Negeri Kahyangan Magelang, Harga Tiket & Lokasi

Tol Kahyangan atau yang juga disebut Negeri Kayangan merupakan wisata alam yang tengah populer di Magelang. Lokasinya berada di surodadi, wonolelo, Sawangan. Tempat ini menawarkan view gunung merbabu serta spot spot yang instagramable.

Selain digunakan untuk menyebut jalan yang menghubungkan bawang-dieng, Tol Kahyangan juga menjadi satu julukan jalan yang berada di Lereng Gunung Merbabu yang menghubungkan desa wonolelo dan desa banyuroto. Julukan tersebut melekat karena lokasinya yang berada di ketinggian dan acap kali diselimuti kabut.

Kini daerah tersebut telah bertransformasi menjadi wisata alam yang kemudian disebut sebagai Negeri Kayangan Magelang. Jika sebelumnya pengunjung bebas masuk tanpa ada retribusi, kini diberlakukan tiket masuk karena memang telah dibangun berbagai macam spot dan wahana yang instagramable.

Aktivitas Seru Di Negeri Kahyangan Sawangan Magelang

Selain sering diselimuti kabut, penyebutan tol kahyangan juga karena jalanya yang sudah bagus. Selama perjalanan kamu akan disuguhkan dengan view gunung merapi merbabu terutama ketika cuaca sedang cerah. Keindahanyapun makin menjadi jika kamu datang pada moment yang tepat yakni saat matahari terbit dan terbenam.

Menikmati Suasana Alam Pegunungan

Wisata tol kahyangan atau negeri kayangan ini sejalur dengan jalan menuju basecamp pendakian gunung merbabu via suwanting. Disepanjang perjalanan areal pertanian warga menghiasi di sisi kanan dan kiri jalan. Dari sini kita bisa menikmati beberapa gunung disekitarnya. Yang paling dekat tentu saja adalah Gunung Merbabu yang berada tepat didepan mata.

Baca Juga  Lokasi Dan Tiket Masuk Svargabumi Borobudur Magelang 2023
view gunung merapi foto via ig @tol_kayangan_surodadi
view gunung merapi foto via ig @tol_kayangan_surodadi

Ditambah lagi dengan udara sejuk pegunungan yang membuat paru paru makin smile. Menikmati suasana alam tersebut makin lengkap rasanya dengan secangkir kopi dan berbagai camilan. Jika laparpun tersedia beberapa menu yang menggugah selera.

Berfoto Di Spot Spot Kekinian

Perpaduan antara wisata spot foto dengan latar belakang alam pegunungan memang selalu jadi konsep menarik. Nah disanapun telah dibangun beeberapa spot yang instagramable maupun tiktokable. Seperti spot kereta kuda putih dan juga spot kastil atau istana yang megah.

spot kastil via @tol_kayangan_surodadi_
spot kastil via @tol_kayangan_surodadi_

Setiap sudutnyapun dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi spot yang keren untuk membuat konten foto maupun video.

Camping Seru

Area pegunungan selalu jadi spot asik untuk camping. Di Negeri kayangan ini sudah tersedia camping ground untuk mendirikan tenda serta area untuk campervan. Lokasinya menghadap ke gunung merapi sehingga memberikan pemandangan lanskap keindahan alam yang eksotis.

camping di wisata tol kahyangan magelang via ig @tol_kayangan_surodadi
camping di wisata tol kahyangan magelang via ig @tol_kayangan_surodadi

Harga Tiket Masuk Tol Kahyangan Magelang

Tempat wisata yang lagi hits di Magelang ini memiliki tarif retribusi atau tiket masuk yang relatif terjangkau. Berikut daftar harganya:

JENIS TIKETHARGA
Tiket Wisata (weekday)Rp10.000
Tiket Wisata (weekend)Rp13.000
Tiket CastleRp10.000
Parkir kendaraanRp2.000
Paket camping 4 orangRp450.000

Lokasi Negeri Kahyangan Magelang

Alamat lengkapnya berada di Surodadi, Wonolelo, Kec. Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jika kamu dari arah jogja maupun magelang bisa melewati kawasan wisata ketep pass. Mengingat jalanya yang berada di lereng gunung, baiknya persiapkan kartu sim yang tepat untuk memudahkan akses google maps.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Resto
  • toilet
  • Mushola
  • Kastil
  • Camp Ground
  • Spot foto
  • dll

Jam Operasional

Berikut jam buka wisata hits di sawangan magelang ini

Baca Juga  Daftar Menu Dan Lokasi Ketjeh Resto Klaten
AktivitasJam Operasional
Wisata06.00 – 18.00 WIB
Camping24 Jam

Tips Berkunjung Ke Negeri Kahyangan Magelang

Biar liburanmu makin berkesan, ada beberapa tips sebagai berikut:

  • Datang Pagi hari
    Selain suasananya yang belum begitu ramai, menghirup udara pegunungan di pagi hari tentu terasa sangat menyegarkan. Apalagi jika kamu bisa datang saat pagi pagi buta, bisa menikmati sunrise dari atas pegunungan.
  • Lewat Jalur Wonolelo
    Ada 2 jalur yang bisa dilalui pengunjung. Kami merekomendasikan untuk melewati balai desa wonolelo karena jalurnya yang lebih enak. Jalur ini juga bisa dilalui oleh mobi.
  • Jelajah Wisata Disekitarnya
    Berada dikawasan pegunungan, memang tak jauh dari negeri kahyangan ini terdapat sejumlah spot wisata. Jadi kamu bisa susun rencana terlebih dahulu, mau berknjung kemana saja. Seperti ketep pass, air terjun kedung kayang hingga pinus kragilan.

Demikian tadilah ulasan lengkap tentang wisata negeri kahyangan atau negeri kayangan yang ada di Sawangan Magelang. Gimana tertarik untuk kesini?

Navia Azzahra

Blogger, Writer dan Travel Enthusiast. Lulusan Sarjana Teknik namun lebih tertarik dengan dunia online. Makan dan jalan jalan adalah kegemaranya