Kebun Raya Liwa Lampung, Harga Tiket & Daya Tarik

Kebun Raya Liwa merupakan sebuah wisata botani sekaligus menjadi pengembangan tanaman hias serta menjadi kawasan koservasi dengan konsep taman tematik. Konsepnya cukup modern dan instagramable sehingga sesuai dengan selera anak muda.

Lampung adalah salah satu destinasi wisata terbaik di Pulau Sumatera. Ada sejumlah wisata yang bisa kamu kunjungi dari wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah ataupun wisata kekinian yang menawarkan spot spot foto instagramable. Apalagi lokasinya berada di ujung selatan pulau sumatera sehingga bisa dengan mudah dijangkau dari Pulau Jawa.

Jika selama ini kamu hanya mengenal Kopi Lampung, cobalah mulai menjelajah keindahan kota tersebut. Salah satunya adalah melalui Kebun Raya Liwa ini. Namun sebelum itu, yuk simak beberapa informasi berikut:

Daya Tarik Kebun Raya Liwa Lampung

Pembangunan wisata botani ini sendiri memakan waktu yang cukup lama. Di mulai dari pembuatan master plan 2008 silam kemudian baru dilakukan AMDAL pada tahun 2016.

Taman Tematik

Ada 5 taman tematik yang dibangun diantaranya taman buah, taman hias, taman obat dan taman araceae dan taman rumput. Selain difungsikan sebagai tempat wisata, KRL juga bisa untuk penelitian, edukasi serta pemibitan.

taman yang instagramable kebunrayaliwa_lampungbarat_
taman yang instagramable kebunrayaliwa_lampungbarat_

Kebun raya liwa memiliki 98 jenis pembibitan dengan ribuan spesimen serta ada 96 jenis anggrek. Selain itu terdapat 25 jenis araceae, 17 jenis begoniaceae, 11 jenis piperaceae, 106 jenis tanaman obat dan beberapa tumbuhan lainya.

Baca Juga  Pantai Rio By The Beach Lampung, Ini Harga Tiket Dan Fasilitasnya

Terdapat pula beberapa tanaman langka seperti Amorpophalus sp dan Amorpophalus Titanum Becc atau yang disebut suweg raksasa.

Pemandangan Indah Dan Udara Sejuk

Wisata edukasi di Lampung Barat ini memiliki udara yang cukup sejuk karena berada di pegunungan bukit barisan dengan ketinggian 890 sampai 948 meter diatas permukaan air laut. Sementara itu topografi KRL sendiri bervariasi sehingga terlihat berbukit bukit dan bergelombang.

pemandangan alam hijau via @kebunrayaliwa_lampungbarat
pemandangan alam hijau via @kebunrayaliwa_lampungbarat

Menariknya, tempat wisata hits di Lampung ini tak lepas dari gimmick kekinian. Setiap sudutnya terlihat instagramable, sehingga asik buat ajang foto selfie. Seperti tanaman yang disusun menjadi tulisan KRL, paving block yang dicat warna warni, dan berbagai ornamen yang unik.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Liwa Lampung

Destinasi ini cukup murah meriah, berikut daftar harga tiket selengkapnya:

JENIS TIKET HARGA
HTM Dewasa Rp5.000,-
HTM Anak anak (max 13th) Rp3000,-
Rombongan pelajar (min. 20 orang) Rp3000,-
Tiket Kendaraan roda empat Rp5000,-
Tiket kendaraan roda dua Rp2000,-

 

Lokasi Kebun Raya Liwa

Secara administratif KRL terletak di Desa Pekon, Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Liwa, Lampung Barat. Untuk menuju kesana gak perlu khawatir, sebab lokasinya sudah tercantum di google maps. Tinggal buka saja aplikasi google maps lalu ikuti rutenya.

Jam Buka

Jam Operasional
Senin-minggu 09.00-16.00 WIB

 

Fasilitas

  • area parkir
  • toilet
  • mushola
  • kolam
  • kedai kopi
  • taman
  • spot foto

Demikianlah tadi review lengkap mengenai wisata kebun raya liwa yang ada di Lampung. Bisa jadi pilihan buat liburan keluarga dengan budget yang sangat terjangkau.

Baca Juga  Pulau Tegal Mas Lampung, Harga Tiket & Villa 2023

Beri Tanggapan:

0/ 5. dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Blogger, Writer dan Travel Enthusiast. Lulusan Sarjana Teknik namun lebih tertarik dengan dunia online. Makan dan jalan jalan adalah kegemaranya

Leave a Comment