Rute Dan Lokasi Embung Manajar Selo Boyolali

Embung Manajar Selo Di Kabupaten Boyolali mulai diramai dipadati pengunjung beberapa waktu terakhir ini. Maklum saja, pemandangan yang disajikan memang luar biasa. Dari lokasi embung, pengunjung bisa menikmati puncak merapi yang begitu dekat. Selain menikmati lanskap pegunungan, tentu saja wisata terbaru di selo tersebut menjadi lokasi favorit untuk berburu foto. Lantas bagaimana cara menuju kesana? yuk simak ulasan berikut:

Tak hanya posong temanggung saja yang memiliki embung cantik, Kabupaten Boyolali tepatnya di kecamatan Selo juga punya. Embung tersebut bernama embung manajar yang memiliki fungsi utama untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat. Destinasi ini terasa lebih istimewa lantaran lokasi embung manajar berada di ketinggian yakni di lereng gunung merbabu.

Letaknya yang berada di ketinggian, membuat pemandangan yang tersajipun menyejukan mata. Puncak Merapi yang terkadang mengeluarkan asap putih tipis menjadi sajian utamanya. Pada waktu waktu tertentu, kabut tipispun datang seolah membawa kita ke negeri atas awan. Siapapun yang datang pasti bakal terkesima dengan suguhan keindahan alam tersebut. Mengabadikan moment dan keindahan alam di embung manajar baik dengan DSLR, Mirrorles ataupu kamera ponsel rasanya sudah menjadi keharusan bagi setiap pengunjung.

Embung manajar sendiri dibangun oleh DPUPR Boyolali diatas lahan kas desa. Pembangunanya sudah dimulai sejak pertengahan 2019 dan rampung pada desember 2019 dengan menghabiskan dana sekitar Rp 2 M. Luasnya sendiri mencapai 1.602 meter peregi dengan daya tampung 5.592 meter kubik. Adapun sumber air disini berasal dari air hujan.

Alamat Embung Manajar Boyolali

Secara administratif lokasinya berada di Desa Samiran, Kecamatan Selo Boyolali, Jawa Tengah. Jalur menuju lokasi embung manajar bisa dibilang sangat curam. Jika kondisi kendaraan tidak fit, bia bisa berhenti ditengah jalan. Maka dari itu, pastikan kendaraan yang kuat dan kondisi fit terutama lampu, rem, dan juga kopling. Jika tidak berani menaiki kendaraan sampai atas, warga lokal juga menawarkan jasa ojek. Dengan biaya Rp 10 ribu, nanti motormu akan diantarkan sampai atas dan kembali turun.

Baca Juga  Daya Tarik & Harga Tiket Masuk Havana Hills Cilacap

Rute Menuju Embung Manajar Dari Jogja

Jika kamu tinggal di Jogja dan sekitarnya, bisa melewati jalan magelang. Sesampainya di daerah pasar muntilan, silahkan belok ke kanan arah ketep pass. Ikuti saja jalan tersebut, tepat dibawah puncak ketep ada persimpangan. Belok ke kanan dan ikuti jalan tersebut maka akan sampai di Selo, Boyolali.

Menelusuri jalan tersebut, nanti akan menemukan alfamart selo di kanan jalan, masih lurus lagi. Setelah melewati puskesmas selo akan ada perempatan, belok saja ke kiri. Dari sini tinggal lurus saja mengikuti jalan yang menanjak. Namun perlu diingat lebar jalan tersebut hanya sekitar 2 meteran, jadi hanya cukup untuk sepeda motor saja.

Waktu berkunjung yang tepat adalah pagi hingga siang hari. Apabila kamu datang sore hari kemungkinan bakal tertutup kabut tebal jadi gak bisa menikmati view gunung merapi. Jika kamu kesini, bisa sekalian mampir ke bukit sanjaya selo yang lokasinya cukup dekat. Tempat tersebut juga gak kalah kerenya, mirip sama pura lempuyangan bali.

Harga Tiket Masuk

Saat ini belum menerapkan sistem tiket masuk. Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000,- saja.

Galeri Foto

wisata terbaru di selo boyolali
wisata terbaru di selo boyolali
htm embung manajar
htm embung manajar
lokasi embung manajar selo
lokasi embung manajar selo
view gunung merapi
view gunung merapi
wisata embung di selo
wisata embung di selo

Gimana keren bangetkan embung manajar selo ini? jadi kapan mau kesini, atau justu sudah? Coba berikan tanggapanmu melalui kolom komentar dibawah.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page