Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Lokasi Dan Rute Ke Wayang Windu Bike Park Pangalengan Bandung

lokasi wayang windu pengalengan

Lokasi wayang windu bike park dua bulan terakhir ini mendadak ramai. Hal itu tak lepas dari meningkatnya tren bersepeda di beberapa daerah tak terkecuali di Pangalengan, bandung. Padahal tempat ini sebenarnya sudah ada sejak lama, dan cukup dikenal bagi para pegiat sepeda gunung. Menariknnya tak hanya terdapat lintasan sepeda saja, namun telah dikembangkan Wayang Windu Panenjoan atau yang kerap disingkat WWP, sebuah spot untuk menikmati pangalengan dari ketinggian. Tempatnya instagramable, menyejukan dan memanjakan mata! yakin gak mau kesini?

Wayang Windu Bike Park Panenjoan, Pangalengan memiliki trek bersepeda ditengah hijaunnya perkebunan teh. Dengan membayar retribusi/ tiket masuk, kita bisa berolahraga sambil berwisata menikmati keindahan kebun teh. Tempatnya memang istimewa, jarang ditemukan tempat serupa di daerah lain. Bahkan disini juga kerap menggelar kejuaraan olahraga sepeda lho dengan peserta dari Bekasi, Bogor, Jakarta, Bandung dll.

trek atau jalan di wayang windu bike park
trek atau jalan di wayang windu bike park via IG @w2mbikepark

Ada beberapa jenis trek yang bisa kamu temukan di wayang windu mountin bike park. Dari yang easy hingga yang menantang adrenalin seperti trek Cross Country (XC), All Mountain (AM) ataupun Mini Down Hill (DH). Dengan tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda beda, kamu bisa menguji dan melatih skil bersepedamu. Untuk panjang lintasanya sendiri krang lebih mencapai 15 km. Cukup buat sunmori alias sunday morning ride.

Selepas berolahraga, kamu bisa menuju lokasi wayang windu panenjoan alias WWP. Nikmati kesejukan udara pangalengan, sembari beristirahat atau bahkan mau hunting foto. Ada beberapa spot untuk berfoto foto, seperti gardu pandang ataupun jembatan kayu yang berada diantara hijaunya pohon teh.

Lokasi Wayang Windu Bike Park

Alamat tepatnya beraa di banjarsari, pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Jika dari pusat kota Bandung harus menempuh jarak sekitar 65 km. Lokasinya berada di ketinggian 1.600 hingga 1.800 mdpl, oleh sebab itu udaranya begitu sejuk. Dari sini kita bisa melihat view ota pangalengan dari atas. Dan jika datang diwaktu yang tepat, bisa seperti diatas awan karena saking banyaknya kabut.

Wayang windu pangalengan juga menjadi spot favorit untuk berburu sunset. Pedar kuning kemerahan yang mulai memudar beradu dengan hijaunya kebun teh dan view alam pegunungan, sungguh menjadi yang sangat disayangkan jika dilewatkan tanpa jepretan kamera.

Rute Menuju Wayang Windu Pangalengan Dari Kota Bandung

Sebenarnya lokasi wayang windu bike park ini sudah tersedia di google maps. Bagi yang berasal dari luar kota ataupun yang masih asing dengan jalan jalan di Bandung, bisa membuka via aplikasi tersebut. Namun jika kebetulan tidak ada kuota, atau susah sinyal, silahkan ikuti rute berikut ini.

Rute ke WWP Pangalengan dari kota bandung bisa melalui dayeuh Kolot – Banjaran. Tinggal ikuti saja jalan yang berliuk liuk tersebut nanti akan ketemu dengan persimpangan (ke kebun teh PTPN VIII kertamanah), belok saja ke kiri. Untuk patokanya adalah toko oleh oleh pia kawitan. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di wayang windu bike park. Kondisi jalanya sendiri cukup baik, bisa dilalui roda dua ataupun roda empat.

Sementara itu jika ingin menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkutan elf yakni dari Tegal Lega – Pangalengan. Nanti silahkan turun di persimpangan perkebunan teh Kertasari tadi. Dari sini bisa dilanjukan dengan naik ojek.

Harga Tiket Masuk WWP Pangalengan

HTM wayang windu bike park cukup bersahabat kok dengan isi kantong Hanya dengan Rp 10 ribu kamu sudah bisa mengeksplore tempat ini. Sementara itu untuk menitipkan kendaraaan cukup bayar Rp 3 ribu/motor atau Rp 5 ribu/mobil.

Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki cukup memadai diantaranya area parkir luas toilet, spot foto, gazebo untuk beristirahat, tempat ibadah, gardu pandang dan beberapa fasilitas lainya untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Galeri Foto

wisata hits pangalengan rute ke wayang windu mountain bike park

wwp 1800 sypark
via instagram @wwp1800skypark
spot foto wwp 1800
via instagram @wwp1800skypark
jembatan kayu wayang windu panenjoan
jembatan kayu wayang windu panenjoan

Setelah liat review diatas, pasti kalian udah gak sabar buat sunmori disini kan? Jika iya, selalu terapkan protokol kesehatan ya! Nah mumpung masih di pangalengan, tempat ini kaya akan wisata alam lho. Ada beberapa tempat wisata yang lokasinya juga tak jauh dari Wayang Windu Bike Park. Dua diantaranya yakni Glampng Cilenca dan Situ Celuanca. Kedua tempat tersebut juga gak kalah serunya dengan menawarkan berbagai atraksi wisata.

Avatar
Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *