Tumpeng Menoreh Kulon Progo Jogja, Harga Tiket & Menu 2023

TUMPENG MENOREH JOGJA
Tiket Masuk: Rp50.000,-
Jam Buka: 24 jam
Nomor Telepon: 0819-0422-1889
Alamat: Jl. Kebun Teh Nglinggo, Sumbersari, Ngargoretno, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Jawa Tengah 55673

 

Wisata Tumpeng Menoreh di Kulon Progo menjadi salah satu destinasi paling hits di Jogja dalam beberapa tahun terakhir. Berada di kawasan perbukitan menoreh, dari sini pengunjung akan disuguhkan view spektakuler kawasan jogja, magelang dan sekitarnya secara 360 derajat. Belum lagi desain arsitektur dan tata lampu yang megah. Tak heran walau tergolong wisata baru, foto fotonya kerap viral di media sosial. Untuk itu kali ini kami tertarik untuk mengulas lebih dalam mulai dari fasilitas, harga tiket, menu makanan serta rute untuk menuju lokasi wisata.

Kabupaten Kulon Progo dalam lima tahun terakhir ini memang cukup menggeliat di sektor pariwisata. Hamparan sawah hijau, perbukitan menoreh hingga keindahan waduk sermo menjadi magnit kuat yang mendatangkan ribuan wisatawan. Hal itu juga tak lepas dari kemunculan sejumlah obyek wisata maupun cafe/ tempat nongkrong di daerah tersebut. Dari waktu ke waktu, wisata baru bermunculan. Sebut saja seperti coffee angkasa pule payung, kembang soka hingga cafe outdoor dengan view persawahan geblek menoreh view.

Belum rampung euforia sejumlah wisata baru di kulon progo tersebut, kini sudah hadir tempat wisata yang gak kalah kerenya. Sebuah resto yang berada di puncak bukit dikawasan perbukitan menoreh bernama tumpeng menoreh. Destinasi ini digagas oleh erix soekamti pentolan band punk Endang Soekamti dan bekerjasama dengan masyarakat lokal.

Daya Tarik Wisata Tumpeng Menoreh Kulon Progo

Sebenarnya destinasi yang satu ini adalah berupa restoran. Hanya saja lokasinya yang berada di puncak sebuah bukit di kawasan perbukitan menoreh, memberikan experience yang spektakuler. Desain bangunan yang berbentuk heksagonal membuat pengunjung bisa menikmati view secara 360 derajat. Perbukitan hijau di sekitarnya, gunung merapi, merbabu, sumbing, sindoro semuanya terlihat begitu indah terutama ketika cuaca sedang cerah. Dari sini pengunjung juga bisa disuguhkan keindahan sunrise dan sunset ditempat yang sama. Jika beruntung, awan tipis yang menyelimuti disekitarnya membuat kita seolah sedang berada di atas awan.

Baca Juga  Lokasi Dan Harga Menu Geblek Pari Nanggulan Kulon Progo

Adalah Erix Soekamti seorang musisi sekaligus vokalis band Endang Soekamti yang menggasnya. Di bantu oleh warga lokal yang tergabung dalam komunitas Gelangprojo, restoran ini akhirnya resmi dibuka pada mei 2021 lalu. Nama tumpeng menoreh sendiri diambil lantaran bukit tersebut menyerupai tumpeng sedang menoreh tentu saja merujuk pada lokasinya.

Secara filosofi tumpeng juga menjadi simbol sebuah doa terutama bagi masyarakat jawa. Harapan kedepanya tempat ini bisa menjadi doa dan rasa syukur semua orang, begitulah kata pentolan endang soekamti tersebut. Menariknya semua dibangun secara swadaya tanpa batuan pemerintah. Diharapkan kedepanya mampu mengangkat potensi wisata didaerah tersebut serta membantu mengangkat ekonomi masyarakat.

Nikmati Sunrise Dan View 360 Derajat

Wisata tumpeng menoreh mengandalkan keindahan alam disekitarnya. Pesona matahari terbiat atau sunrise menjadi tontonan utama disini. Cahaya kuning kemerahan yang mulai merekah dan menerangi gunung gunung di jawa tengah menjadi pemandangan yang spektakuler.

golden sunrise tumpeng menoreh jogja via ig @tumpengmenoreh
golden sunrise tumpeng menoreh jogja via ig @tumpengmenoreh

Gugusan gunung gunung tertinggi di jawa tengah juga terlihat seperti merapi, merbabu, sumbing dan sindoro. Ini adalah salah satu spot sunrise terbaik di Jogja.

Nongkrong Dan Menikmati Kuliner

nongkrong dan menikmati kuliner
nongkrong dan menikmati kuliner

Saat siang hari, pengunjung juga bisa nongkrong sembari menikmati menu menu resto tumpeng menoreh. Pengalaman nongkrong dan kulineran di tempat yang berada di ketinggian 950 mdpl dengan view 360 derajat rasanya menjadi suatu hal yang masih langka. Ketika malam hari, lampu lampu kota mulai menyala. Design bangunan yang dipercantik dengan tatanan lampu juga memberikan experience yang luar biasa.

