8 Tips Memilih Kursi Kereta Agar Tidak Mundur

Kereta adalah salah satu moda transportasi yang populer di seluruh dunia. Baik untuk perjalanan harian, perjalanan jarak jauh, atau petualangan liburan, kursi kereta yang nyaman dan strategis sangat penting. Bagi sebagian orang, pemilihan kursi kereta bisa menjadi hal yang penting, terutama jika mereka ingin menghindari kursi yang seolah berjalan mundur.

Saat ini, kereta api di Indonesia juga terus berbenah dengan memberikan kualitas terbaik dan nyaman. Namun acap kali perjalanan terganggu lantaran salah pilih kursi. Pada beberapa tipe kereta utamanya kelas ekonomi, kursi tidak bisa dibalik. Seringkali kursi menghadap arah yang berlawanan dari laju kereta. Hal itupun membuat kereta terasa berjalan mundur.

Tips Memilih Kursi Kereta Api Agar Tidak Berjalan Mundur

Nah, untuk menghindari kursi yang berlawanan arah laju kereta, silahkan simak beberapa tips berikut ini:

Perhatikan Nomor Kursi Dan Arah Kereta

Poin pertama dan utama dalam menghindari kereta yang seolah berjalan mundur adalah dengan mengetahui dulu arah laju kereta tersebut. Untuk kereta yang berjalan ke arah timur maka pilih kursi dengan nomor ganjil seperti 1,3,5 dst.

Sebaliknya jika kereta api berjalan ke arah barat, maka pilihlah nomor tempat duduk genap. Seperti 2,4,6 dan seterusnya. Antara nomor ganjil dan genap biasanya letaknya berhadapan. Misalnya nomor 24 berhadapan dengan 23, nomor 20 berhadapan dengan 19 dan lain sebagainya.

Baca Juga  10 Tips Liburan Bersama Keluarga, Jadikan Moment Tak Terlupakan

Pesan Tiket Secepat Mungkin

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kursi yang tidak akan mundur adalah dengan memesan tiket kereta Anda sesegera mungkin. Biasanya, ketika Anda memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan, Anda memiliki akses lebih besar untuk memilih kursi yang sesuai dengan preferensi Anda. Pemesanan tiket lebih awal juga memberikan Anda lebih banyak opsi kursi yang tersedia.

Gunakan Aplikasi dan Situs Web Resmi Operator Kereta

Mayoritas operator kereta api memiliki situs web dan aplikasi resmi yang memungkinkan Anda memilih kursi Anda sendiri. Ini adalah cara yang efektif untuk menghindari kursi yang sering mundur. Pada saat pemesanan, Anda dapat melihat peta kursi dan memilih kursi yang strategis. Beberapa situs web bahkan memberikan informasi tentang kekosongan kursi secara real-time.

Pilih Kursi di Dekat Gerbong Pertama atau Terakhir

Kursi yang berada di dekat gerbong pertama atau terakhir kereta cenderung lebih stabil daripada kursi di tengah-tengah. Hal ini karena getaran yang dihasilkan oleh mesin dan roda kereta biasanya kurang terasa di bagian depan dan belakang. Cobalah untuk memilih kursi di salah satu dari dua tempat ini untuk menghindari perasaan mundur yang tidak nyaman.

Hindari Kursi di Dekat Toilet atau Dapur

Kursi yang berdekatan dengan toilet atau dapur kereta dapat menjadi sumber ketidaknyamanan. Penumpang sering bergerak di area ini, dan ada kemungkinan bau yang tidak sedap. Selain itu, kursi di dekat toilet sering memiliki ruang yang lebih terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kursi-kursi ini jika Anda ingin menghindari perasaan mundur.

Pertimbangkan Kursi Tipe Premium atau Kelas Bisnis

Kereta biasanya menawarkan berbagai kelas, termasuk ekonomi, premium, dan bisnis. Kursi di kelas premium atau bisnis cenderung lebih luas, nyaman, dan kurang mungkin untuk mundur karena mereka memiliki lebih sedikit penumpang dalam gerbong yang sama. Meskipun harganya lebih tinggi, pengalaman perjalanan yang lebih nyaman mungkin sepadan dengan biayanya.

Baca Juga  11 Aktivitas Seru untuk Liburan Bersama Keluarga

Manfaatkan Ulasan dan Rekomendasi Online

Sebelum Anda memesan tiket kereta, manfaatkan ulasan dan rekomendasi online. Banyak penumpang kereta berbagi pengalaman mereka dalam memilih kursi dan memberikan saran tentang kursi mana yang harus dihindari. Situs web dan forum perjalanan adalah sumber informasi yang bagus untuk memahami kondisi kursi di berbagai rute dan operator.

Pertimbangkan Kebutuhan Pribadi

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Misalnya, jika Anda memiliki mobilitas terbatas atau perlu mengakses toilet dengan mudah, Anda mungkin perlu memilih kursi yang berbeda. Pertimbangkan kebutuhan pribadi Anda dan pastikan kursi yang Anda pilih sesuai dengan preferensi dan kenyamanan Anda.

Dalam memilih kursi kereta agar tidak mundur, rumus ganjil-genap nomor kursi menjadi poin yang paling krusial. Pilihlah nomor ganjil atau genap sesuai dengan arah laju kereta. Beberapa pengguna kereta api mengaku rumus tersebut cukup akurat.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti waktu pemesanan, lokasi kursi, kelas tiket, dan rekomendasi online, Anda dapat membuat perjalanan kereta Anda menjadi pengalaman yang lebih nyaman dan menyenangkan. Ingatlah untuk selalu memeriksa kebijakan dan fasilitas operator kereta Anda sehingga Anda dapat membuat pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga tips ini membantu Anda dalam perjalanan kereta Anda berikutnya!

Beri Tanggapan:

0/ 5. dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Mengisi waktu dengan jalan jalan dan kulineran ditengah kesibukan memperjuangkan masa depan :D