sekitaran Dongdaemun. Ternyata di depan Mall Goodmorning City pun juga ada penjual-penjual yang buka lapak di pinggir jalan. Barangnya juga ga kalah bagus sama yang ada di dalam mal.

Dongadaemun 2

How To Get To Myeongdong: Dongdaemun Station (Exit 6,8,9)

#TravelAndWordTip: Make sure to visit the futuristic Dongdaemun Design Plaza (DDP) for exhibition. In the night, make a photo stop in the their LED Rose Garden.

Dongdaemun 5

Dongdaemun 3

Namdaemun Market

Namdaemun Market adalah pasar tradisional terbesar di Korea yang menjual berbagai macam barang. Saat saya berkunjung kesana, saya melihat yang kebanyakan dijual adalah baju, aksesoris, dan koper. Tapi sebenarnya, di Namdaemun Market ini semua dijual mulai dari kimchi, peralatan rumah tangga, oleh-oleh khas Korea, sampe ginseng. Semuanya kebanyakan dijual dalam jumlah grosir, jadi kalau kalian mau jualan lagi, this place is the right place to shop!

Namdaemun

Saat saya kesana, Namdaemun Market lumayan rame, padahal saat itu lagi dingin banget, tapi tetep aja nothing can stop people to shop! Barang-barang yang dijual di Namdaemun Market ini kebanyakan adalah made in Korea, jadi kalian ga perlu lagi akan kualitasnya karena Insya Allah bagus. Tapi untuk baju, menurut saya sih model-modelnya kurang bagus.

Tapi kalau fellow traveler pengen belanja aksesoris, Namdaemun ini tempatnya! Ada banyak gedung berlantai-lantai yang khusus menjual aksesoris. Tapi sayangnya, semua dijual dalam jumlah grosir dan harus beli minimal 1 lusin. Waktu itu saya pengen banget beli, tapi kalau disuruh beli 12 ya ga bisa lah ya. Alhasil, saat di Namdaemun saya hanya beli syal aja, itu pun karena kedinginan.

How to Get to Namdaemun Market: Hoehyon Station (Exit 5)

#TravelAndWordTip: Walk to Sungnyemun Gate (Namdaemun Gate) and a take picture with the picturesque gate.

Nah itu, lokasi-lokasi belanja yang saya datangi saat ke Seoul. Sebenarnya sih masih ada Insadong yang terkenal dengan toko-toko souvenirnya. Tapi berhubung saya kesana cuma mampir sebentar untuk sewa wifi, jadi saya ga explore Insadong dan otomatis ga bisa ngasih saran dong ya? Overall, menurut saya harga barang-barang di Seoul ini lumayan murah. Apalagi kalau membandingkan harga kosmetik yang dijual di Korea dan Jakarta? Wuih jauh deh! Barang-barang buatan Korea juga kualitas, jadi kamu ga bakal rugi. Happy shopping!

Signature

Advertisements

13 thoughts on “Where to Shop in Seoul?

  1. waah iya katanya barang yg dijual di korea jauh lebih murah daripada udah nyampe jakarta, ya pasti karna ongkirnya ya hehe.. smoga bisa ke korea 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s