Ada Wahana Permainan Seru

wahana kereta gantung tumpeng menoreh foto from ig @keretagantung
wahana kereta gantung tumpeng menoreh foto from ig @keretagantung

Di tahun 2023 ada wahana permainan baru yang dihadirkan di tumpeng menoreh ini. Wahana tersebut berupa kereta gantung dengan panjang lintasan sekitar 1 km. Kereta ini memiliki single seat, yang mana digantung dengan tali seling baja. Soal keamanan tentunya sudah terjamin, kalian akan mendapatkan helm safety.

Buka 24 Jam

Satu hal lagi yang menarik, restoran di dekat kebun teh nglinggo ini buka 24 jam alias non stop. Tentu saja hal ini masih cukup jarang dilakukan oleh obyek wisata lain. Jadi kamupun bisa datang kapan saja untuk menikmati sunrise maupun sunset. Kedepanya bahkan akan dibuat ruangan private, penginapan hingga wisata edukasi membuat nasi tumpeng.

Menginap Di Glamping

menginap di glamping menoreh
menginap di glamping menoreh

Sejak kali pertama dibuka pada 2021 lalu, tempat wisata tumpeng menoreh ini memang terus berinovasi. Salah satunya adalah dengan menghadirkan penginapan berupa glamping. Glamping ini berupa tenda semi permanen dengan kapasitas 3 orang. Menariknya lagi di area glamping tersebut terdapat sebuah kolam dengan desain layaknya di pantai. Tentu menjadi hal yang unik, sebuah pantai yang berada diatas gunung. Selengkapnya baca di Glamping Menoreh.

Baca Juga  Cafe Brick Jogja: Foto, Harga Menu & Jam Buka

Harga Tiket Masuk Tumpeng Menoreh Kulon Progo

Untuk berwisata kesini, pengunjung memang harus merogoh kantong sedikit lebih dalam. HTM tumpeng menoreh adalah sebesar Rp 50.000,-/orang. Namun tenang saja, nantinya kita akan diberi voucher yang bisa dituker dengan makanan dan minuman disana. Masakan masakan yang dijual menaiknya hasil olahan ibu ibu yang ada di sekitar wisata lho. Kebanyakan adalah menu menu nusantara seperti sayur lodeh, nila bakar, ayam madu wijen dll.

JENIS TIKET HARGA
Tiket tumpeng menoreh + Voucher Makan Rp50.000
Tiket Kereta Gantung+ tumpeng menoreh + voucher makan Rp100.000
Paket Staycation Di Glamping Menoreh Rp500.000

 

Daftar Harga Menu Tumpeng Menoreh Resto

Jadi untuk makan disini sisitemnya prasmanan. Menunya adalah menu masakan tradisional. Berikut ini sejumlah menu dan daftar harganya yang bisa kalian pilih dan nikmati:

Menu Prasmanan

  • Nasi 5k
  • Perkedel 5k
  • Sayur 5k
  • Telur Dadar 5k
  • Sayur kikil 10k
  • ayam goreng 10k
  • mangut lele 15k
  • nasi soto 15k
  • garang asem 15k
  • ayam bakar 20k
  • nila bakar 20k
  • ayam madu 20k
  • rica puyuh 20k
  • nasi bakar 15k
  • telur balado 7k
  • mie ayam 25k
  • bakso 25k

Menu Minuman

  • teh sangrai 10k
  • teh jahe 10k
  • teh rempah 15k
  • susu putih 10k
  • susu coklat 10k
  • susu jahe 15k
  • wedang jahe 10k
  • wedang uwuh 15k
  • rempah cinamon 15k
  • sumbing tawa 15k
  • dll

Lokasi Tumpeng Menoreh Jogja

Secara administratif alamat lengkapnya berada di Sumbersari, Pagerharjo, Samigaluh, Ngargoretno, Kulon progo, DIY. Adapun rutenya sendiri disarankan melalui Jogja – Dekso – Plono – Kebun Teh Nglinggo. Sebab jalanya sudah cukup mulus dan lebar. Jadi kalau dari jogja kamu bisa ke arah dekso kemudian ikuti saja jalan menuju pasar plono. Setelah itu naik ke arah kebun teh nglinggo. Kurang lebih kalau dari jogja ke tumpeng menoreh samigaluh butuh waktu tempuh sekitar 1 jam. Lebih jelasnya kamu bisa simak di google maps.

Nah usai sudah ulasan mengenai wisata tumpeng menoreh di Kulon Progo ini. Gimana keren nggak tempatnya? Kalau kesini jangan lupa bawa jaket ya apalagi kalau datangnya malam hari. Waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah antara bulan juli hingga oktober karena intensitas hujan sudah menurun. Dengan demikian selain perjalananya nyaman juga viewnya pasti mantap.

Beri Tanggapan:

5/ 5. dari 1 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Blogger, Writer dan Travel Enthusiast. Lulusan Sarjana Teknik namun lebih tertarik dengan dunia online. Makan dan jalan jalan adalah kegemaranya

Leave a Comment