Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Pendakian Gunung Puthuk Gragal Cembor – Info Rute Dan Lokasi

gunung di mojokerto

Pendakian gunung puthuk gragal cocok untuk pendaki pemula. Pasalnya gunung yang berada di Pacet, Mojokerto ini hanya memiliki ketinggian dibawah 1500 mdpl. Tentunya effort yang dibutuhkan untuk menuju puncak cukup ringan yakni membutuhkan waktu 2 jam perjalanan. Jauh lebih ringan dibanding gunung gunung di Indonesia pada umumnya yang membutuhkan waktu 7 – 10 jam.  Selain itu jalur pendakian juga sudah resmi dikelola oleh Perum perhutani serta sudah berasuransi. Nah buat yang mau self healing ke gunung yang satu ini, silahkan simak review kami berikut.

Pesona pegunungan memang masih menjadi destinasi favorit banyak orang. Bahkan gunung gunung sekarang jauh lebih ramai dibanding 10 tahun silam. Udara yang segar, hijaunya vegetasi serta keindahan “negeri diatas awan” membuat banyak orang rela melakukan pendakian berjam jam lamanya. Gunung di Indonesia sendiri cukup bervariasi dari yang pendek dan cocok untuk pemula hingga yang memiliki jalur extrim.

Nah, kalau kamu mau cari gunung untuk pemula di jawa timur, Gunung Puthuk Gragal Cembor ini adalah salah satu pilihanya. Selain jalur pendakian yang relatif pendek, viewnya juga istimewa. Bahkan lanskap yang tersaji mirip mirip dengan gunung prau di wonosobo yang selama ini menjadi favorit pendaki pemula.

Review Pendakian Puthuk Gragal Cembor

Puthuk  Gragal sendiri baru dibuka bulan oktober 2020 lalu. Jadi mungkin masih banyak yang belum tahu baik itu lokasi maupun rute yang harus ditempuh. Ketinggian puthuk gragal adalah 1480 mdpl dengan ketinggian basecamp 800 mdpl. Itu artinya kita hanya perlu mendaki 780 meter secara vertikal.  Adapun pengelolanya adalah perum perhutani KPH PAsuruan dan LMDH Sumber Kencono serta bekerjasama dengan karanga taruna desa cembor.

Berbicara mengenai view yang disajikan, cukup istimewa. Sepanjang perjalanan kita akan mendapati vegetasi yang cukup rapat di kanan kiri. Mulai dari pohon pohon besar, bambu, bunga lantana, ilalang, tanaman genjret, kaliandra, pecut kuda hingga pinus. Di puncak kita akan disuguhkan dengan pemandangan puthuk siwur, gunung pundak serta gunung welirang yang gagah berdiri di belakang.

Namun yang perlu diingat, memang rute menuju puncak cukup terjal dengan dipenuhi bebatuan. Sesuai namanya “gragal” yang dalam bahasa jawa berarti bebatuan. Ada 4 pos yang harus dilalui pendaki dengan total waktu pendakian sekitar 2 jam. Kamu bisa mendaki secara tektok (tanpa ngecamp) ataupun full pack dengan membawa tenda dan ngecamp di camp area. Berikut review jalur pendakian via cembor.

Basecamp – Pos 1 25 menit

Setelah memarkirkan kendaraaan di basecamp serta membayar simaksi selanjutnya kamu bia memulai pendakian. Dari basecamp kita akan melewati jalanan desa yang asri nan sejuk.  Setelah berjalan sekitar 25 menit kita akan sampai di pos 1 yakni Watu Ceper.

Pos 1 – Pos 2 15 menit

Dari watu ceper menuju pos 2 yakni Gamblu butuh waktu 15 menit saja. Jalur masih relatif datar dan banyak ditumbuhi oleh pohon bambu di sekitarnya.

Pos 2 – Pos 3 20 Menit

Nah selepas pos 2 ini kalian akan mendapati sebuah plakat dengan tulisan Tanjakan Opo. Jalurpun mulai nanjak dengan kemiringan mencapai 60 derajat melewati hutan tanaman genjret. Di sepanjang jalur juga akan ditemui pipa pralon yang di beberapa titik berlubang jadi bisa untuk mengisi perbekalan air. Butuh waktu 40 menit untuk mencapai pos 3 yakni hutan genjret.

Pos 3 – Pos 4 20 Menit

Dari pos hutan genjret jalan masih menanjak tapi tidak begitu terjal. Butuh waktu 20 menit untuk mencapai pos 4 (tanjakan celeng). Nah disini terdapat sumber air yang ditamping dalam bak beton.

Pos 4 – Camp Area 25 Menit

Selanjutnya dari plakat pos 4 kita akan melewati jalur nanjak dan sedikit memutar. Total perjalanan dari basecamp sampai di camp area adalah sekitar 105 menit. Di camp area ini areanya cukup terbuka dan angin juga terasa kencang. Jika masih tersedia tempat sebaiknya camp di pos 4 karena anginya tidak begitu besar serta dekat dengan sumber air.

Camp Area – Puncak

Dari camp area sampai puncak cukup jalan 15 menit saja. Jangan sekali kali ngecamp dipuncak karena angin makin kencang dan juga cukup dingin.

Lagi Hits Di Mojokerto:

Nah itulah tadi info pendakian gunung puthuk gragal. Ohya di sebelum pos 1 sebenarnya kita juga bisa menemukan goa dan air terjun bernama coban cakung. Akan tetapi tempat ini memang belum dibuat akses jalan yang baik.

Rute Dan Lokasi Puthuk Gragal

Lokasi putuk gragal berada di dusun libis, desa cembor, kecamatan pacet, Mojokerto. Jika dari mojokerto kota kurang lebih berjarak 35 km yang bisa ditempuh 1 jam. Adapun rutenya jika dari kota mojokerto silahkan mengambil jalur ke mojosari lalu ke arah pacet – claket dan berakhir di desa cembor. Nanti akan ada plakat papan penunjuk ke jalur pendakian (basecamp). Cek lokasinya disini

Harga Tiket Masuk Puthuk Gragal

Tak perlu merogoh kocek dalam dalam, cukup membayar HTM sebesar Rp 10 ribu/ orang saja. Selain itu kamu juga perlu memarkirkan kendaraan dengan tarif Rp 10 ribu/ motor. Untuk jam operasionalnya, buka setiap hari selama 24 jam penuh.

Galeri Foto

wisata baru di mojokerto
wisata baru di mojokerto
gunung pendaki pemula mojokerto jawa timur
gunung pendaki pemula mojokerto jawa timur
puthuk gragal berapa jam
puthuk gragal berapa jam
ketinggian puthuk gragal berapa mdpl
ketinggian puthuk gragal berapa mdpl

Akhir Kata

Nah buat yang mau cari gunung untuk pendaki pemula di Mojokerto, Puthuk Gragal adalah pilihan yang tepat. Dengan jalur yang relatif pendek tapi sudah mendapatkan view yang oke punya. Tertarik?

Navia Azzahra Kopi, Puisi Dan Senja adalah kenikmatan yang hakiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *